Cara memperpanjang umur V-Belt motor Matic

Pemakai motor matic sering megalami keadaan mendadak tidak dapat lagi menggeber sepeda motor. Bukanlah mogok, namun lantaran v-belt yg menghubungkan mesin serta roda putus. Walau telah ada patokan umur optimal, keadaan itu tidak dapat ditebak lantaran penggunaan tiap-tiap orang kan tidak sama.
Cara memperpanjang umur V-Belt motor Matic

…………..Muhammad Robiansyah, Mekanik AHASS Bintang Motor, Jakarta Timur, mengatakan bahwa v-belt harus selalu dicek saat servis rutin 2.000-5.000 km. ”Umur maksimal kalau dari teori bisa 24.000 km. Tapi banyak yang putus lebih cepat karena pemakaian yang tidak tepat,” jelasnya……………..

Dari penjelasan Robi, nyatanya ada langkah supaya v-belt  motor matic mempunyai umur lebih lama, walau sebetulnya terus dianjurkan melakukan jadwal perawatan yang telah diputuskan untuk lakukan pergantian. Berikut langkahnya :

1. Berikan cairan spesial v-belt yang banyak di jual di toko-toko motor. Fungsinya membuatnya jadi tambah lengket serta tidak gampang getas, dengan catatan diberikan dibagian tepi v-belt, bukan di tengah-tengah gerigi. Harga cairan ini kurang lebih Rp 35 ribu.

2. Janganlah memakai aksesories racing. Umpamanya, roller, v-belt, atau per kopling. Peranti yg tidak standard menyebabkan komponen lain jadi rusak, termasuk juga peranti racing tersebut. Kemampuan serta spesifikasi jelas tidak sama dengan komponen lain di sekelilingnya.

3. Paling bijak, sopanlah dalam berkendara. Janganlah suka memutar handel gas mendadak, biar sepeda motor berakselerasi cepat. Sebisa mugkin upayakan langsam, lantaran v-belt yang ditarik mendadak dengan frekuensi terus-terusan, usianya bakal lebih pendek.

……………..”Pemakaian normal saja, tidak perlu gas mendadak. Atau banyak tuh yang suka memutar-mutar handel gas saat berhenti. Kalau sepeda motor laki nggak papa, karena kopling manual. Kalau skutik, digas sedikit v-blet mengencang dan menggerakkan roda belakang,” beber Robi…………..

pencarian :
cairan untuk v belt, cara bersihkan fanbel pada motor matik, cara membaca kode pada fanbelt motor matick, cara mengencangkan vanbel vario, cara merawat vanbelt, pelumas belt sepeda motor, tips perawatan fanbel mtor metik, vbelt yg bagus, vent belt dan roller perawatan