Kolom Pencarian Menu Utama

Honda vario techno punya beberapa spareparts yang saling subtitusi dengan motor kepunyaan Honda lainnya, dari mulai Throttle Body, injector, Per CVT, Roller, dan lainnya bisa saling tukaran. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menambah akselerasi, dari skutik ini gan, diantaranya dengan menukar per CVT bawaan memakai per CVT dari Honda PCX 150, per yang dipunyai PCX lebih keras dan lebih panjang dibandingkan dengan kepunyaan Vario, agan bisa lihat perbandingannya pada gambar di bawah ini :

PER CVT PCX 150 VS Vario Techno 125

Pemakaian Per CVT PCX ini sangat PNP alias Plug And Play, tidak ada ubahan yang harus agan lakukan, dengan penggantian ini agan bisa mendapatkan akselerasi yang mantap di putaran bawah buat stop and go, jadi enak di bawa macet gan dan di trek lurus pun masih bisa kenceng, walaupun mungkin top speed nya agak berkurang sedikit.

Sebenarnya bukan hanya pergantian per CVT saja yang saya lakukan, roller bawaannya pun saya ganti dengan saudaranya yang bervolume silinder 150cc ( vario 150 led). Awalnya sih ini pendapat dari teman yang sama-sama menggunakan vario techno 125. Ia juga menyarankan untuk memasang keduanya, yasudah saya beli kedua part ini.

— advertisement —

Perbedaan dari kedua roller vario yang berbeda generasi ini ada pada berat nya, yang 125 itu 18 g sedangkan yang 150 LED hanya 15,5 g tiap rollernya, makanya roller yang ringan lebih mudah untuk bergerak sehingga akselerasi jadi bertambah.

Hal ini memang benar adanya setelah saya menggunakan kedua part ini, hasilnya
1. Akselerasi bertambah
2. Enak buat betot gas
3. Mencapai top speed lebih cepat
4. Lebih irit BBM karena torsi meningkat

Sekian review singkat penggunaan per cvt pcx 150 dengan roller honda vario 150 yang digunakan di vario techno 125. Maaf tidak menyertakan proses pembongkaran, soalnya pasang di bengkel males foto-fotonya takut dibilang alay 😀 .

— advertisement —

38 Komentar

  • vander berkata:

    total habisnya berapa gan?

  • Deriin berkata:

    Saya coba dulu bos

  • Ghoblay berkata:

    Top speed melorot abis ya gan,90 km/h gak yakin nyampe

  • Irfan berkata:

    Coba pake di Vario 125 fi, review saya mesin cuman teriak meraung-raung jalan ditempat (rpm naik cepat tapi tidak seiring kecepatan laju motor), suara mesin lebih ramai, bensinnya lebih boros. akhirnya saya ganti lagi semua partnya sama bawaan motor aslinya lebih nyaman dikendarai

  • kettut berkata:

    Motor ku vario 125 led ,kalau melaju 0 sampi 60 km enteng bngt,tapi kalau kcpatn 60 km ke atas kog berat banget ,putar gas banyak seakan kcpatanya cm nmbh dukit ,mesin kyak gerung2 gtu,,,yg perlu di ganti apa nya ya ,,mohon saranya temen2,

    • Alif Naufal berkata:

      Kontra ganti per CVT punya PCX 150 di Vario 125 LED (2019) itu akselerasi awal berasa smooth dan ngangkat tapi pada tarikan menengah dan keatas, motornya emang berasa nahan dan ngos-ngosan.
      Coba ganti roller weight Vario 150 seperti yang disebutkan diatas.

      Roller lebih berat = Top speed lebih tinggi. Tarikan dan nafas lebih lama saat awalan tapi top speednya nambah. Ngorbanin akselerasi awal demi top speed.
      Roller lebih ringan = Akselerasi lebih responsif dan ngangkat. Tarikan awal berasa bertenaga tapi mesin gampang ngeraung. Ngorbanin top speed demi akselerasi.

      Boleh dicoba mas/mba make CVT PCX 150 sama roller berat. Pengalaman saya motor Vario 125nya jadi lebih seimbang antara akselerasi dan top speed walaupun top speed disini berkurang tidak sekencang bawaannya yang bisa nembus 110km/h.

      • Bagus biyane berkata:

        Berarti pakai per cvt pcx 150 dan roller tetap 18gram begitu kah.?? Atau roller pakai 15 gram.?

        Makasih.

