Kolom Pencarian Menu Utama

Sistem kelistrikan yang ada pada motor ini biasa kita kenal dengan nama Kiprok, tapi sistem ini di dunia otomotif dikenal juga dengan nama Regulator Rectifier atau Silicon Controlled. Kiprok ini punya peranan penting untuk menyearahkan arus bolak balik AC (Alternating Currentt) yang dihasilkan antara magnet dengan sepul menjadi DC (Direct Current).

Tips gampang mengetahui kondisi Kiprok rusak atau tidak

Tidak hanya itu saja, kiprok ini masih mempunyai manfaat yang tidak kalah lainnya. Yakni untuk mengatur kestabilan aliran alur listrik yang nantinya diantar ke pengapian bersesuaian dengan putaran mesin. Bila kiprok rusak, maka pengisian listrik aki dapat melemah dan lampu motor pastinya meredup.

Cara mengetahui kiprok rusak

Untuk cara mengetahui kiprok rusak atau tidak, langkahnya sangatlah gampang. Pertama nyalakan mesin motor dan diamkan tetap menyala tanpa di gas selama beberapa saat. Kemudian sentuh kiprok dengan tangan, bila terasa hangat serta perlahan-lahan memanas artinya kiprok dalam keadaan normal.

— advertisement —

Demikian sebaliknya, bila mesin telah menyala selama berapa menit serta kiprok tetap masih saja dingin artinya kiprok motor sudah tak berfungsi lagi. Tetapi, sebelum ganti kiprok, check dahulu keadaan kabel serta soket yang menghubungkan sepul, kiprok serta aki. Pastikan seluruhnya dalam keadaan terpasang dengan benar.

Periksa tegangan pakai multitester,  letakan kabel merah multitester di kabel merah positif dan kabel yang hitam pada kabel negatif, nyalakan mesin motor sambil gas perlahan mencapai 3.000 rpm, lihat angka di multitester, jika melebihi 14 volt tandanya rusak.

Apabila tegangan berada di bawah angka 12 volt, tandanya juga rusak, karena tidak bisa mengisi aki dengan baik, idealnya berada di angka 13,5 volt.

— advertisement —

Ciri dan Gejala yang terjadi jika kiprok rusak

Ciri kiprok rusak bisa juga dilihat dari lampu utama yang redup, bahkan juga bisa kelewat terang dan putus. Hal ini dikarenakan aliran arus listrik dari spul tidak terproses oleh kiprok yang tidak berfungsi dengan benar.

Yang kedua, gejala yang terjadi adalah tidak mengisinya listrik pada aki. Walaupun sudah diganti dengan aki baru, dalam tenggang waktu satu bulan saja sudah tekor listrik lagi.


— advertisement —

41 Komentar

  • Deviz berkata:

    Saya puya vixion old,motor saya gerebedt tau apa penyebabnya di pegang kiproknya hangat tp mkin lama makin panas di nyalain sen atw lampu mlh mati starter jga ga kuat barang x itu pnyebabnya apa ya boz pa hrus ganti aki pa kiprok

    • Bayu berkata:

      Dah ketemu penyebabnya blum gan .motor saya juga gitu binggung mau ganti kiprok apa sepulnya

    • Prastyo berkata:

      Coba sekringnya bos,rumah sekring mungkin

    • Rams akbar berkata:

      Check dulu Rumah Sekring putus atau tidak, klo kiprok hangat & memanas secara perlahan tanpa di Gas. Brarti Kiprok masih Normal & bagus.
      Klo di sekring tdk terputus tapi masih Brebet, berarti Aki kamu Lemah alias Drop harus di Charge ulang / Beli Baru.
      Lebih baik sih klo aki kering dri pda beli mending di Tambah air aki nya aja sama sendiri, lebih awet & gaperlu beli Baru. Selama aki masih berfungsi

  • Vivi berkata:

    Kalau buat vixion yg lama , kalau di bawa jalan , kiproknya panas berlebihan itu kenapa ya kak , apa penyebabnya?

  • Carlo berkata:

    Aku punya motor cb ni mas.
    Akinya gampang tekor.
    Meski aki baru, karena nggak ngisi.
    Aku bingung yg rusak kiprok atau spulnya.
    Gimana cara tahu kerusakannya ya?

  • Nurzaan berkata:

    kalau kiprok nya panas setelah digunakan dan panasnya merembet ke ECU Apa normal, Ecu menjadi hangat ketika kiprok panas

  • Wawan berkata:

    Vixion lama sya panasnya berlebihan nanti pas di jalan gas tinggi/jalan agak jauh mati sendiri tanpa ada tanda peringatan, kira2 apa yg rusak dan harus diganti?

