4 Cara Membedakan BPKB Kendaraan Palsu dan Asli

Kendaraan bermotor kini menjadi barang yang selalu ada di tiap-tiap rumah masyarakat Indonesia, mobil atau motor sangat mudah untuk kita dapatkan karena banyaknya penydia kredit kendaraan. Moda transportasi ini dari awal pembelian akan disertakan 2 surat penting untuk membuktikan kepemilikan dari kendaraan yaitu BPKB dan STNK.

BKB Aspal

Namun saat ini banyak beredar Surat BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor) palsu yang perlu anda waspadai apabila melakukan pembeliaan kendaraan bermotor yang merupakan Motor Bekas atau Mobil Bekas.

Bisa saja barang yang agan beli merupakan barang curian, selain agar tidak dicurigai sebagai barang curian, BPKB palsu ini dibuat agar harga jual kendaraan ini  lebih tinggi. Untuk pembelian baru kendaraan dari diler-diler resmi sih agan tidak perlu khawatir.

Penipuan seperti ini bukan hanya menimpa perorangan saja, banyak kantor instansi pegadaian yang kena rugi dikarekan menggadaikan dokumen palsu yang digunakan untuk pinjaman uang.

Maka dari selain tahu tarif pajak BPKB, untuk kesempatan kali ini saya ingin membagikan tips untuk membedakan mana BPKB yang palsu dengan BPKB yang asli.

No Seri BPKB
Terdapat sebuah nomor seri yang menginformasikan wilayah pembuatan BPKB tersebut, no tersebut hanya dimiliki oleh Kakorlantas Polri. Agan bisa mengeceknya langsung ke Samsat terdekat untuk memastikan keaslian dokumen yang agan miliki.

Sampul BPKB
Agan bisa membedakan keasliannya dari sampul BPKB, kalau yang asli tampilannya lebih mengkilap dan lebih terang jika dibanding sampul BPKB palsu.

Warna Hologram
Hologram didalam BPKB mempunyai gambar Tri Brata Polri, bila agan putar-putar akan terlihat berwarna. Tetap kalau BPKB palsu agan putar-putar terlihat polos-polosa saja tidak berwarna seperti yang asli.

Ada Benang
Dgn memakai cahaya ultra violet, agan bisa melihat ada benang didalam BPKB, kemudian pada buku BPKB tersebut ada bacaan “BPKB” nya & memiliki bentuk yang terlihat kasar.

Jika agan merasa ada kejanggalan pada BPKB yang anda miliki, sialahkan cek no kendaraan lewat aplikasi samsat mobile atau via internet seperti :

  • DKI Jakarta
    Internet : http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB
    SMS :  (ketik) METRO(spasi)plat nomor kendaraan (kirim ke 1717)
  • Jawa Barat
    Internet : http://dispenda.jabarprov.go.id
    SMS : (ketik)poldajbr(spasi)plat nomor kendaraan (kirim ke 3977)
  • Jawa Timur
    Internet : http://www.esamsat.jatimprov.go.id
    SMS : (ketika)JATIM(spasi)plat nomor kendaraan (kirim ke 7070)
  • Jawa Tengah
    Internet : http://dppad.jatengprov.go.id/
    SMS : (ketik)JATENG(spasi)plat nomor kendaraan (kirim ke 9600)

Lebih gampangnya anda bisa kunjungi samsat terdekat untuk memastikan BPKB anda palsu atau asli.