6 Penyebab Motor Matic Boros Konsumsi Bahan Bakar

Sekarang ini makin banyak sekali motor matic bertebaran di jalanan, jarang sekali motor bebek terlihat. Mungkin konsumen yang dahulunya cenderung menggunakan motor bebek beralih ke motor matic yang dirasa lebih nyaman dan praktis membawa lebih banyak barang. Sebelum maraknya penggunaan sistem bahan bakar injeksi pada motor matic, memang sudah terkenal dengan tingkat konsumsi bahan bakar yang boros.

Motor Matic Boros

Dalam beberapa kasus juga kebrosan ini bisa disebabkan gaya berkendara yang kurang efektif diakrenakan situasi jalanan yang sering macet, sehingga agan lebih sering Stop And Go. Namun bagaimana jika kondisi jalanan yang kita lalui jarang macet ?

Tidak dipungkiri banyak juga kasus yang terjadi setelah umur motor lebih dari setahun, motor matik ini dirasa semakin boros BBM saja, hal tersebut bisa menimbulkan pertanyaan mengenai alasan penyebab motor matic tidak seirit biasanya. Berikut ini adalah beberapa penyabab motor matic boros BBM selain dikarenakan kondisi jalanan macet seperti yang saya sebutkan diatas :

  • Keseringan memanaskan mesin terlalu lama
    Pengguna motor yang dulunya punya kebiasaan memakai motor manual terbiasa memanaskan motor dengan waktu yang lama. Mesin memang sebaiknya dipanaskan terlebih dulu sebelumnya dipakai, supaya oli mesin rata pada keseluruhnya mesin. Tetapi memanaskan mesin yang overtime malah berdampak dengan keborosan konsumsi BBM.
  • Lupa / jarang ganti oli
  • Ganti oli dengan kurun waktu khusus atau sesudah km. tertentu memanglah harus dijalankan. Apabila telat dapat buat kinerja mesin lebih berat. Yang pada akhirnya, semakin banyak bahan bakar yang terpakai untuk buat mesin terus bekerja.
  • Filter udara kotor
    Terdengarnya sepele, tetapi filter udara yang kotor buat aliran udara ke ruangan bakar tak selancar biasanya. Dampaknya sistem pembakaran jadi tidak prima, dan akhirnya motor agan jadi boros BBM. Solusinya agan bisa mengganti komponen ini jika sudah rusak atau agan bisa membersihkan secara berkala agar tidak ada penumpukkan kotoran jika tidak ada kerusakkan.
  • Kerak pada blok mesin
    Adanya kerak pada blok mesin, dapat mempengaruhi pembakaran jadi tak sempurna dan sudah pasti memengaruhi pengeluaran bahan bakar. Solusinya agan harus bongkar dan bersihkan kerak karbon yang ada di dalam blok mesin itu.
  • Busi tak layak pakai
    Jarak renggang busi yang tidak sesuai bisa menimbulkan borosnya konsumsi BBM, jika komponen ini rusak biasanya ada suara brebet.
  • Setelan Klep
    Jarak renggang klep tidak sesuai dengan setelan standard pabrikan. Dimisalkannya : Bila celah klep sangat rapat jadi klep akan cepat membuka dan lama menutup, demikian sebaliknya demikian jugabila klep sangat renggang bisa membuat lama membuka dan cepat menutup, hingga menyebabkan sistem pembakaran tak sempurna.

Bawalah mtor matic kesayangan agan ke bengkel kepercayaan agan dan tanyakan kemungkinan-kemungkinan penyebab motor matic boros diatas kepada teknisi bengkel yang agan kunjungi.

pencarian :
motor matic boros, penyebab motor matic boros bensin, bensin matic boros, yang membikin motor matic boros, mengapa matic lebih cenderung boros dari pada bebek, menggunakan ban motor diatas standar apakah bensin jadi boros, lama tidak ganti oli matic boros bensin, motot matic boros penyebab dan solusinya, penyebab boros bensin matic, borosnya motor matic