  • Cabdra berkata:

    Pengalaman q di soket gan ga perlu ganti keduanya

  • Candra berkata:

    Pengalaman q ga perlu ganti keduanya gan cukup bersihkan di bagian soketnya aja

  • rido berkata:

    Sama motor saya juga permasalahannya seperti itu terus malah udah ganti kepok 3 kali

  • Wahyu berkata:

    Gan motor vixion saya saat nyala kan lampu kadang mau mati terus kiprok nya dingin tetap terus kadang killomater nya main” gitu

  • Frans berkata:

    Kiprok ada umurnya karena elektronik, kalau udah diatas 3thn apalagi 5thn apalagi klo ampe hangus kabel2nya itu kiprok udah jebol, siap2 ganti kiprok, spul jg mesti dicek ditukang dinamo udah mulai kebakar belum, semoga membantu..

  • Frans berkata:

    Tambahan cek di socket2 nya juga, beli contact cleaner di toko, minta bersihin socket2nya pakai contact cleaner di bengkel.. semoga membantu..

  • Oki berkata:

    Motor vixion old saya kalau buat jalan jauh suka mati sendiri di cek kiprok nya panas itu penyebab nya apa ya gan tolong di bantu

  • Harefa berkata:

    Motor vixen saya juga mati boz, akinya saya cas lagi tapi 4 hari berikutnya motor mati lagi, dan kiproknya mudah panas, kira2 apa penyebabnya gan

  • Sepriko berkata:

    Gan motor saya siap basuh/cuci sering putus sekring nya gan dah pusing saya buat nya apa yg knai kdang bisa kdang baru di tusuk skring nya langsung putus apa penyebab nya gan?

  • Syem berkata:

    Mohon keterangan nya bos… Kmaren spda aku hampir ke bakar truz tak chek ternyata ada kabel yg kongslet nembel ke besi ragang spda.. Smpek rumah sikring nya hagus bos.. Tpi skr udh tak ganti tpi lampu” spda koq off smua knpa ya.. Apah mungkin kiprok nya. Soal nya tak chek klau di pakek 400 meter gtu udah panas bnget.. Mohon pencerahan nya

  • Omi berkata:

    Kalau mtor saya knpa gk bisa di stater ya pdhal aki baru di cas mhon solusi nya

  • Alex berkata:

    Tanda kiprok yang belum pernah di ganti apa ya kak
    Kata mekanik ada kode nya gtu apakah bner

  • Herdiansyah sitorus berkata:

    Motor saya new Vixion advance, sudah 2 hari ini motor saya bermasalah, waktu saya Bawak lampu injeksi tiba2 hidup dan sepidometer saya tiba2 mati lalu mesin motor saya langsung mati ada hal battle motor saya sudah ganti sampai 2 kali namun masih seperti itu juga, itu penyebab nya komprok nya atau apa bos, tolong di beri penjelasan nya jos, makasih sebelum nya

  • Atack Winarto berkata:

    Saya ada kerusakan kiprok untuk mesin speed boat YAMAHA 85 HP dimana saya bisa beli …? trims

  • Ridwan nugroho berkata:

    Cara ngecek kiprok 3 phase gimna dgn tester ?

  • TOhir berkata:

    Udh kermw om penyakitnya ..?
    Kasus sama om…
    Vixn sy juga

  • Edy berkata:

    Vixion sy lampunya kurang terang itu apanya ya boss kira kira

  • Orsita berkata:

    Mioj sy juga gak bisa nyala itu kipronya apa aoanya ya kalo aku baru

  • Verdinand berkata:

    Kalau buat vixion yg lama , kalau di bawa jalan , kiproknya panas berlebihan itu kenapa ya kak , apa penyebabnya?

  • Hendra berkata:

    Gan vixion old saya sudah ganti spul kiprok juga dalam keadaan bagus tp jarum rpm masih aja ngaco atw naik turun kira2 apa nya ya mohon pencerahan karna kata bengkel itu spido nya yg rusak.

  • Jois berkata:

    Saya punya vixion habis ganti aki 2 bulan yang lalu sekarang udah ngk nyala lagi *tekorr*. Efek nya motor susah di stater dan kalau buat lerjalanan waktu di gas ngk jalan malah mati . Solusi nya bos

  • Sarudin berkata:

    Bos mau nanya kalo motor beat 2019 di setater kuat tapi lampu ECO redup sampe lampu sen pun ikut redup trus motornya brebet dan mati.

  • Junianto berkata:

    Aku heran dengan motor ku Honda revo lama.aki baru kiprok baru ngko lampu depan mati dan nga bisa stater juga.padahal lampu sen nyala semua..apa sih gen kendalanya mohon info donk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *