Kolom Pencarian Menu Utama

Merawat dan menjaga kebersihan motor menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan agar kondisinya tetap baik dan prima. Seperti yang diketahui, dalam sebuah motor tersusun beberapa komponen yang mana memiliki fungsinya masing-masing. Salah satu komponen yang dianggap penting dalam sepeda motor adalah rantai yang mana harus diperhatikan kondisinya agar tetap aman saat berkendara.  

Cara Cuci Rantai Motor Agar Bersih

Perlu diketahui, dari beberapa kasus kecelakaan yang terjadi disebabkan karena rantai motor yang rusak atau kendur. Nah, untuk menghindari hal tersebut, maka perlu dilakukan perawatan agar kondisi rantai tetap prima dan awet. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencucinya secara rutin. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

Cara Mencuci Rantai Motor dengan Benar

Bersihkan Rantai Setelah Dipakai

Tahukah Anda salah satu waktu yang paling tepat untuk membersihkan rantai motor yaitu ketika kondisinya masih hangat. Hangat yang dimaksud di sini yaitu ketika atau sesaat setelah motor digunakan. Biasanya dalam kondisi tersebut, rantai motor cenderung lebih siap dan mudah untuk dibersihkan. Perlu diingat saat membersihkannya, usahakan untuk memposisikan motor dalam kondisi tegak.

— advertisement —

Baca Juga :

Nah, Anda bisa menggunakan standar motor tengah saat membersihkan rantai agar lebih mudah dan nyaman. Jika memang memungkinkan, Anda juga bisa memposisikan motor bagian belakang lebih tinggi agar proses pembersihan bisa dilakukan secara maksimal.

Gunakan Spray Khusus

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan bagian rantai dengan menggunakan spray khusus untuk motor. Tujuannya adalah untuk membuat rantai sepeda motor Anda lebih mudah untuk dibersihkan dari noda hitam yang cukup membandel. Nah, perlu diketahui agar nantinya tidak mengotori lantai Anda, maka sebaiknya untuk menggunakan kertas karton di bagian bawah rantai.

— advertisement —

Lakukan penyemprotan secara perlahan agar noda-noda yang membandel bisa hilang. Dengan menggunakan spray khusus untuk rantai tentu saja hasilnya bisa bersih secara sempurna.

Gunakan Sikat Gigi Bekas

Selanjutnya setelah dilakukan penyemprotan dengan menggunakan spray khusus rantai maka selanjutnya adalah membersihkan dengan sikat gigi bekas. Mengapa harus menggunakan sikat gigi bekas? Tujuannya adalah untuk menghilangkan noda-noda yang membandel sehingga rantai bisa bersih secara menyeluruh. Usahakan jangan sampai meninggalkan satu bagian karena bisa merusak rantai.

Namun, jika Anda memang memiliki bujet yang lebih disarankan untuk membeli sikat khusus untuk rantai. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir terjadi kerusakan dalam proses pembersihan.

Membasuh Rantai dengan Air

Jika dirasa proses penyikatan sudah cukup, maka selanjutnya membersihkan rantai dengan menggunakan air. Untuk membasuh air ke rantai ini sangatlah mudah, Anda hanya menyemprotnya langsung ke bagian permukaan rantai. Agar lebih mudah, Anda bisa langsung mengalirkan air dengan menggunakan selang ke permukaan lantai. Semakin dekat semakin baik agar tidak ada kotoran yang tertinggal. 

— advertisement —

Jika proses pembersihan rantai sudah selesai, maka sebaiknya tunggu hingga benar-benar kering. Jika sudah, maka selanjutnya Anda bisa langsung menyemprotkan pelumas ke bagian permukaan rantai. Pastikan untuk menyemprotkan pelumas secara merata ya!

Tips Merawat Rantai Motor Agar Tetap Awet

Bersihkan Secara Rutin

Agar rantai kendaraan Anda tetap awet dan tahan lama, tips pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkannya secara rutin. Seperti yang diketahui, sekarang ini kondisi cuaca sangat tidak jelas, kadang hujan dan seketika berubah panas. Dengan kondisi tersebut tentu saja akan membuat rantai kendaraan menjadi kotor karena terkena kotoran dan debu.

Karena kondisi tersebut, disarankan untuk membersihkan rantai dengan pembersih khusus untuk rantai. Agar proses pembersihan dapat berjalan optimal, maka sebaiknya menggunakan sikat khusus rantai.

Gunakan Pelumas Rantai

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting adalah melakukan perawatan rantai dengan cara menggunakan pelumas rantai. Dalam perawatannya, usahakan untuk bersamaan dengan waktu melakukan pergantian oli agar membiasakan perawatan secara berkala.

Fungsi dari pelumas rantai sendiri adalah untuk melumasi rantai motor Anda sampai ke celah-celah mata rantai. Sehingga akan nyaman saat digunakan saat berkendara dengan kecepatan berapa pun.

Jangan Pakai Oli Bekas

Perlu diketahui, untuk menjaga oli agar tetap awet dan tahan lama maka sebaiknya untuk menghindari pemakaian oli bekas pada rantai. Mengapa demikian? Tahukah Anda bahwa memakai oli bekas untuk rantai motor justru mengundang kotoran-kotoran yang menempel pada rantai. Sehingga hal tersebut membuat awet mudah kotor dan kendur.

Nah, akan lebih baik jika Anda mengeluarkan bujet yang lumayan besar untuk membeli chain lube dibandingkan harus menggontai-ganti rantai motor. Tentu saja hal tersebut akan membuat pengeluaran semakin membengkak. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada kendaraan Anda, bukan?

Lakukan Penyetelan Secara Rutin

Satu lagi cara yang perlu diterapkan agar rantai kendaraan Anda tetap awet yaitu dengan melakukan penyetelan secara rutin. Melakukan pengecekan secara rutin akan membuat Anda mengetahui bagaimana kondisi sebenarnya rantai motor Anda. Jika memang kondisi rantai sudah tidak layak pakai maka segera lakukan pergantian demi kenyamanan saat berkendara.

Dengan melakukan pemeriksaan dan penyetelan secara rutin tentu saja akan dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Jadi, pastikan jangan sampai malas melakukan hal yang satu ini ya!

Nah, setelah mengetahui beberapa cara mencuci rantai motor beserta perawatannya, maka pastikan untuk mempraktikkan di rumah. Dengan menerapkan beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, tentu akan membuat umur rantai kendaraan motor Anda lebih tahan lama.

— advertisement —

Demikian sedikit ulasan tentang bagaimana cara mencuci rantai motor dengan benar dan bersih. Semoga informasi di atas membantu Anda merawat kendaraan dengan benar dan tepat. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *