Trik Mengatasi Kabel Kopling Putus Agar Tetap Bisa Berjalan

Ada rasa khawatir yang tidak bisa dirasakan pengguna motor tipe otomatis gan, yaitu bagaimana rasanya tali kopling putus di tengah-tengah perjalanan.

Kabel Kopling Putus

Kejadian yang bisa mengenai motor roda dua tipe manual ini memang cukup ngeri-ngeri sedap, karena ekspektasinya jika kabel kopling putus, bagaimana bisa kita mengoper gigi dan melanjutkan perjalanan ?

Tali kopling di sepeda motor mempunyai fungsi untuk menghubungkan transmisi manual ke bagian gear box ketika kita memindahkan gigi.

Agak mendingan kalau putusnya di tempat yang ramai, beda halnya jika di tempat sepi yang jauh dari keramaian. Namun, ternyata ada cara untuk mengatasi kabel kopling putus agar tetap bisa melaju, kebayang capenya kan kalau harus ngedorong motor berkilo-kilo?

Untuk berjaga-jaga saja, bila agan suatu saat kena apes bisa menggunakan trik yang akan saya bagikan ini.

Mengoper saat awal menyalakan mesin
Kalau kondisinya Kabel putus ketika awal-awal menyalakan motor, dan keadaan transmisi masih di posisi netral, jangan dulu injak tuas persenelingnya. Karena pasti bakalan menyentak dan mesin langsung mati. Dorong terlebih dahulu sampai motor agan melaju, baru kemudian injak pedal perseneling untuk mengoper gigi.

Memindahkan gigi tanpa kopling ?
Tidak usah khawatir mesin akan rusak karena memindahkan gigi tanpa menarik kabel kopling. Di dunia balap motor juga pada umumnya mengoper gigi tanpa menarik kopling terlebih dahulu, asalkan kurangi dulu kecepatan agar engine brake tidak terlalu kasar.

Lebih bagus lagi kalau agan bisa mencari jalanan sepi agar tidak terlalu sering mengoper gigi.

Efek mengoper gigi gak pake kopling ?
Apakah mengoper gigi tanpa menggunakan kopling bisa merusak mesin? ternyata tidak gan, menurut beberapa mekanik trik ini dianggap aman untuk mesin, jadi gak bakalan menimbulkan kerusakan. Pastinya asal keadaannya lagi darurat saja, kalau kabel koplingnya tidak kenapa-kenapa gk enak juga kan kalau ngoper gigi tanpa tarik tuas kopling. Yang dibonceng bakalan marah-marah, merasa tidak nyaman karena keseringan engine brake.

pencarian :
cara mengatasi kabel, cara mengatasi sentreng kopling putus