Tips, Tips Motor by Admin

Fungsi, Ciri, dan Efek Rantai Keteng Motor Sudah Rusak

–advertisement–

Mungkin agan pernah ke bengkel untuk memperbaiki motor yang terasa tidak normal, kemudian si mekanik mengatakan kerusakan terjadi pada rantai keteng/rantai kamrat (timing chain). Apakah agan tahu fungsi sebenarnya dari rantai ini, yang pasti ini bukan rantai yang ada pada roda belakang menuju gear pada mesin.

Rantai Keteng Motor

Fungsi Rantai Keteng
Namun terkadang bagian dari mesin motor ini juga disebut dengan rantai kamprat oleh sebagian orang. Sebagai pengetahuan saja fungsi dari rantai keteng ini adalah untuk menjadi penyalur tenaga dari kruk as ke bagian noken as.

Setelah mendapatkan tenaga dari rantai keteng, Noken as ini nantinya akan menyalurkan kembali untuk melakukan bukat tutup klep. Klep tersebut adalah klep untuk gas masuk dan juga untuk yang keluar ke ruang bakar mesin.

–advertisement–

Bentuk dari rantai keteng ini mirip dengan rantai ada roda pada umunya, perbedaanya ada pada ukurannya yang lebih kecil dengan ulir yang berbeda.

Ciri Rantai Keteng Rusak
Ciri rantai keteng rusak bisa sangat terasa dengan keadaan normal, salah satu ciri rantai keteng rusak adalah timbulnya bunyi seperti “tek.. tek… tek..” ditambah mesin terasa tidak nyaman, Jika rantai keteng rusak bisa berimbas pada proses buka tutup klep yang tidak normal, dan pembakaran pun tidak akan berjalan dengan sempurna.

Cara Mengetahui Rantai Keteng Rusak
Untuk mengetes rantai keteng motor rusak atau tidaknya bisa dilakukan dengan cara memanaskan motor selama 10-15 menit, jika lebih dari 15 menit masih timbul suara “tek.. tek… tek..” tandanya memang ada keruskan pada komponen ini.

Namun jika kita memanaskan motor awalnya ada bunyi seperti itu kemudian lama-kelamaan menghilang berarti hanya karena oli motor saja yang sudah jelek harus dilakukan pergantian oli. Rantai keteng ini memang punya umur pakai, biasanya bisa digunakan selama 3-5 tahun, karena lama kelamaan rantainya bisa aus.

Efek Rantai Keteng Rusak
Ranta keteng yang kendur karena aus memang tidak terlalu terasa ke tenaga, tapi akibat yang ditimbulkan pada part lain ini sangat fatal. Karena ranta keteng yang kendur lama kelamaan akan terlepas dari gear atau jalurnya. Efeknya  part di dalam mesin rusak total, seperti klep jadi bengkok, bushing klep pecah dan piston lecet bahkan parahnya bisa bolong.

Kebiasaan telat mengganti oli, dan pemakaian motor diluar rekomendasi pabrikan seperti mengangkut barang terlalu berat bisa mempercepat aus nya rantai ini. Apabila agan ingin melakukan pergantian rantai, sebaiknya ganti semua komponen rantai agar daya tahannya lebih awet.

–advertisement–

pencarian :
https://www ridergalau com/rantai-keteng-motor/, fungsi rantai keteng, rantai keteng, ciri ciri tensioner motor rusak, kamprat motor, ciri ciri rantai keteng kendor, rantai keteng kendor, fungsi rantai kamprat, efek rantai keteng kendor, Ciri rantai
Related with “

Fungsi, Ciri, dan Efek Rantai Keteng Motor Sudah Rusak

Keluh Kesah Penggunaan Shock Upside Down Variasi, Baguskah Seperti Tampilannya?

Part yang satu ini memang sudah ngetrend dari dulu sih, upside down atau yang biasa kita kenal dengan nama singkatan…

Tips Cari Tahu Kondisi Jalan Yang Macet Dengan Aplikasi Waze

Apa kabar semuanya, dalam kesempatan yang berbahagia ini, setelah hari lebaran beberapa hari yang lalu sempat berbincang-bincang dengan keluarga camer…

Manfaat Fitur Idling Stop System (ISS) atau Start Stop System (SSS), Kelemahannya ?

Saat ini ada banyak model motor yang ada di Indonesia dilengkapi dengan fitur ISS (Idling Stop System) kepunyaan Honda atau…

Cara Terbaru Mengatasi Gredek Pada Honda Vario 125 atau 150

Gredek atau getaran pada CVT sering didapati pada motor Honda Vario 125 & 150 atau juga vario 125 techno, umumnya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *