5 Cara pintar mengirit Bahan Bakar saat BBM semakin mahal

Naik turunnya harga BBM perlu kita sikapi dengan baik agar biaya transportasi menggunakan kendaraan pribadi lebih irit, walaupun harganya sedang mengalami kenaikan. Penggunaan bahan bakar yang efisien tidak terlepas dari beberapa kebiasaan kita yang kita lupakan, padahal berpengaruh dengan tingkat konsumsi bahan bakar.

Ngomong-ngomong soal kendaraan pasti tidak lepas dengan yang namanya bahan bakar, bukan hanya soal kecepatan, modifikasi, dan soal part lainnya yang kita perlu bahas, tetapi juga soal penggunaan BBM, bagaimana caranya agar pemakainnya terbilang irit.
Cara pintar mengirit Bahan Bakar saat BBM semakin mahal
Hal ini memang tidak lepas dari semakin naiknya harga BBM saat ini, memaksa kita untuk mengirit konsumsi BBM untuk kegiatan sehari-hari kita. Ada beberapa trik yang bisa anda gunakan, yaitu :

1. jika anda ingin menghemat maka lakukanlah pengisian bahan bakar bensin maupun pertamax saat malam hari dan sore hari.

2. Dengan suhu yang terbilang dingin saat waktu-waktu tersebut akan membuat bahan bakar lebih padat. Sebaliknya jika anda mengisi bahan bakar saat suhu panas atau siang hari membuat bbm lebih cepat memuai.

3. Bisa dengan cara meminta pegawai SPBU agar mengisi kendaraan kita dengan setting nosel slow mode. Alat di SPBU mempunyai 3 level kecepatan untuk mengalirkan bensin yaitu low, medium dan high. Dengan cara pengisian slow mode bbm akan mengalir perlahan dan hal tsb mampu meminimalkan penguapan.

4. Kita diwajibkan mengisi bahan bakar saat tangki masih penuh/tidak terlalu kosong. Tangki yang kosong didalamnya biasanya berisi banyak udara dan membuat bahan bakar di dalamnya akan menguap karena ada ruang kosong.

5. Nah ada tips lainnya agar anda bisa mendapatkan kualitas bahan bakar yang baik dan tidak tercampur dengan kotoran, baiknya pengisian bbm dilakukan tidak saat pengisian penyimpanan BBM di SPBU yang kita kunjungi. Hal ini dikarenakan saat pengisian biasanya pada ruang penyimpanan teraduk-aduk sehingga kotoran yang mengendap tercampur dengan bahan bakar dan terbawa masuk ke tangki bensin motor anda.

itulah tips-tips yang bisa dicoba saat bahan bakar mengalami kenaikan harga, agar kita lebih irit dan pintar-pintar menggunakannya.