Kolom Pencarian Menu Utama

Sistem kelistrikan yang ada pada motor ini biasa kita kenal dengan nama Kiprok, tapi sistem ini di dunia otomotif dikenal juga dengan nama Regulator Rectifier atau Silicon Controlled. Kiprok ini berperan penting untuk menyearahkan arus bolak balik AC (Alternating Currentt) yang dihasilkan oleh magnet serta sepul jadi DC (Direct Current).

Tips gampang mengetahui kondisi Kiprok rusak atau tidak

Diluar itu, kiprok ini masih tetap mempunyai manfaat lain. Yakni untuk mengatur kestabilan aliran alur listrik yang nantinyadiantar ke pengapian sama sesuai putaran mesin. Bila kiprok rusak, maka pengisian listrik aki dapat melemah dan lampu motor pastinya meredup.

Untuk mengecek keadaan kiprok, langkahnya sangatlah gampang. Pertama nyalakan mesin motor dan diamkan tetap menyala tanpa di gas selama beberapa saat. Kemudian sentuh kiprok dengan tangan, bila terasa hangat serta perlahan-lahan memanas artinya kiprok dalam keadaan normal.

— advertisement —

Demikian sebaliknya, bila mesin telah menyala selama berapa menit serta kiprok tetap masih saja dingin artinya kiprok motor sudah tak berfungsi lagi. Tetapi, sebelum ganti kiprok, check dahulu keadaan kabel serta soket yang menghubungkan sepul, kiprok serta aki. Pastikan seluruhnya terpasang dalam situasi prima.

kiprok vixion, harga kiprok vixion, kiprok vixion panas berlebihan, ciri ciri kiprok vixion rusak, penyebab kiprok panas berlebihan, kiprok vixion panas, ciri ciri kiprok rusak pada vixion, cara cek spul vixion, ciri-ciri kiprok vixion rusak, kiprok vixion cepat panas

7 Komentar

  • Deviz berkata:

    Saya puya vixion old,motor saya gerebedt tau apa penyebabnya di pegang kiproknya hangat tp mkin lama makin panas di nyalain sen atw lampu mlh mati starter jga ga kuat barang x itu pnyebabnya apa ya boz pa hrus ganti aki pa kiprok

  • Vivi berkata:

    Kalau buat vixion yg lama , kalau di bawa jalan , kiproknya panas berlebihan itu kenapa ya kak , apa penyebabnya?

  • Carlo berkata:

    Aku punya motor cb ni mas.
    Akinya gampang tekor.
    Meski aki baru, karena nggak ngisi.
    Aku bingung yg rusak kiprok atau spulnya.
    Gimana cara tahu kerusakannya ya?

  • Nurzaan berkata:

    kalau kiprok nya panas setelah digunakan dan panasnya merembet ke ECU Apa normal, Ecu menjadi hangat ketika kiprok panas

  • Wawan berkata:

    Vixion lama sya panasnya berlebihan nanti pas di jalan gas tinggi/jalan agak jauh mati sendiri tanpa ada tanda peringatan, kira2 apa yg rusak dan harus diganti?

    • Admin berkata:

      penyebabnya bisa dari :
      – Sirip radiator penyok
      – Kipas radiator mati
      – pakai cover radiator yang terlalu menutupi sirip2 radiator
      – Setelan rantai terlalu kencang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *