Karena Gas Nyangkol Stoner Jatuh dan Cedera di Suzuka

Sebuah accident terjadi pada hari minggu tanggal 26 juli 2015 yang lalu terhadap mantan pembalap motogp yakni Casey Stoner. Penyebabnya sendiri sudah dapat dipastikan oleh Honda Racing Corporation (HRC), mereke mendpati kesalahan fungsi pada thorrle.
Karena Gas Nyangkol Stoner Jatuh dan Cedera di Suzuka
Malfungsi ini terjadi karena throttle yang digunakan tidak memenuhi spesifikasi khusus untuk balap ketahanan di suzuka, dan berbeda dengan yang ada pada honda cbr1000rr yang untuk jalanan. Jadinya kesalahan yang terjadi pada balapan ini tak mampu dihindari.

HRC pun langsung meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, dan mengakibatkan casey stoner cedera. hasil dari penemuan tim HRC adalah malfungsi terjadi pada bagian throttle yang terbuka sendirinya sebesar 26 derajat, makanya stoner tak mampu mengendalikan modor saat tikungan, kemudian terjatuh dalam kecepatan yang tinggi.

”Di tikungan sebelum jatuh, saya tidak punya waktu lagi menarik tuas kopling, sehingga saya harus jatuh dengan kecepatan berlebih. Saya mencoba menegakkan sepeda motor agar kecepatan berkurang, tapi sudah hampir menabrak dinding. Lalu saya putuskan untuk melepas sepeda motor dan membenturkan pada pembatas, ternyata lebih keras dari yang terlihat sehingga saya cedera,” kata Stoner.

Perbaikan akan dilakukan HRC, dengan menyelidiki mengapa throttle membuka dengan sendirinya, dan mengirim sepeda motor ke markas HRC.Yang jelas, masalah ini belum pernah terjadi sebelumnya dan HRC akan berhenti menggunakan throttle dengan spesifikasi tersebut. Jenis baru akan dibuat yang dikatakan bakal lebih cocok untuk balap ketahanan.