    • Hendra berkata:

      Itu mah van belt nya udah harus ganti…sekalian cek pulley…

    • jebot berkata:

      cek tekanan pompanya

    • Sjue berkata:

      …ganti jadi vario 150 , pasti kenceng

  • raditya berkata:

    klo sama vario 150 lebih panjang mana om per cvt nya dibanding pcx?punya saya vario 125 yg baru (2018-2019) udah oprekan cvt tinggal per nya yg belum.

    btw jgn lupa mampir ke jibosite.wordpress.com

  • Tanpa nama berkata:

    Buat vario 125, coba pake per pcx 150 lokal ya, jgn pcx 125 itu lebih panjang bikin nafas ngeraung aja belari kagak. Mending pake pcx yg 150

  • Sam berkata:

    Roller ringan=rpm bawah enak loyo di tpospeed
    Roller berat=rpm bawah agk loyo topspeed meningkat

  • Donny berkata:

    Punya saya Vario 150 led 2019. Mau upgrade di per CVT, V belt dan Roller. Saya mohon saran terbaik nya

  • Dimas berkata:

    dibuat kayak ounya saya mas.. pake per cvt 1500rpm merk KTC racing mas. roller di ganti 9g merk KTC racing.. enak bnget rasanya

  • Jawir berkata:

    woy bro dah pada nyobain ga pasang bearing seater wat di Pulley Belakang CVT??
    Effeknya gmana c?? tarikan lebih enak lagi atau sama aja walau dah di upgrade Roller n Per CVT nya??

  • Ale berkata:

    Review dr saya
    Pakai per cvt pcx lokal 150
    Kampas ganda nmax
    Roller vario 150

    + mesin halus, geter ilang
    + akselerasi mantap

    – top speed berkurang jauh

    Ksimpulan; trgntung selera aja sih, bagi sy udah cukup walaupun topspeed hanya sampai 90km/jam

  • ucil berkata:

    klo saya vario 125 led 2018, per cvt pcx thailand/150, kampas ganda nmax, per sentrifugal 1500rpm, roller 10 gram kawahara, awalan smooth tarikan ada sentakan nya juga, top speed nympe 110 .

    • nandi berkata:

      Habis brapa mas vro

      • Agus purnomo berkata:

        Kalau punyaku new vario 125.hanya abgret pada puli depan saja,saya ganti punyaknya pcx 150.loler masih standat vario125.tarikan bawah sampai atas enak trasa imbang tanpa ada raungan mesin.terasa sangat lamsam.posisi motor di gantung standar tengah topspit bisah 143 rpm.hanya itu sih untuk pengalam abgret.

  • Rendra.Nata.S berkata:

    Izin berbagai tips.
    Pulley standard rumah roller di keruk, derajat tidak udah di bubut (tanpa di bubut v belt bisa Sampai puncak puli yang penting jalur roller sudah di keruk.
    Roller 13 gr
    Per cvt pakai punya all new vario 125 esp tambah bearing seater tambah ganjal ring 3 mm ( per cvt all new vario 125 sifat nya kenyal sehingga per di tambah bearing seater dan ring setebal 3 mm masih lebih lembut di banding pakai per cvt vario 150 atau pcx, alhasil top speed masih dapat tidak tertahan.
    Kampas ganda pakai punya n max untuk mengurangi slip pada mangkok ganda
    Selamat mencoba

  • Santo berkata:

    Dulor
    Tanya
    Beat fi sudah ganti kampas ganda nmax, selalu gredek di tarik an awal
    Mohon solusi nya

  • hrs berkata:

    ganti per kampas gandanya milik beat karbu, stlh itu renggangkan 1 renggangan tiap per nya

  • Ilham Ramadoni berkata:

    Mtr saya 125 old sehabis saya ganti per cvt pcx thailand +roler 12 grm alhamdulillah top speed bertambah dan pas start agak berat,sekali lepas kenceng bgt hehe dan itu juga udh main mesin 54 harian+ maen kirian nya jangan lupa,insyallah mtr nya ngacirrr cirrr hahaha

  • Jakka Lelana98 berkata:

    Motor saya dulu hampir naik 120 tpi setelah boring di gedein (di korter) kok malah turun yh malah mentok 100 gak bisa lebih. Kira² klo di pasang itu bisa naik lg gk yh. Saran dong bang

  • dappp berkata:

    Mau nanya jon, ada yg udah pernah coba roller 11gram cld sama per cvt 1500rpm ktc di motor vario 125 led belom? kalau udah mau tau dong rasanya gimana, terima gaji.

    • Adi berkata:

      Saya pernah coba di vario 125 techno pakai roller 15gr varled,per cvt 1500rpm,stop go enak ngisi terus sampai limit di top speed 110kmh
      Kondisi ukuran ban depan sama belakang standar

  • mas hari berkata:

    lexi saya pakai per cvt vario 150 malahan roller 12 gr enak buat tarikan awal sampai top speed ngisi gak nge gerung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *