17 Tips Mudik Lebaran Tetap Sehat Aman Nyaman Sampai Tempat Tujuan

Agenda tahunan yang terjadi saat hari-hari akhir dan pasca lebaran pastinya sudah menjadi tradisi kebanyakan orang, yaitu mudik lebaran. Jutaan manusia melaksanakan tradisi ini supaya bisa berkumpul dengan keluarga tercinta di kampung halaman.mudik-lebaran

Setiap tahunnya pemudik lebaran selalu bertambah, pemudik tidak hanya memakai bus umum, kereta, ataupun pesawat dan mobil saja, banyak juga yang memakai kendaraan roda dua untuk mudik lebaran.

Saat mudik dengan motor dipastikan kita punya persiapan ekstra dalam menghadapi perjalanan mudik tahun ini. Beberapa hal yang harus kita pedulikan diantaranya berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan agar kita bisa sampai ke tempat tujuan sesuai dengan rencana dalam keadaan yang sehat.

Terkadang mudik dengan motor bisa lebih cepat sampai tujuan kala macet di ruas-ruas jalan yang kita lewati dan juga dipilih karena mudik lebaran dengan motor lebih irit biaya. Namun nyatanya kebanyakan kecelakaan lalu lintas menimpa pemudik yang menggunakan motor karena kurang memperhatikan segi keamanannya, oleh karena itu ridergalau akan membagikan bebrapa tips mudik dengan motor supaya anda tidak galau ūüėÄ

Sebelum Berangkat

1. Periksa dan pastikan keadaan tubuh tetap sehat.
Persiapakan kondisi tubuh anda, perjalanan motor membutuhkan kebugaran tubuh yang ekstra karena membutuhkan konsenstrasi dan stamina yang kuat. Diperjalanan kita akan menghadapi beragam cuaca yang tidak bisa kita prediksi, dan hal tersebut akan mempengaruhi kondisi tubuh, akan sangat berbahaya jika anda memaksakan diri dengan keadaan yang kurang prima.

Hal ini juga berlaku untuk orang yang akan anda bonceng, jika akan mudik bersama orang lain. Apalagi jika anda membawa anak kecil dan istri tercinta.

2. Periksa Kondisi Kendaraan
Cek kondisi Oli mesin, apalagi jika anda akan melakukan perjalanan yang jauh, agar motor dalam keadaan fit. Kalau anjuran dari pabrikan, oli yang digunakan pada motor itu maksimal rata-rata pemakaiannya adalah 3000km kalau tidak per 1500km atau dua bulan sekali.

Selain dari itu cek juga volume oli mesin dengan melihat dipstick penutup lubang pengisian oli mesin. Lihat jika ketinggian oli di antara batas bawah dan batas atas maka kondisi volume oli mesin normal, namun kalau ketinggian oli mesin berada dibawah garis batas bawah maka perlu penambahan atau ganti oli mesin dengan yang baru.

Cek Kondisi Perangkat Motor Lainnya, selain oli mesin baiknya kita juga memeriksa perangkat motor lainnya yang sangat vital dalam menentukan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. yaitu :
– Ketebalan Ban Belakang dan Ban Depan, pastikan ban dalam keadaan layak pakai/tidak gundul
– Alat Penerangan Motor, pastikan lampu depan belakang, lampu sein dalam keadaan menyala apalagi kita akan melakaukan perjalanan malam.
– Cek Kondisi Rem, pastikan kampas rem dan fungsi pengereman berfungsi dengan baik

Dari hal tersebut, disarankan sebelum berangkat kita service motor kita dan meminta kepada mekanik untuk memastikan kendaraan dalam kondisi yang layak dan prima untuk dipakai perjalanan mudik.

3. Perlengkapan pendukung
Siapkan jas hujan. Usahakan jas hujan celana dan baju, bukan jas hujan model ponco. Sebab tipe ini rawan tersangkut kendaraan samping. Cuaca tidak bisa kita prediksi walaupun ada perkiraan cuaca dari berita.

Selain itu juga jangan lupa bawa perlengkapan pribadi dari yang mebawa motor dan  juga untuk yang akan di bonceng, siapkan obat-obatan seperti penghangat badan.

Bila pemula atau pertama kali mudik, alangkah baiknya banyak bertanya kepada teman-teman mengenai suasana dan keadaan  yang akan dilalui nanti.
– Tanyakan kapan harus istirahat dan di mana istirahat yang baik.
– Tanyakan situasi perjalanan di mana saja yang harus diperhatikan dan diwaspadai.

Saat di perjalanan

1. Sebelum perjalanan mulailah dengan berdoa agar siap dalam menghadapi perjalanan panjang.
2. Jangan lupa pakai baju dan jaket yang nyaman. Jangan kenakan jaket yang sempit atau terlalu longgar.
2. Pastikan badan anda sehat
3. Taati peraturan lalu lintas
4. Menyalakan lampu kendaraan pada siang atau malam hari
5. Jangan membawa barang berlebihan, dan meletakkan barang dekat dengan stang strir, karena akan mempengaruhi manuver kendaraan
6. Jangan paksa kemampuan motor Anda di atas kemampuan rekomendasi perusahaan.
7. Jangan mudah  terbawa emosi terhadap pengendara lain, sehingga mengendarai motor dengan balapan.
8. Bila mengendarai saat puasa, atur ritme perjalanan. Bila kondisi panas dan lelah jangan ragu istirahat.
9. Isi bensin kembali di SPBU terdekat saat penunjuk bensin berada di posisi seperempat mendekati habis, karena kita tidak tahu seberapa jauh lagi pom bensin di depan.
10. Buat perjalanan mudik Anda sebagai perjalanan rekreasi yang menyenangkan, sehingga badan dan pikiran akan selalu rileks

Saat istirahat

1. Jangan paksa diri terus berkendara karena ingin cepat sampai tujuan
2. Istirahatlah di tempat yang teduh dan aman. Gunakan waktu istirahat semaksimal mungkin sehingga kemampuan tubuh kembali fit
3. Jangan istirahat terlalu lama karena akan merusak ritme berkendara. Bila terlalu lama membuat mata jadi mudah terpenjam
4. Bila perlu, istirahatlah beberapa kali sehingga kemampuan badan tetap oke.

pencarian :
Tips mudik, ganti rantai gir kpn, mudik, tips untuk para pemudik untuk pertama kali pakai buss, tip mudik, persiapan mudik kendaraan roda dua lebaran, pemudik yang sangat pemula, mudik bagi para pemula, dimana istirahat yg aman dikala mudik, cara mudik aman dan irit