9 Tips Agar Motor Aman Dari Pencurian Maling

Bukan hanya mobil saja yang punya fitur keamanan yang melimpah, karena enggak sedikit juga teknologi yang diterapkan pada sepeda motor untuk meningkatkan kemanan dari pencurian. Dari yang manual sampai yang serba otomatis pakai GPS pelacak motor.

Walaupun memang, pencuri-pencuri yang berkeliaran juga semakin pintar dalam membobol berbagai fitur keamanan yang ada pada motor. Kita pastinya merasa was-was terus ketika parkir di tempat umum, karena pencuri bukan hanya berani melakukan aksinya di garasi rumah saja, tapi di tempat parkir yang ada penjaganya pun berani.

Tidak kurang dari 30 detik, motor agan bisa raip digondol maling langsung dibawa kabur dalam keadaan menyala. Walaupun saat ini ada fitur Shutter Key dengan kunci magnet yang bisa dibobol dengan Kunci T.

Memang sih berbagai teknologi ini masih ada celanya untuk dibobol, tapi ada baiknya tetaplah kita gunakan setidaknya untuk memperlambat atau mempersuli maling motor melakukan aksinya.

Untuk mengingatkan anda memaksimalkan berbagai fitur kemanan motor dari pabrikan dan juga sebagai informasi agar motor aman dari curanmor, bisa agan baca tips-tips berikut ini.

1. Memakai Kunci Stang ke Arah Kanan

Agan pasti merasa bingung dengan hal ini, karena menurut refleks kebiasaan tangan dan menurut aturan pabrik, melakukan penguncian stang dilakukan dengan memutarkan kunci ke arah kiri. Namun ternyata arah kunci stang ke kiri ini secara tidak langsung dapat memberi banyak ruang kepada maling motor membobolnya dengan Kunci T.

Jika kita arahkan penguncian stang ke kanan, dapat mempersulit pembobolan karena untuk memutarkan Kunci T akan terasa sempit.

2. Pasang Gembok & Rantai

Agan bisa mencoba memakai kunci gembok yang bagus, kemudian dipasangkan pada bagian motor yang susah terlihat, seperti pada rantai, jari-jari dan piringan cakram. Usahakan agar gembok yang digunakan tidak mempunyai warna yang mencolok.

gembok standar tengah

Beberapa motor juga mempunyai lubang gembok pada standar tengah, gunakan standar tengah ketika parkir dan masukan embok pada lubang yang sudah disediakan pabrikan.

Yang kedua adalah pakai rantai, yang saya maksudkan adalah rantai dengan ukuran yang cukup panjang, agar agan bisa membelitkan rantai ini ke berbagai bagian motor, agar memperlambat proses eksekusi maling. Biar mumet dia gan.

3. Teknologi Side Stand Switch

Pakai standar dua dan standar samping ketika di parkirkan di tempat umum. Sudah hampir semua motor matic menggunakan teknologi Side Stand Switch. Untuk memaksimalkannya agar aman dari maling gunakan juga standar tengah dan samping untuk menambah durasi pelaku melakukan pembobolan.

4. Pasang GPS Tracker

Seperti yang pernah saya sampaikan, saat ini ada banyak aksesoris lokal dan alat keamanan untuk menjaa motor kesayanga dari hal yang tidak di inginkan, contohnya ya dengan menggunakan GPS atau alat pelacak untuk mengetahui lokasi kendaraan.

5. Preteli Bagian Vital Motor

Nah, buat agan yang akan berpergian jauh tanpa motor, dan menyimpan motor ini di rumah cukup lama, agan bisa mencoba melepaskan berbagai komponen penggerak Motor seperti Roda dan Busi agar pencuri motor kebingungan untuk melajukan kendaraan anda.

6. Pakai Cover Motor

Maling motor itu biasanya gak sembarangan melakukan pencurian, ia akan melakukannya jika situasi dirasa aman, dan motor dirasa akan mudah untuk dicuri dengan waktu yang cepat, jika dirasa memakan waktu yang lama so pasti tidak akan menjadi target.

Dengan memakai cover khusus untuk motor, bukan hanya melindungi dari debu dan air hujan, ternyata juga bisa melindungi motor dari perhatian Pelaku Curanmor.

7. Alarm dan Kunci Rahasia

Zaman Now ini banyak sekali alarm after market yang bisa agan terakan, asalkan dipasangkan dengan benar agar tidak terjadi konsleting. Bunyi alarm bisa membuat maling membatalkan aksinya karena takut ketahuan, yang pasti jangan gunakan bunyi lagu dangdutan, nanti  malingnya malah joged kegirangan 😀

Next, pakai kunci rahasia. Agan bisa gunakan switch on tambahan, seperti halnya yang ada pada fitur right stand motor, jika standar samping tidak dilipat maka motor tidak akan bisa dihidupkan, anda bisa membuat kunci rahasia seperti itu pada berbagi tempat dan berbagai cara. Misalkan motor bisa sport anda bisa hidup mesinnya kalau menekan starter sambil menekan handle rem depan (semoga agan ngerti yang saya maksudkan :D) .

Atau dengan cara menempatkan tombol tertentu untuk menghidupkan mesin ketika di starter. Karena rahasia jangan sampai switch kontak rahasia ini anda tempatkan di tempat yang terlihat banget. Letakan hanya di tempat yang anda ketahui (selama itu masih pada bagian motor, jangan sampai ditematkan di kulkas :p ).

8. Kondisi Tempat Parkir Yang Aman

Untuk meminimalisir anda jadi korban curanmor, apabila sering parkir di parkiran umum, sebaiknya perhatikan beberapa kondisi ini :

  1. Kondisi keamanannya apakah pakai kartu parkir atau tidak. Sebaiknya pilih yang pakai kartu parkir.
  2. Jika manual lihat sebanyak apa motor yang parkir, kemudian ada berapa orang yang melakukan penjagaan. Pilih yang banyak penjaganya.
  3. Gunakan berbagi tip dari No 1-7 kalau mau lebih aman di parkiran umum.

9. CCTV dan Awas ada anjing

Awas ada dinosaurus

Pasang CCTV untuk merekam aktifitas di garasi rumah anda memang bagus, agar bila ada maling bisa membantu identifikasi wajah, itupun kalau gak pakai masker dan helm.

Tips dari saya sih sebenarnya bukan pada pemasangan CCTVnya, tapi dengan cara menempatkan tanda kalau rumah anda dilengkapi dengan CCTV, tujuannya agar maling tidak terlalu berminat melakukan pencurian.

Kedua awas ada anjing 😀 , nah yang ini juga sama, cukuplah menempatkan tanda ada anjing galak di dalam rumah agar maling merasa tak perlu melakukan kegiatan curi curiannya :D. Lebih bagusnya sih memang benar-benar ada anjing galak.

Nah itulah tips yang bisa saya bagikan, walaupun ada yang nyeleneh tapi mungkin cukup bermanfaat untuk menyelamatkan motor kesayangan agan. Sampai ketemu lagi di artikel lainnya.

pencarian :
apa sebabnya mobil susah distarter cuma bunyi cekikik Baterai ok, cara agar motor aman saat di parkiran 2018, cara menjaga motor aman dari maling, Harga ninja 150rr orange, trick cara agar motor aman dari pencuri, www ridergalau tip