Keunggulan dan Perbedaan Shockbreaker Tabung dengan Shockbreaker Biasa

Tidak sedikit kita lihat berbagai sepeda motor yang ada tabungnya pada shockbreaker di bagian ujung shock tersebut, tidak jarang juga ada yang mengenalnya dengan nama shockbreaker model gas. Pada umumnya sparepart yang digunakan pabrikan motor memang tidak memakai jenis peredam kejut dengan tabung gas.

Orang awam pasti mengira tabung itu hanyalah hiasan saja agar terlihat lebih padat dan berisi, plus lumayan buat motor lebih ganteng. Padahal, keduanya punya perbedaan dari segi kekuatan dan kenyamanan. Nah, lalu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari shockbreaker jenis tabung, serta perbedaannya dengan shockbreaker biasa pada umumnya? pada kesempatan ini kita akan bahas.

Shockbreaker Tabung Ohlins

Kebanyakan orang menyebut komponen motor ini sebagai shockbreaker tipe gas, wah!! pastinya yang ada di benak pikiran kita, oli yang biasanya ada dalam shockbreaker kita anggap sudah digantikan fungsinya oleh gas. Hal itu tidak benar gan 😀 .

Adanya shockbreaker tabung berawal dari masalah yang ada pada shock biasa, kenapa demikian? shockbreaker biasa seperti yang kita ketahui pastinya memakai oli. Oli ini mempunyai fungsi untuk mengembalikan per suspensi yang memantul ketika meredam kejut di permukaan yang tidak rata, jadi kembali ke semula. Kekuatan shocbreaker akan berkurang seiring waktu, karena senyawa oli di dalamnya akan memisah dan membentuk gelembung busa.

Dari masalah tersebut munculah inovasi dari produsen shockbreaker untuk melengkapinya dengan tabung kecil yang ada gas di dalamnya. fungsi dari tabung gas ini adalah untuk menjaga tekanan oli selalu tinggi dan mencegah berubahnya oli menjadi gelembung-gelembung kecil.

Jadi dapat kita simpulkan, tipe shockbreaker tabung dengan shockbreaker biasa mempunyai perbedaan dari segi ketahanan, karena peranan oli terbantu fungsinya dengan adanya tekanan dari gas ini. Bonusnya adalah tampilan motor memang jadi lebih ganteng daripada yang memakai shocbreaker biasa, lebih berisi :D.

Kekurangan yang biasa dirasakan adalah tingkat kekerasan yang dirasa lebih tinggi ketimbang shock biasa. Hal itu memang benar adanya, namun bukan redaman suspensi yang mengeras, hanya saja kinerja suspensi yang lebih responsive.

Karena kinerja shockbreaker  yang responsive, tipe suspensi ini punya keunggulan tersendiri, yaitu sangat cocok untuk pengendara yang ingin turun ke lintasan balap. Dengan respon yang cepat, ban tidak akan kehilangan cengkeram pada aspal.

pencarian :
kelebihan shock yss, perbedaan shockbreaker tabung dan biasa, kelebihan shock tabung, keunggulan shock gen, kelebihan dan kekurangan shockbreaker yoko, perbedaan shock tabung atas dan bawah, keunggulan shock tabung, kelebihan dan kekurangan shock yss, kekurangan dan kelebihan shock dbs, kelebihan shock yoko