free web page hit counter 5 Jenis Spare Part Motor yang Perlu Anda Tahu - RiderGalau.com
Kolom Pencarian Menu Utama

Spare part motor merupakan bagian-bagian dari motor yang mendukung fungsi sepeda motor untuk bisa bekerja dengan baik. Tanpa ada dukungan dari semua jenis spare part, motor mungkin tidak akan bisa digunakan dengan lancar. Itulah mengapa, penting sekali untuk memperhatikan kondisi spare part motor yang anda gunakan.

5 Jenis Spare Part Motor yang Perlu Anda Tahu

Seperti kita tahu bahwa motor merupakan alat transportasi yang sangat populer di kalangan masyarakat. Motor dinilai sebagai alat transportasi yang praktis dan mudah dijangkau. Sepeda motor juga alat transportasi yang sangat ampuh untuk digunakan bepergian dalam waktu singkat karena bisa melewati kemacetan dengan mudah.

Hampir semua orang saat ini memiliki motor sebagai sarana untuk berpergiansehari-hari. Bagi anda pemilik motor, jangan hanya bisa memakai motor tapi anda juga harus bisa memahami jenis spare part yang ada pada motor. Jika anda memahami spare part motor, maka akan lebih mudah untuk memeriksa kondisi motor yang anda gunakan.

Jenis Spare Part Motor

Sebenarnya anda tidak wajib mengetahui semua jenis spare part motor. Namun, ada baiknya jika anda mengetahui beberapa jenis spare part pada motor. Sebagai informasi untuk anda, kali ini kita akan membahas 5 jenis spare part motor yang perlu anda ketahui.

Inilah dia 5 jenis spare part pada motor beserta fungsinya :

1. Aki
Aki motor memiliki fungsi menyalurkan daya supaya motor bisa dinyalakan. Aki  merupakan penyedia tenaga bagi motor sehingga tanpa aki motor anda tidak akan bisa dinyalakan dan digunakan. Ada dua jenis aki yang bisa digunakan pada motor yaitu aki kering dan aki basah. Kondisi aki perlu dicek secara rutin agar tidak berakibat fatal pada performa motor anda.

READ  9 Daftar Harga Produk Helm Bogo Retro Model Terbaru 2021

2. Busi
Busi memiliki peran sebagai penyala api yang akan membakar bahan bakar sehingga memungkinkan motor bisa berjalan. Sama seperti fungsi aki, busi juga memiliki fungsi yang sangat penting. Jenis busi ada bermacam-macam seperti busi resistor, busi standar, busi elektroda, dan lain sebagainya.

3. Karburator
Karburator memiliki fungsi mencampur bahan bakar dengan udara yang komposisinya 1 gram bensin dan 15 gram udara. Karburator terdiri dari bagian mangkuk karburator, pelampung, katup cuk, katup gas, baut udara, klep, dan lain sebagainya. Setiap bagian akan menjalankan fungsinya masing-masing sehingga bisa memaksimalkan performa motor saat digunakan.

4. Tali Gas
Tali gas merupakan bagian yang mengendalikan mesin pada motor anda. Tali gas memiliki peran yang sangat penting. Jika terjadi kerusakan pada tali gas, maka akan bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan tali gas secara rutin. Jangan sampai tali gas putus atau mengalami masalah lainnya.

5. Rantai
Rantai berperan memfasilitasi motor untuk bisa berjalan. Rantai berfungsi sebagai penerus energi gerak yang didapatkan dari bagian mesin. Mesin memutar gear depan dan gear belakang sehingga rantai akan bergerak. Supaya rantai motor bisa bekerja dengan optimal, rantai perlu diberi oli untuk menjaga kondisi rantai supaya tidak kotor dan bisa bergerak dengan lancar.

Itulah tadi 5 jenis spare part motor yang perlu anda ketahui. Bagi anda yang ingin mencari spare part untuk motor anda, anda bisa langsung menuju toko online Bukalapak. Selain spare part motor, anda juga bisa menemukan beragam perlengkapan berkendara di Bukalapak mulai dari jaket, jas hujan, hingga helm terbaru.