Harga dan Spesifikasi Yamaha Xeon RC

Pada tahun 2015 yamaha juga membuat penyegaran striping untuk motor ini dengan warna baru yang lebih dinamis serta grafis yang memberikan kesan lebih sporty. Temanya sendiri diberi nama  “Burning The Racer Heart”. Setidaknya ada tiga warna baru yang dihadirkan, yakni Storm Black, Velocity White, dan Lumire Blue. Selain warna bodi, bagian plastik skutik 125 cc itu kini menggunakan warna hitam, berbeda dengan model sebelumnya yang menggunakan beberapa warna.lumire blue
Striping Xeon RC terisnpirasi dari desain F117-Nighthawk bomber yang merupakan sebuah pesawat Jet Tempur, menjadikannya tampil lebih agresif, dan jok nya juga diberi paduan 2 warna jok menjadikannya terlihat dinamis.

Keunggulan lainnya Yamaha Xeon RC mempunyai bagasi yang besar kita mampu menyimpan benda berukuran cukup besar seperti sebuah helm half face dibandingkan motor yang lainnya bisa membuat anda kesulitan menyimpan barang-barang. Motor ini juga seperti motor yamaha pada umumnya sekarang ini diberikan sistem lampu otomatis dalam artian sistem lampu akan menyala saat kunci kontak dalam keadaan ON.

Karakter lincah dan ringan sudah disematkan dengan apik oleh pabrikan Yamaha. Hal ini dibuktikan dengan desain chassis terbarunya yang membuatnya lebih stabil dan nyaman. Dengan chasis terbarunya membuat motor matic ini lebih lincah, ringan, stabil, dan nyaman untuk anda. Pengembangan dari yang sebelumnya terlihat pada ground clereance yang didesain lebih tinggi 10mm. Fungsinya untuk memberikan kenyamanan pada jalan berlubang dan juga saat kita melewati tanggul polisi tidur.

Perubahan lainnya yaitu wheel base yang molor 5 mm dari desain Xeon lama. Efek perpanjangan wheel base ini mengakibatkan titik berat jadi lebih ketengah sehingga stabilitasnya jadi lebih baik.

YMKI juga menyempurnakan bagian mesin RC yang tenaganya kini mencapai 8,4 kW atau sekitar 11,4 PS pada putaran 9.000 rpm atau meningkat 8% dari produk terdahulu.
Power Yamaha Xeon dengan yang dahulu
Untuk sistem pengapian, Yamaha Xeon RC mengusung teknologi YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection). Teknologi ini memiliki mekanisme dua saluran udara yang berbeda. Ketika gas ditutup dan putaran rendah maka hanya katup pertama yang terbuka. Hal ini mengakibatkan udara akan masuk melalui saluran udara tambahan di luar intake manifold kemudian dihantarkan langsung ke dekat injektor.
YMJET-FI Xeon RC
Saat gas dibuka dan saat membutuhkan tenaga lebih maka katup kedua di throttle terbuka lebar sehingga udara masuk lewat lubang di throtle body. Teknologi YMJET-FI dapat menciptakan atomisasi gas bahan bakar yang lebih halus yang mengakibatkan konsumsi BBM diklaim lebih hemat sekitar 20%.

Apa saja yang kita dapat dari Motor yamaha Xeon RC selain yang tadi saya sebutkan diatas, :

  • Knalpot/Mufler baru terinspirasi dari T-Max Mufler
  • Spedometer dengan tampilan 3 dimensi
  • Mesin 125CC Fi Liquid cooled Diasil dan Forged Piston dikenal sebagai mesin yang awet dan ringan
  • Tenaga yang lebih besar di bandingkan Xeon biasa (Bukan RC)
  • Smart Lever lock membuat pengereman saat menanjak atau menurun lebih aman dan nyaman,
  • Untuk yang suka lupa dengan melipatkan standar, jangan khawatir karena Smart stand Switch jika standar masih belum dilipat mesin motor yamaha Xeon RC tidak bisa dihidupkan

