Apa itu Piggyback Fungsi dan Cara Kerjanya

Kecepatan Motor sudah 250cc ke atas masih saja dirasa belum puas untuk sebagian orang, motor 250 saat ini kebanyakan sudah menggunakan sistem bahan bakar injeksi, makanya untuk melakukan peningkatan kecepatan dirasa sangat sulit.

Piggyback ini bisa digunakan untuk sepeda motor bermesin 250 cc, 650 cc, sampai 1.000 cc. biasa digunakan jika kita sudah mengganti knalpot standar dengan knalpot racing.

Kesulitan mengatur sistem Komputer Motor

Kesulitan yang dialami itu adalah untuk melakukan setting komputer pada motor injeksi, pada bagian ECU (Electronic Control Unit)/ ECM (Engine Control Module). ECM/ECU ini mempunyai kode pengunci yang masing-masing pabrikan motor mempunyai kode pengunci yang berbeda, jadinya pemilik ataupun montir di bengkel resmipun tidak bisa setting ECM/ECU seenaknya.

Kalau pakai karburator kan tinggal ganti spuyer,dll dengan gampang. Salah satu cara agar hal ini bisa diatasi adalah dengan menggani ECM/ECU tersebut, hanya saja akan ada banyak kerugian yang bisa kita dapatkan selai mahal, motor dengan sistem ABS bisa kaau nantinya, harus di nonaktifkan abs nya, dan masih banyak kerugian lainnya.

Pemakaian Piggyback

Salah satu alternatif termudah agar motor agan lebih maknyus tarikannnya adalah dengan menambahkan Piggyback.

Piggyback adalah alat tambahan yang kebanyakan dibuat oleh pemasar aftermarket yang berguna untuk memanipulasi data, sehingga dapat mengatur atau mengontrol perngapian, dan semprotan jumah bahan bakar.

Dengan adanya piggyback, pengguna motor dapat membuat data baru di luar data yang ada pada ECM/ECU.

Jenis Piggyback

Piggyback yang bisa mengatur ulang pemetaan (mapping) injeksi bahan bakar (injection/ fuel control), seperti Juice Box, Power Commander, Apexi NEO Fuel Controller, etc. Piggyback seperti ini sering disebut juga dengan Programmable Fuel Controller.
Piggyback yang bisa mengatur ulang pemetaan (mapping) waktu pengapian (ignition control), seperti MSD Ignition Timing Control, dll. Piggyback seperti ini sering disebut juga dengan Programmable Ignition Timing Controller.
Piggyback yang bisa mengatur ulang pemetaan (mapping) waktu pengapian (ignition control) dan sekaligus injeksi bahan bakar (injection/ fuel control), seperti Dastek Unichip, Haltech Interceptor, dll.

Cara kerja piggyback

Seperti yang tadi disebutkan, piggyback ini menipu ECM/ECU agar mau menambah jumlah semprottan bahan bakar, cara kerjanya sama dengan spuyer pada karburator, jadi jika ada kebutuhan bahan bakar yang lebih banyak, dapat terpenuhi.

Seberapa perlu penggunaan piggyback?

Jika sepeda motor masih menggunakan knalpot standar, piggyback ini tidak usah digunakan. Piggyback ini biasanya menjadi teman modificator yang baru mengganti knalpotnya dengan knalpot racing, agar suara nembak akibat deselerasi dapat dihilangkan.

Selain dari ganti knalpot, ada juga pergantian porting dan polish yang mengharuskan motor menambah suplai bahan bakar, open filter, ganti noken as atau kem lalu klep dan seterusnya. Semua memerlukan tambahan suplai bahan bakar lebih banyak dan atur ulang pengapian.

Daftar harga Piggyback

1. Power Commander V (PC V)
ower Commander V (PCV)

PC V untuk Honda CBR 250R sekitar Rp 3,5 juta dan untuk Kawasaki ZX-6R dijual Rp 4,5 juta

2. Dynojet Digital Fuel Controller (DFC)
Dynojet Digital Fuel Controller (DFC)

Harga dikisaran Rp 2,5 juta

3. Juice Box
Juice Box

Rp 3,6 juta, dan tersedia untuk Kawasaki KLX 250S, Dtracker 250, Honda CBR 250R

Piggyback keluaran Two Brothers Racing dari Amerikadilengkapi dengan kemampuan menyimpan 10 mapping semprotan bahan bakar yang berbeda yang juga bisa di-adjust lagi secara manual. Ada semacam tombol untuk menggeser mapping sesuai putaran mesin. Di putaran rendah, tengah atau atas,

4. EZ Ecu
EZ Ecu

Ada 2 jenis yaitu EZ FI untuk remapping bahan bakar dan EZ TI untuk mengubah mapping pengapian, limiter bisa dinaikan. EZ FI dijual Rp 3,6 juta dan EZ TI dilepas Rp 2,9 juta.

5. Bazzaz FI MX
Bazzaz FI MX

Piggyback ini dilengkapi dengan perangkat autotune seperti PC V . Harga jual sekitar Rp 3,6 juta, sedang autotune sekitar Rp 2,5 juta.

6. Speedspark
Speedspark

Piggyback ini bisa mengatur fuel sekaligus pengapian dalam satu modul. Harga Rp 1,75 juta dan bisa dipasang ke Yamaha V-Ixion juga

Umumnya semua piggyback ini sudah dijual lengkap dengan kabel instalasi dan software untuk melakukan settingan yang harus dibuka lewat PC atau laptop. Jadi jika motor kita sudah mulai di-upgrade sebaiknya dimulai dari Piggyback.

Seperti informasi mengenai Piggyback yang bisa saya samapaikan, semoga bermanfaat 😀

pencarian :
piggyback motor, fungsi piggyback, harga piggyback cb150r, apa itu piggyback, harga piggyback, piggyback cb150r, piggyback vixion, piggyback adalah, harga piggyback vario 150, piggyback motor injeksi