Tips, Tips Motor by Admin

Fungsi Kopling dan Ciri Kampas Kopling Harus Diganti

–advertisement–

Salah satu komponen yang memindahkan tenaga dari pembakaran di dalam mesin adalah melalui kopling. Kopling berfungsi untuk melanjutkan putaran poros engkol yang bergerak karena proses pembakaran ke transmisi, dan juga bertugas untuk melepaskan hubungan dari engkol ke transmisi ketika kita memindahkan gigi melalui handle kopling.

kampas kopling

Kopling yang ada pada sepeda motor pada umumnya berkaratker gesek (friction clutch) berbentuk piringan atau biasa disebut plat kopling (disk clutch).

Fungsi Kopling

Jadi kopling ini bisa disebut sebagai penengah, masih ada fungsi lain dari kopling ini agar agan tidak sembarangan mengganti berbagai komponen seperti kampas kopling ataupun per kopling. Secara mendasar berikut ini adalah fungsi kopling motor :

–advertisement–
  1. Menghubungkan engkol mesin dengan transmisi/gear sehingga tenaga putaran mesin dapat diteruskan ke transmisi sampai dengan ke rantai dan roda sehingga motor melaju dengan kecepatan yang di inginkan.
  2. Ketika pengendara melakukan pengoperan gigi, kopling ini bertugas melepaskan hubungan mesin dengan transmisi.
  3. Menghubungkan kembali mesin dengan transmisi secara perlahan-lahan sehingga sepeda motor dapat berjalan dengan perlahan-lahan.
  4. Mengatur tenaga yang dihasilkan dari mesin ke transimisi, selanjutnya transmisi mengubah kecepatan mesin sesuai dengan keinginan pengendara motor.

Ciri Kampas Kopling Aus/Sudah Habis

Hilang Tenaga
Agan sebagai pengguna motor bisa merasakan perbedaannya dari segi tenaga dan akselerasi, karena kopling ini berfungsi mentransfer tenaga, jika kampasnya aus pasti tenaga dari engkol mesin tidak tersampaikan dengan baik. Akeselarasi yang berkurang dampaknya bisa pada pencapaian top speed membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya.

Kick Starter Ngeplos
Ketika mencoba menghidupkan mesin dengan kick starter, kalau akmpas koplingnya sudah habis biasanya akan terasa ngeplos saat di engkol.

Slip Kopling atau Gagal pindah gigi
Kampas kopling yang habis bisa menimbulkan gear taransmisi  tidak bisa bekerja dengan baik. Efeknya perpindahan gigi jadi meleset, dan angka gigi tidak berubah.

Meraung ketika naik tanjakan
Ketika naik tanjakan terasa ada bunyi yang tidak normal seperti gas kosong yang meraung

Penyebab Kampas Kopling Cepat Aus

Kopling ini merupakan komponen fast moving yang punya masa pakai,tetapi bisa lebih cepat habis karena beberapa faktor, yang diantaranya adalah tidak rutin mengganti oli mesin, kampas kopling ini sama dengan gera transmisi harus selalu terendam dengan oli.

Aus nya kampas kopling katanya sih tidak akan menimbulkan kerusakan pada komponen lain, hanya saja tenaga motor kesayangan agan bakalan berkurang. Jadi daripada agan emosi gak bisa ngejar cewek cantik mending ganti saja kampas koplingnya 😀 .

 

 

 

–advertisement–

pencarian :
fungsi kampas kopling, akibat kampas kopling habis motor mati, Apa Pungsi Kampas Kopling?, cara ngebedain kampas kopling yg sudah aus, ciri ciri kampas ganda habis sepeda motor, ciri kampas kopling aus, ciri kampas kopling hatus di ganti, Ciri kopling motor, ciri kopling motor tidak berfungsi, fungsi dari kampas kopling
Related with “

Fungsi Kopling dan Ciri Kampas Kopling Harus Diganti

8 Cara menambah kecepatan yamaha new vixion

Yamaha new vixion menjadi raja motor sport dengan penjualan tertinggi di kelasnya, motor ini juga terbilang paling irit dikelasnya, namun…

Cara Memaksimalkan Aliran Listrik Ke Busi dengan 9 Power

Motor yang kita miliki memang sudah disesuaikan segala halnya agar aman dan nyaman untuk dikendarai dalam waktu yang lama. Tetapi…

Bedanya Pertalite, Pertamax, Sama Premium (Bensin)

Mumpung lagi hangat-hangatnya berita mengenai Pertalite, saya juga rasanya pengen ikutan ngumpulin informasi mengenai bahan bakar jenis baru yang digadang-gadang…

Mengenal Fungsi, Jenis, dan Arti Kode Busi Motor

Busi (spark plug) adalah sebuah komponen yang mempunyai pernanan penting pada sistem pengapian kendaraan. Berbeda dengan kendaraan yang menggunakan mesin…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *