Kolom Pencarian Menu Utama

Beberapa pemilik sepeda motor pasti pernah mengeluhkan ketika hendak memakai kick starter untuk menghidupkan mesin di pagi hari, part ini tidak berfungsi dengan semestinya. ketika kita mengayunkan kick starter terlalu enteng alias ngelos jadi tidak ada pantulan balik, sehingga kick starter tidk balik lagi ke posisi semula/atas.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kick Starter Motor Ngelos

Jadinya motor susah buat dihidupin. Masih untung bila motor punya agan elektrik starter-nya berjalan normal. Pasti ribet bila dua-duanya tidak berfungsi. Pengalaman ini pasti banyak yang alami. Pertanyaannya, apa sih penyebab kick starter ngelos? Apa yang salah? dan gimana sih buat memperbaikinya ?

Penyebab No 1

— advertisement —

Salah satu penyebab kick starter motor ngelos ialah mesin tidak membuat tekanan kompresi yg dilakukan oleh dorongan piston.

Tidak ada tekanan kompresi dalam mesin dapat disebabkan adanya kotoran pada klep (valve). Fungsi klep secara normal bergerak naik dan turun dan klep tidak akan menutup dengan baik apabila ada kotoran. Klep ini tugasnya untuk mengatur masuknya gas baru dan keluarnya gas buang sisa pembakaran pada mesin motor.

Kemudian, penyebab timbulnya kerak kotoran di klep ini disebabkan penggunaan bahan bakar premium (RON rendah).

— advertisement —

Untuk mengatasu masalah yang ditimbulkan kerak, agan cukup memasukkan tiga sendok makan oli kedalam lubang busi. Oli ini nantinya bakal melarutkan kerak. Tetapi ketika dinyalakan bakalan keluar asap, itu terjadi karena oli itu terbakar.

Penyebab No 2

Biasanya gigi engkol nya habis, ataupun terkadang patah atau pecah. Solusi untuk memperbaikinya adalah mengelasnya dengan memakai kawat las yang LB atau yang memiliki kadar baja yang tinggi. Perhatian: Dalam waktu anda memgelas usahakan hanya memakai sistem tehnik las kredit agar suatu gir tidak akan meluber, sehingga akan sulit di bentuk. Kalau agan tidak bisa, bawa saja ke tukang las.

Cara Memperbaiki kick stater motor bebek seperti honda revo, honda supra, dan lain lain.

— advertisement —

Solusi yang dapat anda ambil ialah : jika per nya patah atau pirnya patah anda dapat menggantinya dengan pir yang lebih baru dan baik. Tetapi jika ger, girnya haus anda dapat menambahkan daging dengan menggunakan mesin las .

Pada dasarnya cara perbaikan pada kick stater yang doll atau tidak berpungsi, ngelos hampir sama pada motor kebanyakan.   Tetapi ada yang membedakan bila moge kick staternya ngelos.

Kerusakan kick stater pada moge selain kerusakan seperti diatas ialah terdapat pada kopling yang telah haus, atau juga kopling yang kekencangan.  

Jadi solusi perbaikan nya ialah coba cek kopling anda apakah masih layak atau tidak, dan juga anda dapat mencermati stelan pada kopling anda jika ganda pada kopling anda kekencangan , hal inilah yang dapat membuat pengaruh pada kick motor anda. [sumber:tehnikmesin.xyz]

4 Komentar

  • Zahran berkata:

    thank you,untuk artikel nya,sangat bermanfaat..

  • Hendra setiawan berkata:

    Gan jupiter z sudah kopling manual….dalam keadaan dingin atau pagi hari kick stater diselah ngelos tapi klo dalam keadaan panas normal…apakah kompresinya bocor atau ada masalah di koplingny??

  • Fahmi n berkata:

    Saya pakai motor biar 250 es..kondisinya juga ngelos sprti ini..dan electric stater juga ngelos..tdk ada dorongan dari piston seperti kita starter seperti biasanya..apakah ini juga penyebab dari kopleng yg mulai aus gan?? Mohon info dan jawabannya..thanks..

  • Miftakhul khoir berkata:

    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *