Alasan Kenapa Harga Pertamax Berbeda-beda di Setiap Daerah

Pertamax yang merupakan bahan bakar idola bagi sebagian orang nyatanya dijual dengan harga yang berbeda-beda di tiap daerah. Harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi terutama type pertamax tak sama rata di tiap-tiap daerah. Bahkan juga harga pertamax Cs di Jakarta lebih murah di banding lokasi lain. Kenapa seperti itu?Alasan Kenapa Harga Pertamax Berbeda-beda di Setiap Daerah

Vice President Fuel Marketing Pertamina Iskandar mengungkap, dalam mengambil keputusan harga Pertamax di pasar, Pertamina membebankan ongkos angkut ke customer. Dengan demikian, makin jauh tempat dari kilang minyak jadi semakin mahal juga harga jualnya.

“Sumber pertamax-nya ┬ádari Kilang Balongan lalu dibawa ke Surabaya (untuk luar Jawa), cost-nya kita hitung semua. Harga pertamax di sini (Jakarta) sama Jawa Tengah beda kok,” ungkapnya seperti ditulis Senin (22/12/2014).

Menurut Iskandar, sekarang ini lokasi yang menikmat harga Pertamax paling murah yaitu lokasi Jakarta serta sekitarnya. Pasalnya, distribusi Pertamax dari Balongan memakai pipa, hingga ongkos yang dipakai lebih murah daripada memakai kendaraan.

“Biaya distribusi dihitung itu bisnis murni. Paling murah di Jakarta karena disitribusinya pakai pipa dari Balongan,” pungkasnya.

Seperti di ketahui, tidak hanya menjual BBM subsidi type premium serta solar, Pertamina juga jual pertamax CS yang di jual tanpa ada subsidi hingga harga nya ikuti pergerakan harga minyak di pasar internasional dan nilai ganti rupiah dengan dolar Amerika Serikat (AS).

BUMN yang bergerak di bidang daya ini teratur merubah harga Pertamax Cs 2 x dalam satu bulan yakni tiap-tiap tanggal 1 serta tanggal 15. Sekarang ini harga pertamax di bandrol Rp 9. 950 per liter. Sedang untuk harga Pertamax Plus terdaftar Rp 11. 100 per liter.