Kalo di kaskus ada nih yang share keunggulan dari motor ini yaitu :

  1. Shock belakang yang termasuk keras (makanya saya ganti dng produk aftermarket 😀 )
  2. Velg masih bisa dibilang gampang speleng sama dengan mio series menurut review beberapa user  (ini tergantung juga sih, soalnya punya saya walau jalannya ekstrim tapi velg masih oke, cuma bannya aja yg mblendung hiks…hiks…
  3. Sambungan mesin dan rangka sering ngebentur polisi tidur (kerendahan), dng ganti ban lebih besar dan shock aftermarket problem solved!
  4. Banyak kasus kabel speedo meter putus. (usianya terlalu cepat) untung sudah hampir 2 th kabel spedo masih oke
  5. Keluaran xeon 2011 banyak yang bermasalah di aki yang soak (harus sering cek sama charge aki)
  6. Mangkok cvt gampang peyang jadi bikin ndut2an (material kurang sip), untung belum kejadian di xeon saya…ga minta sih!!
  7. Gigi starter gampang sompal atau kuningan yg berfungsi mendorong untuk starter sudah lemah. (baik yang boreup maupun yang non boreup, cuma bedanya diwaktu saja), idem dengan yang diatas hehehe
  8. Meter bensin ngaco, kurang tau juga kalo soal ini hehehe
  9. Hati2 karbu tiba2 copot (solusinya dengan melepas ring penahan kuncian saja), ini pernah ngalamin…hua..hua…
  10. Cvt gampang kemasukan air bikin slip cvt (gasket cvt nya gampang sobek kalau 1-2 kali buka saja), sama dengan no 6 dan 7
  11. Kick starter susah bikin motor nyala, betul…betul…..kaki sampe sakit
  12. Akselerasi tidak segalak mio series walau cc nya lebih besar, galaknya setelah menginjak 30km ke atas.. bengis sob!!!

Spesifikasi Yamaha Xeon RC

Dimensi
P x L x T: 1855 mm x 700 mm x 1070 mm
Jarak Sumbu Roda: 1265 mm
Jarak terendah ke tanah: 760 mm
Berat isi: 101 kg
Kapasitas tangki bensin: 3.8 Liter
Rangka/Chasis
Tipe Rangka: Underbone
Suspensi depan: Teleskoplk
Suspensi belakang: Unit swing, Suspensi Tunggal
Ban Depan: 70/90-14M/C 34P
Ban Belakang: 90/80-14M/C 49P
Rem Depan: Cakram
Rem Belakang: Tromol
MESIN
Tipe mesin: 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin cairan
Jumlah / Posisi silinder: Cylinder Tunggal
Volume Silinder: 124,86 cm3
Diameter x langkah: 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan kompresi: 10,94 : 1
Daya Maksimum: 11,4 PS ( 8,4 kW ) / 9000 rpm
Sistem starter: Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan: Basah
Kapasitas oli mesin: Total : 0.90 Liter / Perawatan Berkala : 0.80 Liter
Sistem bahan bakar: Fuel Injection System ( YMJET-FI )
Tipe Kopling: Kering, Kopling sentrifugal
Tipe Transmisi: V-belt otomatis
Pola pengoprasian transmisi: Otomatis
KELISTRIKAN
Sistem pengapian: TCI ( transistor Control Ignition )
Battery: Y1Z5S
Tipe Busi: NGK/CR7E

Pilihan Warna Yamaha Xeon 2015

lumire blue storm black velocity white

Harga Yamaha Xeon RC baru sekitar Rp.15.100.000, seperti biasa harga mungkin berbeda di dealer masing-masing, tapi harga tidak akan beda jauh dengan ini.

pencarian :
yamaha xeon, spesifikasi yamaha xeon, xeon rc, spesifikasi xeon, mio xeon, spesifikasi xeon rc, yamaha xeon 2015, yamaha xeon rc, spek xeon, spesifikasi motor xeon