Cara, Syarat, dan Biaya Perpanjangan SIM

Apa saja sih yang dibutuhkan ketika kita ingin melakukan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masa berlakunya hampir habis?, karena kalau SIM kita sudah habis masa berlakunya akan dianggap tidak memiliki SIM.Cara, Syarat, dan Biaya Perpanjangan SIM

Masa Aktif SIM
Oh ya SIM itu berlakunya selama 5 tahun sejak tanggal diterbitkannya, selama 5 tahun sekali tersebut agan diawajibkan untuk melakukan perpanjangan SIM.

Jika masa berlaku SIM sudah habis, sesuai dengan peraturan terbaru maka pembuatan SIM akan mengikuti prosedur yang sama seperti membuat SIM Baru. Kebijakan ini sesuai dengan Peraturan Kapolri (Perkap) No. 9 Tahun 2012, tentang Surat Izin Mengemudi (SIM). SIM dikatakan habis (mati) apabila lewat dari ketentuan tanggal yang tertera dalam masa berlaku SIM.

Maka perpanjangan SIM tidak bisa dilakukan, harus kenbali membuat SIM yang baru dengan syarat dan ketentuan yang sama saat membuat SIM baru.

Syarat Perpanjangan SIM

  1. Mengisi Formulir Permohonan
  2. KTP Asli & Fotokopi KTP (4 lembar)
  3. SIM Asli
  4. Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Dokter
  5. Uji Keterampilan Mengemudi Melalui Simulator Rp 50.000,00
  6. Asuransi Rp 30.000,00

Biaya Perpanjangan SIM 

  • SIM A Rp 80.000,00
  • SIM B I Rp 80.000,00
  • SIM B II Rp 80.000,00
  • SIM C Rp 75.000,00
  • SIM D Rp 30.000,00

Tempat Perpanjangan SIM
Untuk melakukan perpanjangan SIM bisa dilakukan dengan cara datang langsung ke tempat diterbitkannya (Satuan Pelaksana Administrasi SIM).

Namun, ada juga cara lain yang lebih praktis yaitu dengan mendatangi mobil SIM Keliling yang biasanya membuka layanan kelilingnya ke beberapa daerah.

Hanya saja dengan Mobil SIM Keliling ini tidak semua perpanjangan SIM dilayani, biasanya yang dilayani adalah SIM A dan SIM C.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum melakukan perpanjangan SIM pada pelayanan Mobil SIM Keliling, yaitu :

  1. Layanan SIM keliling hanya melayani perpanjangan untuk pengendara sepeda motor (C) dan mobil (A).
  2. Proses perpanjangan bisa dilakukan sebelum masa habis SIM berlaku dengan tenggang waktu 14 hari.
  3. SIM yang masa berlakunya telah habis dapat diproses maksimal dalam kurun waktu tiga bulan terhitung tanggal berlaku habis.
pencarian :
cara perpanjang sim, syarat perpanjangan sim c 2017, syarat perpanjangan sim, syarat perpanjang sim, cara memperpanjang sim, perpanjangan sim yang habis masa berlakunya, persyaratan perpanjang sim, syarat perpanjangan sim 2017, syarat perpanjang sim c 2017, memperpanjang sim yang sudah habis masa berlakunya