Tips Memilih dan Daftar Nama Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan diperlukan untuk bisa berpergian ke beberapa lokasi negara. Sebelum daftar asuransi perjalanan, terdapat banyak panduan yang butuh dikaji terlebih dahulu agar tidak keliru mengenai fungsi dari asuransi ini.

Ada beberapa negara yang biasanya mewajibkan wisatawan untuk miliki travel insurance (asuransi travel), jadi jangan kaget jika anda akan berpergian ke luar negeri diharuskan mempunyai asuransi perjalanan. Pada intinya, asuransi perjalanan diperlukan untuk meng-cover biaya bila ada insiden seperti masalah kecelakaan, atau masalah medis selama perjalanan berlangsung.

Banyak asuransi perjalanan yang di tawarkan untuk turis Indonesia. Jenis asuransi travel tersebut berbeda-beda disesuaikandengankeperluan. Bergantung juga terhadap lamanya perjalanan dan destinasi yang dituju.

Sebelumnya, perlu anda ketahui dahulu bahwa ada perbedaan antara asuransi travel dengan asuransi kesehatan dari maskapai dan asuransi jiwa.

Asuransi jiwa digunakan untuk meng-cover semuanya segi medis, kemudian asuransi kesehatan maskapai cuma meng-cover dari lokasi keberangkatan hingga lokasi kedatangan. Kalau asuransi perjalanan digunakan untuk meng-cover semua insiden atau masalah medis sepanjang perjalanan.

Namun, asuransi perjalanan ini tak meng-cover penyakit kritis seperti jantung. Oleh karena itu, wisatawan mesti memberitahukan pihak travel insurance mengenai penyakit dan riwayat kesehatan sebelum mendaftar ke perusahaan penyedia asuransi perjalanan.

Daftar Nama Perusahaan Penyedia Asuransi

1. Asuransi Perjalanan Allianz

Asuransi Perjalanan Allianz

1 diantara nama perusahaan asuransi di Indonesia yang memberikan produk asuransi perjalanan ialah Allianz Insurance. Produk asuransi perjalanan Allianz terdiri dari 3 jenis, yaitu:

  • TravelPro Premium,
  • TravelPro Deluxe, dan
  • TravelPro Superior.

Untuk durasi perjalanan diberlakukan untuk waktu 4 hari sampai 30 hari. Kemudian untuk pertanggungan yang akan bisa kita dapatkan dari Allianz Insurance selama melakkan perjalanan meliputi beberapa poin yaitu :

  • Medical cover : Medical expense overseas, Overseas hospital daily cash benefits
  • Worldwide emergency assistance : Emergency evacuation, Repatriation, Return of unattended children, Hospital admission guarantee, Add. Cost due to hospitalization for 1 accompanying family member, 24-h emergency assistance hotline
  • Personal accident : Accidental death & disablement, Loss of income (up to 12 weeks), Compassionate death cash & visit
  • Travel inconvenience : Personal baggage cover, Loss of money, Loss of travel document, Loss of home content due to burglary, Delays, Trip related (Postponement & cancellation, Curtailment, Unexpected hospitalization)
  • Travel inconvenience : Personal liability, Automatic policy extension (hospitalization), Terrorism cover.

Selengkapnya mengenai asuransi produk ini bisa baca di websitenya langsung : disini

2. Asuransi Perjalanan AXA – Smart Traveller

AXA

Adapun beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari perusahaan ini dalam poin-poin berikut ini :

  • Uang santunan kecelakaan diri : Perlindungan jiwa dan lengkap bagi anda yang mnengalami kecelakaan diri yang terjadi selama dalam perjalanan.
  • Biaya pengobatan, gigi dan bantuan darurat : Perlindungan biaya perobatan termasuk pengobatan tradisional, yang dialami selama dalam perjalanan.
  • Ketidaknyamanan perjalanan : Perlindungan untuk barang pribadi anda selama melakukan perjalanan

Untuk asuransi ini bisa anda baca selengkapnya : disini

3. Asuransi Perjalanan Tokio Marine

Tokio Marine

Paket perlindungan yang memberikan manfaat kepada Anda dan keluarga selama dalam perjalanan luar negeri. Manfaat yang diberikan juga mencakup perlindungan terhadap barang-barang pribadi milik Anda dan juga ketidaknyamanan dalam perjalanan yang mengakibatkan kerugian non-material.Manfaat utama yang bisa didapatkan yaitu :

  • Perlindungan kecelakaan diri;
  • Biaya pengobatan medis;
  • Ketidaknyamanan dalam perjalanan.