Motor Sportbike 250cc India dengan sentuhan ala Erik Buell Racing

India yang kita kenal dengan Bajaj yang ada di Indonesia ternyata bukan satu-satunya pabrikan motor yang populer, salah satunya adalah Hero MotorCorp. Nah lalu apa hal yang berkaitan dengan Erik Buell Racing (EBR) seperti yang saya tuliskan di judul artikel ini? Erik Buell Racing (EBR) adalah pabrikan motor dengan basis spesifikasi balap yang bermarkas di Amerika Serikat.

Untuk Hero MotorCorp sendiri adalah produsen motor di India yang di ketahui juga mempunyai kiat bagus dengan menggandeng pabrikan EBR untuk membuat sebuah produk barunya.
Motor Sportbike India dengan sentuhan ala Erik Buell Racing 1
Pabrikan roda dua di India memanglah populer berani berinovasi dengan lakukan kerjasama dengan pabrikan global yang sudah mempunyai nama besar, salah satunya TVS serta Bajaj.

Kembali ke Hero MotorCorp, kesempatan ini pabrikan yang menggandeng EBR ini tengah menyiapkan suatu sportbike berbasis mesin 250cc yang diberi nama HX250R. EBR menolong Hero dalam soal memberi sentuhan radikal pada sosok sportbike full-fairing ini.

Beritanya, Hero sendiri juga ikut menanam saham di perusahaan EBR, walau di sebagian media luar negeri tak mengatakan seberapa besar saham yang diberikan. Tujuan Hero untuk menggandeng EBR sendiri terlihat di catatan pembuatan HX250R ini.

Motor Sportbike India dengan sentuhan ala Erik Buell Racing

Unit prototype yang sekian kali pernah dipamerkan di arena auto show tahun lalu adalah jenis unit HX250R yang ditangani di markas EBR, Amerika. Masalah tampang, memanglah tak ada hal yg perlu diragukan lagi dari sportbike 250cc ini.

Sedang untuk masalah mesin, HX250R dibekali dengan mesin 250cc, satu-silinder yang dapat membuahkan tenaga sebesar 31 hp dengan ukuran bore X stroke ; 81 x 48, 5 mm.

Walau beberapa waktu lalu HX250R sudah dikenalkan pada umum dunia, tetapi diberitakan Hero baru akan menjualnya di daerah Eropa dan Inggris saat sebelum akhir tahun 2015. Bagaimanakah dengan pasar Asia, apakah Indonesia bakal memperoleh jatah?