7 Ciri Rantai Motor Yang Harus Diganti atau Rusak

Rantai dan Gear nya merupakan komponen yang berperan penting terhadap segi kenyamanan dalam berkendara dan laju sepeda motor. Kalau kondisi rantai sudah tidak layak pakai, tentu saja laju motor kurang maksimal, terasa lebih berat ketika betot gas. Ciri Rantai Motor Yang Harus Diganti atau Rusak

Fungsi rantai pada motor
Meneruskan daya putar mesin motor melalui gir depan dan gir belakang untuk menggerakan roda belakang hingga dapat berputar. rantai motor Rantai bergerak karena ada mesin di dalamnya yang menghasilkan tenaga gerak. Tenaga gerak pada mesin harus disalurkan ke roda agar motor bisa melaju.

Disini saya akan bahas mengenai ciri rantai dan gear yang sudah harus diganti, Hal paling parah jika agan kurang memperhatikan keadaan rantai dan gear rantai contohnya rantai tiba-tiba lepas dari gearnya karena longgar, serta yang paling parah rantai yang tiba-tiba putus saat melaju kencang.

Ciri-ciri rantai dan gear yang sudah harus diganti

1. Permukaan rantau sudah aus, cara pertama yang bisa agan yaitu dengan memperhatikan permukaan rantai yang aus, karena jika sudah aus nantinya daya cengkram rantai dengan gear kurang maksimal akibatnya putaran roda tidak normal dan kurang bertenaga.

2. Permukaan Gear Rantai Aus atau Gompal, Mengenali ciri gear motor yang sudah harus diganti, juga cukup mudah. Jika pada gear motor ada gompal dan jarak antara mata yang satu dengan yang lain sudah tidak sama, maka sudah saatnya gear motor harus diganti. Karena akan mengakibatkan gesekan yang tidak rata dengan rantai penggerak. Dampaknya akan menimbulkan suara yang kurang enak pada rantai saat berputar.

3. Suara berisik saat laju kendaraan pelan, secara kasat mata bisa dilakukan dengan cara no 1 dan 2, nah berikutna kita bedakan dari segi suara. Motor dengan rantai yang kurang layak pakai biasanya akan mengeluarkan suara berisik, hal ini dikarenakan rantai yang longgar bergesekan dengan permukaan komponen lain seperti arm.

4. Rantai mudah kendor, ciri berikutnya adalah rantai yang sudah di stel berulang kali sulitsulit diatur kekencangan rantainya, jika terlalu dikencangkan malah jadi terlalu kencang, saat dikendorkan malah jadi terlalu kendor. Hal ini dikarenakan rantai dan gear rantai sudah aus.

5. Ketegangan rantai tidak stabil, Dapat dilihat dengan cara memutar roda belakang ketika motor diposisikan di atas standar tengah. Rantai yang mulai aus akan terlihat sesekali menegang dan mengendor sendiri ketika roda belakang diputar.

6. Tarikan motor terasa berat, Tarikan yang berat belum tentu karena masalah pada bagian dalam mesin, namun juga bisa datang dari kondisi rantai dan gear set yang telah aus. Rantai yang aus menyebabkan terjadinya perbedaan selisih waktu antara putaran gear depan dan gear belakang sehingga putaran roda belakang pun menjadi telat. Akibatnya, akselerasi motor menurun dan motor juga sulit mencapai <em>top speed</em>.

7. Terasa seoerti loncat-loncat, pada motor dengan kopling manual, akan lebih terasa kondisi rantai yang telah aus ketika kopling tangan dilepas rantai terasa loncat-loncat karena dimensi gear seat dan rantai sudah mengalami perubahan dan tidak sesuai lagi.

itulah beberapa hal yang harus agan perhatikan ketika merasa ada yang tidak normal dari bagian rantai agan. Semoga bermanfaat.

 

pencarian :
kenapa gir depan harus kocak, gejala rantai keteng rusak, ciri rantai motor harus diganti, ciri ciri rantai motor rusak, rantai motor, rantai r15 berisik, ciri ciri rantai motor aus, ciri rantai motor aus, ciri ciri rantai keteng rusak, ciri ciri rantai motor harus diganti