Naiknya harga Ninja 250 FI dikarenakan memakai sistem kopling baru

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Menumumkan pergantian pada sepeda motor andalan mereka, Ninja 250FI. Piranti kopling lama ditukar dengan system slipper clutch yang membuat penurunan gigi makin smooth.Naiknya harga Ninja 250 FI  dikarenakan memakai sistem kopling baru

Piranti baru ini mulai terpasang dan di jual pada seluruh Ninja 250FI per 1 November 2014. Dengan alasan adanya piranti baru ini, KMI menanggalkan kenaikan harga Rp 400.000 untuk seluruh jenis. Harga baru jenis standard saat ini Rp 54, 5 juta, sedang jenis ABS jadi 66, 3 juta.

”Kami memang melakukan perubahan kecil, tidak ada launching, dan mulai dijual November. Dengan peranti ini, engine brake tidak terlalu terasa. Atau dengan kata lain, saat deselarasi dan memindah gigi semakin mulus,” terang Michael Chandra Tanadhi, Deputy Head Sales Promotion Department KMI.

Moge
Slipper Clutch merupakan peranti yang umum diketemukan pada jenis model Ninja berkapasitas mesin besar (moge). Secara lengkap, system ini dinamai assist and slipper clutch yang beroperasi pada waktu berlainan, dimana assist clutch berlangsung ketika sepeda motor berakselerasi. Sementara slipper clutch otomatis berlangsung ketika deselerasi dan melaksanakan penurunan gigi (downshift).

Umumnya, waktu penurunan gigi dengan cepat (contoh ketika balap), pada system kopling akan berlangsung fenomena back torque (torsi berlebihan) yang dapat membuat ban belakang skid (sedikit mengunci) dan seterusnya menjadikan roda kehilangan traksi pada permukaan jalan.

Slipper cluth yang dipasang di Ninja 250FI mempunyai tujuan mengurangi kerugian yang disebabkan tanda-tanda back torque dan ada masalah pengendalian yang disebabkan ban belakang mengunci sehingga menyebabkan skid seperti yang dipaparkan tadi.