Bolehkah Motor 4 Tak Pakai Busi 2 Tak? Inilah Perbedaanya

Busi merupakan salah satu komponen yang penting keberadaan dan kondisinya pada sistem pengapian mesin motor. Dengan percikan yang baik, pembakaran Bensin dan udara di dalam blok silinder bisa terjadi dengan baik.

Busi Motor

Apakah boleh motor 4 tak memakai busi 2 tak atau sebaliknya? karena di mata masyarakat busi itu dibedakan hanya dari panjang ulir dan derajat panas yang dihasilkan.

Makanya juga timbul pertanyaan, jika ulirnya sama apakah sah-sah saja kalau melakukan subtitusi Busi? sebelumnya untuk mengenali jenis busi bisa mebaca artikelnya disini.

Dimensi Busi
Kalau dari ukuran, sudah jelas dimensi dari Busi motor 2 tak lebih besar ketimbang yang 4 tak, hal ini dikarenakan busi 2 tak membutuhkan percikan api yang lebih besar untuk melakukan proses pembakaran bensin dengan oli samping, kalau Busi 2 Tak hanya bensin saja.

Tipe Busi Dingin dan Panas
Perbedaan antara busi motor ini juga bisa dilihat dari suhunya, busi khusus 2 tak menghasilkan panas lebih cepat, kebanyakan motor 4 tak menggunakan pemantk api tipe dingin.

Jadi kalau sesama motor 2 tak bisa saling tukar, karena rata-rata busi motor jenis ini mempunyai spek yang sama, seperti motor Ninja RR dengan Rx King.

pencarian :
4 tak pake busi 2 tak