6 Part Motor Yang Beresiko Rusak karena Menghantam Jalan Berlubang

Dampak jalan yang seringkali tergenangi air dan yg parahnya jadi langganan banjir umumnya berdampak pada kerusakan permukaan jalan. Seperti jalan jadi bergelombang sampai akhirnya berlubang, kalau lubangnya kecil sih gak apa-apa, tapi kalau gede dan dalam bisa membahayakan.

Motor Lewat Jalan Berlubang

Keadaan itu layak jadi perhatian beberapa pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat, terlebih pengendara sepeda motor. Bila agan sering melewati jalanan berlubang, sepertinya besar kemungkinan dalam periode waktu yang tak lama bisa menimbulkan kerusakan-kerusakan pada komponen motor.

Lalu, komponen apa saja yang butuh perhatian agan & punya potensi gede terkena dampak kerusakan karena kerap meghantam jalanan berlubang? berikut ini adalah list nya :

Ban
Menjadi bagian terluar yang terkena benturan. Didalam ban ada serat-serat yg dibuat dari logam, dimanabila terkena benturan serat-serat ini beralih bentuk atau beralih dari tempat seharusnya berada. Mengakibatkan, ban jadi benjol motorpun terasa goyang saat dikendarai.

Velg
Bagian ini jadi ”pelapis kedua” sesudah ban. Bila benturan sangat keras, kemungkinan velg ini bakalan pecah cukup gede (kalau pelek racing). Untuk pelek jari-jari, umumnya bengkok & mesti disetel ulang.

Laher roda
Bagian ini memang hanya mendapatkan beban putaran ban saja. Namun bila terkena tekanan karena benturan, beban juga akan jadi bertambah & mengakibatkan laher ini aus. Akhirnya, putaran ban menjadi ”oblak”.

Suspensi
Sil atau karet penyumbat cairan bakalna lebih cepat bocor dari umur semestinya. As suspensi juga beresiko bengkok kalau kena lubang yg dalam. Kalau as suspensi ini bengkok, peredaman dapat kurang, atau jadi macet.

Komstir
Sama seperti dgn bearing. Problemnya, bagian ini tidak sebaai komponen peredam kejut walau letaknya ada di bagian setang. Bila gerak kejutnya terlalu gede & terlalu sering, bagian ini juga akan aus & oblak.

Baut Bodi
Umumnya yang terpasang pada bodi, karna torsi (dorongan baut) tidak terlalu kencang.