Kolom Pencarian Menu Utama

Dengan majunya teknologi yang ada motor saat ini, membuat kendaraan ini mempunyai sistem rem yang canggih. Ialah sistem rem ABS atau Anti-lock Braking System yang bisa meminim,alkan terjadinya roda motor terkunci ketika melakukan pengereman yang keras dalam kecepatan yang tinggi.

Penyebab Rem ABS Motor Rusa

Sistem ABS ini sama saja dengan komponen motor lainnya yang bisa mengalami kerusakan, baik itu karena sudah melewati masa layak pakai, atau rusak lebih cepat karena beberapa penyebab lainnya. Sistem rem ini bisa saja kinerjanya berkurang ketika salah satu komponenya ada yang rusak.

— advertisement —

Perbedaan harga dari motor biasa dengan yang mempunyai fitur rem ABS ini cukup berbeda jauh, mulai dari 4jutaan sampai 10 jutaan. Dengan kata lain fitur ini memang cukup premium, dan penting sekali untuk anda perhatikan komponen-komponennya agar tidak mengalami kerusakan.

Penyebab Rem ABS Rusak atau tidak berfungsi dengan baik

  1. rotor pada speed sensor bengkok atau kotor
  2. Rem ABS tidak normal bisa juga dikarenakan kurangnya minyak rem,. menyebabkan rem masuk angin dan unit ABS hydraulic bermasalah
  3. Fungsi saluran/pipa minyak rem terhambat dan mengalami kebocoran
  4. Abs hydraulic unitnya bermasalah, sehingga kinerjanya tidak normal

Jika kampas rem sudah tipis apakah berpengaruh terhadap kinerja rem ABS? hal ini ternyata tidak menjadi penyebab sistem rem ini rusak, dampaknya normal-normal saja, jika kampas rem sudah tipis yang kena imbasnya adalah piringan cakram yang akan terkikis alias aus.

— advertisement —

Ciri-ciri Rem ABS Motor Rusak atau bermasalah

Untuk membedakan atau mendeteksi kerusakan pada rem ABS, agan hanya perlu memperhatikan lampu indikator ABS yang ada pada spedometer. Jika lampu indikator ABS berkedip ketika mesin dalam keadaan hidup, berarti ada yang bermasalah dengan rem abs agan.
Untuk cara lainnya agan juga bisa mendeteksi kerusakan melaui tuas rem. Jika  di tekan, akan terasa ada sedikit pantulan balik sebagai tanda bahwa ABS pada motor bekerja dengan baik. Jika tidak ada pantulan ini, dan lampu indikator menyala, maka rem ABS motor kesayangan agan perlu diperiksa.