Manfaat dan Fungsi Gas Spontan, Adakah Kekurangannya ?

Penerapan gas spontan saat ini termasuk part racing yang diminati penghobi motor. Saat ini ada banyak pabrikan part motor yang memproduksinya, dengan banyaknya pilihan tentu saja agan juga harus bijak memilih produk yang sesuai. Oleh karena itu disini saya tidak hanya akan membahas fungsi, manfaat, dan kelebihan dari gas spontan saja, tips untuk memilih produk yang cocok juga akan kita bahas.

gas spontan

Gas spontan ini menjadi barang yang menarik dikarenakan penggunaannya rata-rata diaplikasikan pada motor balapan, hal ini dikarenakan jaraka penarikan grip gas tidak terlalu panjang seperti grip gas standar pada umumnya.

Manfaat, Fungsi, dan kelebihannya
Sesuai dengan penyebutannya, gas spontan ini  berfungsi untuk mempersingkat putaran throttle karena diameter yang dipunyainya lebih besar, sehingga Throttle Body secara spontan langsung terbuka penuh tanpa harus memutar grip gas teralu banyak, dimisalkan agan menggerakkan mouse dari kiri ke kanan yang biasanya butuh waktu 5 detik(misalkan :D) dengan menggunakan mouse yang sensitifitas nya tinggi, agan hanya butuh waktu 3 detik mencapai ujung kanan, jadi betot dikit langsung berangggkkkaatt …. 😀 .

Alat ini sebenarnya sama sekali tidak mengubah performa dari mesin motor, kalaupun berasa ada yang berbeda itu hanya sugesti saja. Misalkan kekuatan mesin sebesar 1 s/d 10 dengan penggunaan grip/gas biasa, agan membutuhkan penarikan gas sebesar 60 derajat (misalkan) untuk mencapai angka 10, dengan Gas spontan agan hanya perlu 50 derajat untuk mencapai tenaga 10.

Kekurangan
Untuk kekurangannya, agan  perlu membuat kebiasaan baru agar terbiasa dengan sensitifitas yang baru ini, memang terkesan cepat namun bila belum terbiasa tentu anda akan merasa tidak nyaman menggunakan gas spontan ini.

Selain itu, saat kemacetan  terjadi yang butuh kebiasaan stop and go dan selap selip juga, agan butuh sedikit kesabaran ketika melintir grip gas agar putaran mesin tidak cepat teriak. klo sudah terbiasa pasti lancar.

Tips Memilih Gas Spontan
Berikutnya ada tips dari jpn.com agar tidak salah memilih gas spontan yang bagus, karena dipasaran otomotif tidak sedikit beredar gas spntan palsu :

KELENGKAPAN FITUR

Kebanyakan gas spontan yang beredar di pasar banyak yang tak dilengkapi piranti khusus yang mendukung operasional sistim kelistrikan motor. Nah sebaiknya, cari gas spontan yang dilengkapi piranti-piranti penting, seperti saklar engine stop dan juga tombol starter elektrik. Pastinya keberadaannya amat sangat mendukung operasional motor meski konsekwensinya, kita kudu ngerogoh uang lebih untuk menebus produk ini.

PANJANG JARI-JARI KEPALA SELONGSONG GAS

Panjang-pendek jarak bibir lubang selongsong terhadap pengait kabel gas sangat menentukan unjuk kerja gas spontan. Di pasar, terdapat beragam ukuran jari-jari selongsong gas spontan, dari 1 centi hingga 2 centi. Untuk mendapatkan tarikan cepat, ringan serta untuk mengimbangi aplikasi karburator berinlet besar yang notabenenya punya trek lintasan skep karburator lebih panjang, pilih jari-jari selongsong gas yang paling besar.

LINER KABEL GAS

Liner kabel gas merupakan rumah lintasan untuk kabel gas, tugasnya untuk memuluskan gerak tarik-ulur kabel di area belokan gas spontan. Selain bentuk seperti di gambar, liner kabel gas juga ada yang berbentuk roll. Dalam pemilihannya, perhatikan juga bagian dalamnya, apa gas spontan pilihan kita dilengkapi atau tidak dilengkapi liner.

KERAPATAN KUPING SELONGSONG

Ini diartikan kerapatan antara kuping selongsong terhadap rumah gas spontan. Usahakan untuk memilih gas spontan yang kuping selongsongnya tak longgar alias oblak. Tujuannya, selain untuk mempermulus kerja gas spontan, juga untuk memperpanjang umur gas spontan. Kelonggaran bisa menyebabkan gesekan terus-menerus antara kuping selongsong terhadap dinding rumah gas psontan. Gesekan ini bisa menggerus kuping dan semakin merusak kuping gas spontan.

KUALITAS BAHAN SELONGSONG GAS

Pemilihan kualitas bahan selongsong gas spontan sangat berhubungan erat dengan umur pakai gas spontan. Sebaiknya pilih bahan plastik yang memiliki kualitas bagus, yang gampang ditandai dengan kerapian pengerjaan dari selongsong gas tersebut.

KUALITAS KAWAT KABEL GAS

Terdapat dua jenis kawat yang banyak diaplikasi produk gas spontan, pertama kawat anti pelindung, kedua adalah kawat dengan selongsong pelindung dari plastik getas. Pilihan kawat berpelindung, otomatis akan lebih menguntungkan, karena selain gerak tarik-ulurnya berjalan mulus tanpa hambatan berarti, kawat ini akan terhindar dari karat apabila rumah kabel gasnya berkarat karena minim pelumas

Semoga bermanfaat.

pencarian :
gas spontan, fungsi gas spontan, kelebihan gas spontan, kelemahan gas spontan, gas kontan, kegunaan gas spontan, cara kerja gas spontan, apa itu gas spontan, Manfaat gas spontan, kelebihan dan kekurangan gas spontan