Kolom Pencarian Menu Utama

Mungkin agan pernah ke bengkel untuk memperbaiki motor yang terasa tidak normal, kemudian si mekanik mengatakan kerusakan terjadi pada rantai keteng motor rusak/rantai kamrat (timing chain). Apakah agan tahu fungsi sebenarnya dari rantai ini, yang pasti ini bukan rantai yang ada pada roda belakang menuju gear pada mesin.

Rantai Keteng Motor

Fungsi Rantai Keteng

Namun terkadang bagian dari mesin motor ini juga disebut dengan rantai kamprat oleh sebagian orang. Sebagai pengetahuan saja fungsi dari rantai keteng ini adalah untuk menjadi penyalur tenaga dari kruk as ke bagian noken as.

Setelah mendapatkan tenaga dari rantai keteng, Noken as ini nantinya akan menyalurkan kembali untuk melakukan bukat tutup klep. Klep tersebut adalah klep untuk gas masuk dan juga untuk yang keluar ke ruang bakar mesin.

— advertisement —

Bentuk dari rantai keteng ini mirip dengan rantai ada roda pada umunya, perbedaanya ada pada ukurannya yang lebih kecil dengan ulir yang berbeda.

Ciri Rantai Keteng Rusak

Ciri rantai keteng rusak bisa sangat terasa dengan keadaan normal, salah satu ciri rantai keteng rusak adalah timbulnya bunyi seperti “tek.. tek… tek..” ditambah mesin terasa tidak nyaman, Jika rantai keteng rusak bisa berimbas pada proses buka tutup klep yang tidak normal, dan pembakaran pun tidak akan berjalan dengan sempurna.

Cara Mengetahui Rantai Keteng Rusak

Untuk mengetes rantai keteng motor rusak atau tidaknya bisa dilakukan dengan cara memanaskan motor selama 10-15 menit, jika lebih dari 15 menit masih timbul suara “tek.. tek… tek..” tandanya memang ada keruskan pada komponen ini.

— advertisement —

Namun jika kita memanaskan motor awalnya ada bunyi seperti itu kemudian lama-kelamaan menghilang. Berarti hanya karena oli motor saja yang sudah jelek harus dilakukan pergantian oli. Rantai keteng ini memang punya umur pakai, biasanya bisa digunakan selama 3-5 tahun, karena lama kelamaan rantainya bisa aus.

Efek Rantai Keteng Rusak

Ranta keteng yang kendur karena aus memang tidak terlalu terasa ke tenaga. Tapi akibat yang ditimbulkan pada part lain ini sangat fatal. Karena ranta keteng yang kendur lama kelamaan akan terlepas dari gear atau jalurnya. Efeknya  part di dalam mesin rusak total, seperti klep jadi bengkok, bushing klep pecah dan piston lecet bahkan parahnya bisa bolong.

Kebiasaan telat mengganti oli dan pemakaian motor diluar rekomendasi pabrikan. Seperti mengangkut barang terlalu berat bisa mempercepat aus nya rantai ini. Apabila agan ingin melakukan pergantian rantai, sebaiknya ganti semua komponen rantai agar daya tahannya lebih awet.

— advertisement —

35 Komentar

  • M Rifqi n berkata:

    Gan saya punya motor supra x 125 kalo gas tinggi terus di turunin suka buyi tetek trek itu apa ya yang kebaya?

  • Djones berkata:

    Bang saya mau tanya ni ni cb sy awalnya bunyinya kletek kletek di bagian samping kiri dan bagian tengah mesin besar, pas bongkar yg rusaknya itu bantalan rantai kambrant n lakher bandul trus ta ganti yg baru sama kolterblok lagi cuman pas pasang kembali kok suara mesinya tetap yng sama padahal uda tak cuba stel klep sama rantai kambrantnya berkali kali cuman tetap sama

  • daffa berkata:

    Gan sya punya motor mio 2009.knpa y motor sya klo d gas smpe full..tpi kcepatan nya lambat..trus suka brebet jga..pdahal udh d servis krbu..gmna solusinya y gan..dan kira2 apa yg prlu d ganti..mohon pncerahan nya gan..trimaksih..

    • benget samosir berkata:

      jarum nya gan,.. coba ganti yang ori

      • Sandi Nugroho berkata:

        Gan,sepeda motor saya Honda Blade 125 fi, pd bagian mesin bak kiri terdengar suara berisik dan kalo di gas suara motor bergerung/ mengaung suaranya tdk nyaman kira Apa kerusakan yg terjadi ?

