Tips Ganti Oli Untuk Mobil Yang Sering Kena Macet

Membaca dari buku manual pabrikan mobil menyarankan Penggatian Oli mobil dilakukan secara berkala setiap 7.500 km atau 10.000 km. sedangkan untuk mobil yang kena macet, dianjurkan untuk mengganti oli lebih cepat dari apa yang disarankan buku manual pabrikan mobil, ada beberapa tips ganti oli untuk mobil yang sering kena macet.Tips Ganti Oli Untuk Mobil Yang Sering Kena Macet

“7.500 atau 10.000 km itu kombinasi jalan macet dan tol, sementara di kota ini itu menurut saya tol atau highway itu sekedar nama saja, faktanya lebih banyak macet. Ketika macet umur mesin akan turun, jadi ketika pabrik mengklaim ini bisa 7.500 atau 10.000 untuk ganti oli, saya sama sekali tidak menyarankan cukup 5.000 km saja,” paparnya.

Ketika Mobil terjebak macet, dalan jarak 10km saja bisa memakan waktu 2 jam, sementara di jalan bebas hambatan dalam 2 jam itu mungkin bisa 200 km.

“Jadi kalau bicara kilometer di Jakarta ini, menurut saya batas amannya 5.000 km,” ujarnya.

Gareth Bracchi, Senior Development Technologist dari Castrol menambahkan mengemudi berhenti-jalan (Stop Start) berarti selain lebih banyak mempercepat dan menurunkan laju kendaraan dan juga menambah waktu berhenti dengan mesin masih menyala.

“Sepertiga dari perjalanan dihabiskan dengan berhenti dengan mesin menyala dan pada saat ini tekanan paling tinggi pada bagian penting mesin. Dan ini yang menyebabkan mengemudi berhenti-jalan dapat menyebabkan keausan mesin mikroskopis pada bagian penting mesin,” ujarnya.

Castrol mempunyai trobosan dan merilis oli khusus untuk mobil yang sering Terjebak macet di jalanan, yakni Castrol Magnatec Stop-Start.

“Castrol Magnatec Stop-Start memiliki molekul pintar yang menempel pada mesin, membentuk lapisan self-healing sehingga dapat memberikan perlindungan 20% lebih baik dalam mencegah keausan mikroskopik terbukti pada tes mesin,” ujar Country Marketing Manager Castrol Indonesia Deananda Sudijono.

pencarian :
oli buat jalanan macet