Apa Itu Teknologi Pengereman CBS Honda?

Setelah saya membahas mengenai harga dan spesifikasi honda vario 150 esp, sepertinya saya juga berminat untuk membaca sekaligus menuliskan kembali mengenai teknologi combi brake system (CBS) pada motor-motor honda yaitu Honda Beat, Honda Vario Techno, Honda Vario 125 Esp, Honda Vario 150 Esp dan CBR 250R.

Dan ternyata  teknologi CBS ini bukanlah hal baru sebab telah diaplikasikan sejak tahun 1983 pada motor GL1100 Gold Wing. Seiring perkembangan teknologi, inovasi terus dilakukan oleh Honda sehingga teknologi CBS mampu diterapkan kepada motor-motor honda tadi.Apa Itu Teknologi Pengereman CBS

Semua motor memakai sistem rem untuk roda depan dan belakang untuk mengurangi kecepatan ataupun menghentikan kendaraan yang sedang melaju. Rem depan biasanya lebih pakem dibandingkan rem belakang dan seringkali dipakai untuk pengereman jarak pendek. Sebaliknya kalau rem belakang efektif untuk  pengereman jarak lebih panjang.

Kalau rem depan saja yang digunakan untuk rem mendadak saat kecepatan tinggi, maka motor pastinya bakalan terpelanting. Soalnya sewaktu rem depan ditekan dengan kuat pada saat mengendarai sepeda motor, suspensi depan akan menekan dan suspensi belakang meregang. Sehingga ada gaya yang mendorong pengendara ke depan. Kalau kedua rem ini dipakai berbarengan akan memberikan pengereman lebih baik.

Apa itu Rem CBS ?
Dengan kebutuhan pengereman yang lebih optimal, Honda menghadirkan teknologi Combi-Brake System (CBS), teknologi ini adalah sebuah sistem pengereman yang menggabungkan kinerja rem depan dengan rem belakang, tuas rem kiri yang umumnya dipakai untuk rem belakang saja pada motor matic, Honda menyulap tuas rem kiri ini dengan hanya dengan menekan tuas rem tangan sebelah kiri maka rem depan dan rem belakang berfungsi secara bersamaan.

Dengan adanya teknologi ini, anda dapat melakukan pergereman dengan jarak yang lebih pendek dengan bobot pengereman yang seimbang antara rem depan dan rem belakang sesuai dengan kebutuhan pengereman.

Fitur CBS ini juga berfungsi ketika tuas rem belakang ditarik saja, jadi kalau rem depan ditekan, maka CBS tidak berfungsi, alias rem belakang tidak ikutan ngerem. Jangan karena sudah pakai Sistem CBS, agan jadi jarang memakai rem depan. Agan masih perlu menekan rem depan agar proses deselerasi berjalan dengan lancar.

Cara Kerja Rem CBS
Saat tuas rem kiri ditekan, maka equalizer gaya akan bekerja untuk mendistribusikan tenaga tekanan tadi menjadi dua, yang satu menuju rem pada roda belakang sedangkan yang satunya lagi menuju ke tuas ungkit. Gunanya adalah untuk menekan knocker yang akan menekan piston hidrolik, yang kemudian akan bereaksi untuk mengaktifkan rem cakram depan. Pada proses ini kekuatan pengereman akan terbagi secara otomatis pada kedua roda depan dan belakang.cara kerja combi brake system cbs

Teknologi ini sendiri dipercaya dapat membantu pengendara motor dengan fitur CBS Honda khususnya bagi para pemula, untuk dapat melakukan pengereman yang aman layaknya seorang pengemudi profesional karena sistem CBS memungkinkan pendistribusian hasil pengereman secara merata. (sumber: Hondacengkareng)

Ada yang perlu diperhatikan jika pengguna motor Honda dengan fitur ini ketika mengganti kampas rem belakang baru. Pemilik motor dianjurkan untuk menyeting ulang mur penyetel (adjuster) knocker joint yang ada di bagian bawah master rem.

Hanya saja jika pengguna kurang yakin dengan setingan mur adjuster, ada baiknya minta bantuan mekanik yang ahli. Hal ini mengingat jarak main knocker joint dengan equalizer sangat mempengaruhi kemampuan kerja CBS secara keseluruhan.

 

pencarian :
cara kerja rem cbs, cara kerja cbs, cara kerja combi brake system, apa itu combi brake system, cara kerja fitur cbs di honda beat, jelaskan cara kerja cbs, sistem kerja rem CBS, teknologi combi brake, apa yanf dimaksud CBS pada sistem rem honda Vario, rem cbs