Bedanya Pertalite, Pertamax, Sama Premium (Bensin)

Mumpung lagi hangat-hangatnya berita mengenai Pertalite, saya juga rasanya pengen ikutan ngumpulin informasi mengenai bahan bakar jenis baru yang digadang-gadang dibuat untuk menggantikan bahan bakar Premium alias Bensin. Apa bedanya, dan berapa harganya kita bahas disini.Bedanya Pertalite, Pertamax, Sama Premium (Bensin)

Pertamina akan mendistribusikan BBM dengan RON 90 tersebut ke beberapa kota di Pulau Jawa. Awalnya akan berada di 103 SPBU di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Baca Juga : 5 Cara pintar mengirit Bahan Bakar saat BBM semakin mahal

Untuk bedanya bagi belum tahu diantaranya dari kadar oktannya untuk Premium nilainya 88, Pertalite nilainya 90-91, dan Pertamax nilai oktannya 92.

BBM jenis Premium mempunyai warna kuning cerah, yang berasal dari zat pewarna tambahan (dye). Sedangkan Pertamax, yang berwarna biru kehijauan, dan Pertamax Plus, yang berwarna merah, tidak menggunakan pewarna sehingga pembakarannya lebih sempurna. Kini, Pertamina meluncurkan Pertalite, yang berwarna hijau terang sebagai dampak pencampuran bahan Premium dengan Pertamax.

Keuntungannya jika kita pakai Pertamax atau Pertalite lebih recomended karena non timbal yang dapat memberikan kualitas kebersihan ruang bahan bakar ketimbang Premium. Kadar oktan dari Pertamax dan Pertalite pun lebih baik sehingga sesuai dengan kompresi mesin akan membuat tarikan kendaraan jadi lebih enteng.

Untuk beberapa jenis kendaraan dengan kompresi di bawah 9,0:1 premium masih bisa dikatakan Recomended. Sebaliknya, kendaraan dengan kompresi mesin di atas 9,0 dan kemudian diberi minum premium, maka akan mengalami penurunan kualitas performa.

Perbedaan berikutnya tentu saja dari segi harga pertalite tidak lebih murah dari premium, dan tidak lebih mahal juga dari pertamax, harganya Rp 8.300-8.500 per Liternya.

Beban impor dari premium sangatlah besar. Itulah kenapa pemerintah seringkali menanggung beban impor sedemikian besar, sehingga menuntut kebutuhan subsidi yang juga cukup besar. Dan Pertalite kabarnya memberikan potensi untuk mengurangi beban impor.

Jadi mari kita coba pertalite dan berharap semoga beban impor pemerintah berkurang, timbal baliknya sih semoga kalo bebannya berkurang, harga pertalite nya pun bisa lebih murah :D.

Itu gan sedikit perbedaanya (bener-bener sedikit) tapi saya ceritanya terlalu panjang lebar yah, haha.

pencarian :
pertalite, pertamax, pertalit, bensin premium, bensin, bensin pertalite, Perbedaan pertalite dan premium, perbedaan premium dan pertalite, pertamax vs pertalite, pertamax pertalite