        • yudi berkata:

          Gan saya punya motor satria Fu pas Langsam gk bunyi tpi pas di tarik gasnya antara 10 cc itu ada bunyi kretek kretek nya

  • Riyan berkata:

    Gan mau nanya motor saya jupiter z 2011 kalo stasioner bunyi tek tek tapi kalo rpm tinggi dibawa jalan suara ilang dan normal.. itu biasanya apanya ga

  • Adi berkata:

    Gan saya punya motor verza kalo panas bunyinya ngelitik parah, apakah itu gejala keteng minta ganti? Biasanya setelah setengah jam dipake

  • Khairil Muharam berkata:

    Mas Saya punya Honda tiger, Bunyi temengnya dan udah diganti, Baru² diganti tidak berbunyi, udah Kuranglebih 1Minggu bunyi lagi kira² apa yang rusak yamas, apaperlu diganti otomatnya.???

  • Santo berkata:

    Mas honda saya megapro kalau tenaga kurang terus kalau digas full dlm keadaan jalan macam nyendat 2 tp kl gak full gasnya biasa aja

  • Fiki berkata:

    Ass..
    Mas sya punya supra 125 klo lg langsam bunyi tek tek, trus aga brisik sdikit mesinnya

  • Fiki berkata:

    Ass..
    Mas sya punya supra 125 klo posisi lg langsam bunyi tek tek bunyi klep bkn, trus aga brisik sdikit mesinnya

  • Nur kholis berkata:

    Bang motor ane vega r New, nah kalo mesin udah agak panas ada suara kresk kresk kresk kresk dari bagian mesin kira kira apanya, apa rantai keteng nya?

  • Xx berkata:

    Apakah jika rantai keteng /rantai klep in rusak bisa juga menimbulkan asap yg ngebul pada motor?
    Mohon jawabanya

  • nur muhamad berkata:

    Gan jupiter mx new 135 bunyi tek tek setelah dipanaskan

  • Arif berkata:

    Seal klep dan ring piston itu yg nimbulin asap ngebul,itu bisa di lihat dari oli yg sering berkurang dan asap nya putih.tapi kalau asapnya hitam brrti setelan gas pd karbu terlalu banyak/kaya

  • Yandi berkata:

    Saya punya motor satria fu suara mesin nya ngempos terus ngelitik tarikan mesin nya terasa berat kira” apanya mas tolong dong cari solusi nya

  • dedi junaedi arif berkata:

    Bang saya mau tanya, motor saya s kebo suka ada bunyi tektektek di samping kiri saat gas di tarik full, itu apa ya gan?? Apa bisa di tangani atau harus di ganti komponen” nyah, mhon solusinya

  • Afi berkata:

    Motor gue sonic 150r, kenapa tiap pertengahan gas berbunyi klotok-klotok terur kalo rpm sudah tinggi baru ilang suaranya

  • Endi berkata:

    Gan, motor saya new megapro 2010, saat berhenti sering mati, terus didalam mesin ad bunyi seperti ada tumbukan (bunyi bebturan)..

  • Arasy berkata:

    min ganti kamprat beat berapa ya

  • Eben berkata:

    Seandainya tensioner sudah rusak apakah motor masih bisa hidup atau tidak? Mohon infonya

  • David berkata:

    Gan saya mau tanya ini, kemaren saya sudah ganti rantai klep sepeda motor saya satria Fu.trus sesudah di ganti tidak hidup sama sekali tukang bengkel nya Blang rantai keteng ny harus di ganti juga, penyebab satria Fu TDK hdup apa gan!! Terima kasih.

  • Muhammad depi berkata:

    Gan motor saya jika mesin dingin halus suaranya jika sudah panas mesinnya kasar apa nya yang rusak tu gan

  • amat berkata:

    Misi om…klu mesin sepeda motor saat di gas berbunyi mengelotok apa ada yg mesti di perbaiki…

  • Rosad berkata:

    Siang bos saya mu tanya kenapa rante keteng sampey putus ,mulanya pake hed rubahan seher 150 pengaruhnya putus rante mohon imponya

  • Subair berkata:

    Mas mw nanya , motor saya jupiter z1 abis ganti rantai keteng begitu selesai masang semua saya coba star kok malah gak bisa nyala mas

  • Riswan yudi berkata:

    Maaf bang mau nanya
    Saya punya motor cb150r kenapa ya saat motor berjalan tiba2 lose seperti menarik kopling ???

  • Doni petra berkata:

    Bg sy punya mtr tiger bunyi mesin nya tek..tek..tek,suara nya sangat kua, tp dia tidak mengeluarkan asap ataupun makan oli, tp setelah sy paksa pakek eh mtr nya jd tiba2 mati dn los gitu saat kik starter ataupun d enkol tdk mau nyala , jd apa ya maslah nya.?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *