Kolom Pencarian Menu Utama

Kamu yang memiliki kendaraan roda empat yaitu mobil, pasti sangat membanggakan sekali bukan. Ditambah jika memperolehnya pada usia yang masih muda dengan penghasilan sendiri. Melintasi jalan raya menggunakan mobil pastinya sangat nyaman sekali. Kamu tidak akan terpapar sinar matahari secara langsung, polusi, debu jalanan, dan bisa muat 5 sampai 8 orang dan beberapa kenyamanan lain.

Kenali Tanda AC Mobil Milikmu Terdapat Kerusakan

Selain beberapa kenyamanan yang telah disebutkan, mobil bisa dibilang kendaraan yang tertutup. Meskipun tertutup, terdapat fasilitas yang akan menambah kenyamanan mobil kamu, yaitu AC (Air Conditioner) yang didesain khusus untuk kendaraan roda empat anda.

Baca Juga :

— advertisement —

Namun, part mobil yang satu ini sering sekali mengalami gangguan, seperti mati atau juga AC yang tidak mau dingin. Selain karena akibat kerusakan pada komponen lain hal juga disebabkan freon pada AC kamu habis. Maka dari itu kenali ciri AC kurang Freon.

Apa itu freon  

Freon merupakan elemen yang begitu penting pada sistem AC, baik itu AC untuk rumah ataupun AC didalam mobil. Freon sendiri merupakan senyawa alifatik yang yang memiliki fungsi dalam perdagangan dan industri. Dalam freon terdapat kandungan senyawa hidrogen, klorin, atau juga bromin. 

Prinsip kerja AC rumah pada dasarnya sama persis dengan AC mobil. Jadi didalam AC terdapat kompressor yang bekerja untuk memompa gas freon menuju evaporator di unit indoor. Kemudian akan dihembuskan angin dimana angin yang keluar dari kisi-kisi AC adalah merupakan udara dingin. For your info, gas Freon ternyata tersimpan pada  kompressor itu selalu berputar di putaran tertutup (Closed Loop). putarannya dari kompressor dipompa ke evaporator dan balik lagi ke kompressor. Oleh sebab itu gas tidak mungkin dapat keluar dari putaran tersebut kecuali terdapat kebocoran.

— advertisement —

Tapi, kebocoran gas freon ini sulit sekali terdeteksi. Karena freon merupakan gas yang mudah sekali menguap bahkan di temperatur dingin. Sehingga begitu ada lubang kecil pada selang, maka tak butuh waktu lama bagi freon untuk menguap semuanya.

Dan kalau freon habis, maka kita harus segera mengisi dengan freon baru. Tapi jika kita langsung mengisi freon di bengkel AC, maka jika ada kebocoran tentu dalam sekejap freon itu langsung habis lagi selama bocor pada selang AC belum diperbaiki. Sehingga kita harus memperbaiki kebocoran AC tersebut dulu baru dapat mengisinya dengan freon baru.

Lalu apa sajakah ciri  AC kurang freon, sehingga tidak bisa mengeluarkan udara dingin dan membuat udara didalam mobil terasa engap atau panas.

Udara yang keluar tidak dingin

Normalnya sebuah AC mobil saat dinyalakan, dalam sekejap udaranya akan berhembus dari ventilasi udara dengan suhu udara yang dingin. Nah, ciri atau tanda yang dapat kamu rasakan saat AC mu terdapat gangguan adalah, meskipun selektor suhu AC sudah diset di temperatur yang paling dingin, udara yang berhembus dari ventilasi AC tetap saja suhunya, alias tidak bertambah dingin.

— advertisement —

Dimana AC mengeluarkan angin namun, udara yang keluar merupakan udara yang tidak dingin.

Gejala ini bisa menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres dengan sistem AC mobil kamu. kemungkinannya bisa kompresor yang mengalami kerusakan, magnetic clutch yang rusak, kipas pendingin mati, atau juga bisa karena freon habis.

Jika freon habis, maka semuanya seolah berjalan normal. Namun saat AC dinyalakan, terdengar bunyi ketukan yang menandakan kompresor AC bekerja, RPM mesin juga naik serta kipas pendingin nyala,  tapi hembusan angin tidak dingin, dan ini artinya freon AC mobil habis.

Kompresor tidak berhenti bekerja 

Pada kondisi normal, magnetic clutch akan terhubung ketika saklar AC dinyalakan. Namun magnetic clutch akan terbebas dari interval waktu tertentu, ketika tekanan dari freon mencapai maksimal. Anda mungkin sering mendapati suara ketukan muncul dari ruang mesin saat AC dinyalakan. 

Namun, jika anda menemui kondisi magnetic clutch dari awal ketika AC menyala namun terus saja tersambung, ini menjadi tanda bahwa freon AC mobil anda habis. Hal ini disebabkan saat freon habis karena kebocoran, maka bisa jadi selang AC dipenuhi oleh udara. Udara sendiri sifatnya mudah dikompresi. Sehingga ketika kompresor bekerja, hanya akan menghasilkan udara biasa.

Tidak ada freon di sight glass

Jika  ciri diatas sudah terjadi, kamu bisa cek itu sight glass. Sight glass sendiri  merupakan sebuah kaca dengan bentuk bulat yang transparan. Kaca ini berfungsi untuk melihat sirkulasi freon didalam sistem AC mobil kamu. 

Saat mengecek sight glass ini pastikan kondisi mesin masih hidup dan AC dinyalakan. Jika freon masih, maka akan terdapat cairan yang mengalir. Namun jika freon habis, maka tidak akan sesuatu yang mengalir dibalik sight glass. Dalam wujud normalnya, freon memang berbentuk gas. Tapi kalau diberi tekanan, maka  freon akan berubah menjadi bentuk cairan. Ini seperti korek api gas, dimana didalam tangki bentuknya cair tapi kalau dikeluarkan akan menjadi gas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *