Kolom Pencarian Menu Utama

Sistem kelistrikan yang ada pada motor ini biasa kita kenal dengan nama Kiprok, tapi sistem ini di dunia otomotif dikenal juga dengan nama Regulator Rectifier atau Silicon Controlled. Kiprok ini punya peran penting untuk menyearahkan arus bolak balik AC (Alternating Currentt) yang dihasilkan oleh magnet serta sepul jadi DC (Direct Current).

Tips gampang mengetahui kondisi Kiprok rusak atau tidak

Tidak hanya itu saja, kiprok ini masih tetap mempunyai manfaat lain. Yakni untuk mengatur kestabilan aliran alur listrik yang nantinya diantar ke pengapian bersesuaian dengan putaran mesin. Bila kiprok rusak, maka pengisian listrik aki dapat melemah dan lampu motor pastinya meredup.

Untuk cara mengetahui kiprok rusak atau tidak, langkahnya sangatlah gampang. Pertama nyalakan mesin motor dan diamkan tetap menyala tanpa di gas selama beberapa saat. Kemudian sentuh kiprok dengan tangan, bila terasa hangat serta perlahan-lahan memanas artinya kiprok dalam keadaan normal.

— advertisement —

Demikian sebaliknya, bila mesin telah menyala selama berapa menit serta kiprok tetap masih saja dingin artinya kiprok motor sudah tak berfungsi lagi. Tetapi, sebelum ganti kiprok, check dahulu keadaan kabel serta soket yang menghubungkan sepul, kiprok serta aki. Pastikan seluruhnya terpasang dalam situasi prima.

18 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *