Kolom Pencarian Menu Utama

Kerap kali kita melihat motor yang mengeluarkan asap dari knalpotnya, warnanya hitam pekat dan sangat mengganggu pengendara lain dibelakang kita, knalpot motor mengeluarkan asap juga bisa menambah tingkat polusi udara. Apa yah Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap ?

Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap

Motor yang sudah berusia lebih dari 5 tahun biasanya suka mengeluarkan asap, karena berbagai permasalahan. Namun untuk motor yang terbilang baru pun tidak menutup kemungkinan mendapat masalah yang sama, bisa karena kesalahan perakitan di pabrik atau juga kesalahan pengguna motor.

Berbeda dengan motor 4 tax untuk motor 2tax memang menggunakan oli samping untuk proses pembakaran di dalam mesin. Jika knalpot mengeluarkan asap berwarna putih dari knalpot, motor 2tax tersebut bisa dikatakan normal. Karena oli samping dan bahan bakar tercampur dengan baik.

— advertisement —

Sedangkan motor 4 tax yang tidak menggunakan oli samping jika ada asap yang keluar, patut kita curigai. Karena bisa jadi merupakan pertanda kondisi mesin sedang tidak baik karena pembakaran yang kurang sempurna.

Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Hitam Pekat

Jika hal ini terjadi pada motor agan, biasanya disebabkan beberapa hal ini :

  • Bahan bakar yang tidak terbakar
    untuk mengatasi hal ini cukup dengan melakukan pengaturan ulang CO atau campuran antara bahan bakar dengan udara baik itu yang menggunakan karburator atau Injector(FI). Untuk yang karburator cukup menyetel baud air ratio saja, sedangkan yang injeksi bisa menggunakan alat FI diagnostic.
  • Filter udara sudah kotor
    sehingga ada penyumbatan udara dan tidak bisa menyaring udara bersih, akibatknya udara masuk kurang. Solusinya ganti filter udara.
  • Busi sudah jelek
    yang menyebabkan ada pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar, solusi diganti busi.

Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Putih Pekat

Knalpot motor mengeluarkan asap putih bisa disebabkan karena oli mesin yang ikut terbakar di ruang bakar. Ada 4 alasan yang memungkinkan hal ini terjadi yaitu :

— advertisement —
  • Ring piston aus
    Piston yang aus bisa menyebabkan cengkraman ring oli berkurang. Dimana oli yang ada pada dinding silinder tidak tersapu dengan bersih, sehingga ada oli mesin yang bocor ke ruang bakar.
  • Klep keras dan sobek
    Klep yang sudah keras dan sobek bisa membuat batang klep jadi longgar. Makanya oli bisa masuk ke ruang bakar dan menimbulkan asap pekat dari knalpot.
  • piston baret, piston yang baret juga bisa menimbulkan asap karena kebocoran oli yang ikut terbakar.
  • Packing Mesin bocor
    Walaupun kemungkinannya kecil, packing oli yang bocor juga bisa menimbulkan masalah yang sama. Namun hal ini bisa saja terjadi dan perlu agan periksa.

Bawalah motor yang agan keluhkan ke bengkel, karena komponen-komponen yang mengalami kerusakan diatasa memerlukan tidankan khusus untuk membongkarnya. Jika keadaan motor yang terus menerus mengeluarkan asap pekat dibiarkan begitu saja, kemungkinan besar masalah bisa merembet ke komponen lain yang ikut rusak. Semoga bermanfaat yah gan.

Satu Komentar

  • Pandawa Ilham berkata:

    ini mah salah satunya gegara jangan diservis sama jarang ganti oli wkwkwk. ane pernah ngerasain, dan pas dicek malah federal oil yang di mesin kering wkwkwkw. makanya ane tiap ganti federal oil tiap sebulan sekali min

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *