Tips Memanaskan Mesin Mobil Injeksi dan Non Injeksi Yang Benar

Aktivitas memanaskan mobil merupakan rutinitas yang biasanya dilakukan pengguna kendaraan sebelum mengendarainya. Pengguna mobil menganggap memanaskan mobil akan membantu sirkulasi oli untuk melapisi setiap komponen vital di dalam mesin.Tips Memanaskan Mesin Mobil Injeksi dan Non Injeksi Yang Benar

Hanya saja kita belum tahu sebenarnya seberapa lama seharusnya memanaskan mobil itu. Dan Memanaskan mobil apakah masih berlaku untuk mobil-mobil yang saat ini sudah menggunakan sistem bahan bakar injeksi?

Pertama-tama kita akan bahas untuk mesin injeksi dahulu, kemudian mobil yang masih menggunakan sistem bahan bakar konvensional atau karburator.

Mobil Injeksi
Menurut para pakar otomotif, memanaskan mobil injeksi dianggap tidak perlu dilakaukan, alasannya karena kebutuhan bahan bakar pada tiap proses pembakaran telah diatur oleh Electronic Control Unit (ECU), jadi mesin tidak membutuhkan suhu optimal kerja mesin dari aktivitas memanaskan mobil ini.

Menurut kepala bengkel Daihatsu Pondok Indah, Arwin Sinaga, Mobil zaman sekarang yang sudah menggunakan sistem injeksi, memanaskan mobil cukup 30 detik sampai 1 menit saja, jika dilakukan lebih dari itu akan dianggap buang-buang bahan bakar saja.

Ada cara lain untuk mengetahui mobil sudah siap untuk jalan, diantaranya dengan melihat indikator temperatur mesin. Bila normal, jarum penunjuk perlahan naik ke posisi tengah. Setelah itu mobil siap digunakan.

Selain itu, agan juga tidak perlu mengkhawatirkan dan beranggapan jika mobil yang belum dipanaskan, sirkulasi oli belum normal dan berada dibawah mesin. Alasannya karena kualitas pelumas yang beredar sekarang jauh lebih baik, dengan catatan pelumas yang digunakan sesuai spesifikasi yang dianjurkan.

Biasanya oli sekarang ini, walaupun mesin dalam keadaan mati, sebagian akan tetap menempel pada komponen di dalam mesin.

Kesimpulannya, walaupun mobil injeksi saat ini dianggap tidak perlu diapanaskan. Ketika kita menyalakan mesin dalam waktu 30 detik saja, suhu mesin sudah layak jalan dan tidak perlu dipanaskan berlama-lamaan, jadi agan tidak akan sadar dalam waktu 30 detik itu agan sudah memanaskan mobil.

Mobil Non Injeksi / Sistem bahan bakar Konvensional (Karburator)

Memanaskan mobil dilakukan cukup dalam jangka waktu 5 menit saja gan, apalagi untuk mobilnya yang sudah diperlengkap dengan indikator suhu mesin yang biasanya ada pada speedometer, jadi tinggal lihat saja pada indkator tersebut, jika jarum indikator menunjukkan posisi jarum ½ atau 1/3, hal itu sudah dirasa cukup.

Jika memanaskan mobil dilakukan dalam waktu yang lama, ha itu juga dianggap sangat tidak baik karena mesin akan mengalami overheating.

Saat memanaskan motor, jangan menggeber mesin dengan menginjak pedal gas secara berlebihan, hal itu dianggap kurang baik karena akan menimbulkan getaran atau putaran yang sangat besar sehingga mempengaruhi kondisi dudukan onderdil di dalam mesin.

Seperti itu gan sebagaian tips yang bisa admin berikan, jika ada kesalahan ataupun tambahan tips sialahkan saja disampakaikan melalui komentar. semoga bermanfaat 😀

pencarian :
cara memanaskan mobil injeksi, cara memanaskan mobil avanza, cara memanaskan mobil, cara memanaskan mobil karburator, memanaskan mobil, cara memanasi mobil, berapa lama memanaskan mobil, cara memanaskan mesin mobil, memanasi mobil, cara memanasi