Kolom Pencarian Menu Utama

Mobil merupakan suatu transportasi yang paling banyak digunakan oleh semua orang. Bagi agan yang memiliki mobil mungkin sudah tak asing dengan kata spooring dan juga balancing. Kedua hal tersebut memang sangat penting dilakukan pada sebuah mobil. Makanya kita perlu tahu apa saja Tanda Mobil Harus Di Spooring Dan Balancing.

spooring and balancing

Artikel ini akan membahas terkait dengan tanda-tanda mobil harus di spooring dan balancing. Sebelum membahas hal tersebut maka alangkah baiknya agan mengerti terkait apa sih pengertian spooring dan juga balancing itu sendiri.

Pengertian Spooring

Katika agan semua sudah menggunakan mobil dalam jangkauan waktu yang lama, maka posisi dari kedudukan ban mobil akan berubah. Akan tetapi jika dilihat langsung menggunakan mata maka hal tersebut tidak dapat terlihat.

— advertisement —

Definisi Spooring
Spooring ” merupakan sebuah istilah yang berasal dari Bahasa Belanda. Spoor, bermakna pemandu. Kemudian istilah “Spooring” jadi istilah yang terkenal di negara kita. Di luar negeri lebih dikenal dengan istilah Wheel Alignment.

Tetapi jika dirasakan dengan menggunakan performa dari mobil maka hal tersebut bisa terasa sekali. Nah tujuan dari spooring sendiri merupakan untuk meluruskan empat ban mobil yang anda miliki seperti sedia kala atau seperti pengaturan dari pabrik. 

Baca juga :

— advertisement —

Manfaat Spooring
Manfaat Spooring mobil ini adalah agar Ban lebih awet dan ban tidak aus sebelah, sehingga terhindar dari ban yang gundul tidak merata. Selain itu juga bertujuan agar Ban berputar lurus tanpa saling tarik menarik atau berat sebelah karena ada ban lain yang miring.

Pengertian Balancing

Jika spooring sudah agan baca maka hal selanjutnya yang akan dibahas adalah terkait dengan balancing. Pada dasarnya proses balancing dilakukan untuk menyeimbangkan roda mobil yang agan miliki. Ketika agan semua mengganti roda ataupun velg maka balancing harus dilakukan guna untuk menyeimbangkan roda tersebut.

Definisi Balancing
Balancing adalah proses menyeimbangkan kembali gabungan berat ban dengan velg agar perputaran roda tetap lurus tidak oblak ke kanan atau ke kiri.

Selain itu tindakan balancing perlu dilakukan ketika sebuah mobil mencapai jumlah kilometer tertentu. Akan tetapi perlu diingat bahwa setiap mobil memiliki jumlah kilometer yang sangat berbeda satu sama lain.

— advertisement —

Manfaat Balancing
Balancing memastikan agar beban tiap velg dan Ban terdistribusi dengan baik dan merata pada seluruh lingkar Ban dan velg tersebut. Jika sudah demikian maka Ban akan ngegelinding dengan enak, habisnya merata dan awet. Berkendara pun jadi nyaman.

Tanda Mobil Harus Di Spooring Dan Balancing

Setelah agan semua mengerti terkait dengan spooring dan juga balancing maka agan juga harus tau beberapa tanda-tanda mobil harus di spooring dan balancing. Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda tersebut.

Kemudi pada mobil menjadi terasa berat
Tanda-tanda yang pertama adalah kemudi pada mobil yang agan miliki menjadi terasa berat. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh setir mobil yang lebih mengarah ke salah satu sisi (mengarah ke sisi kanan atau sisi kiri).

Selain itu terkadang ada keadaan dimana setir mobil yang agan miliki menjadi tidak dapat kembali ke posisi semula setelah dibelokkan pada satu sisi, hal ini sangat membahayakan bagi pengemudi dan juga penumpang didalam mobil.

Kondisi lain yang berhubungan dengan kemudi mobil adalah dimana keadaan kondisi setir mobil tersebut menjadi berbelok sendiri ketika keadaan jalan sedang lurus, hal ini juga sangat membahayakan bagi pengemudi dan juga penumpang mobil tersebut.

Keadan setir mobil menjadi bergetar pada kecepatan tertentu
Kondisi yang kedua adalah dimana setir mobil menjadi bergetar dalam kecepatan tertentu. Kebanyakan getaran ini terjadi ketika kecepatan yang dicapai sampai pada kecepatan diatas 80 km/jam.

Getaran ini akan dapat dirasakan sampai pada penumpang pada bagian belakang dan diiringi dengan bungi yang berasal dari ban yang memang sudah tidak seimbang. Jika keadaan ini tetap didiamkan maka ban yang dimiliki oleh mobil agan semua akan menjadi gundul.

Posisi roda depan dan juga ban belakang menjadi tidak lurus
Agan semua bisa melakukan pengecekan untuk mengetahui tentang roda depan dan belakang tidak lurus maka agan semua bisa melihatnya dari posisi belakang mobil dengan jarak kurang dari 3 meter.

Jika agan semua menginginkan hasil yang lebih presisi maka agan semua bisa menggunakan bantuan sebuah tali.

Roda tidak mengikuti posisi dari setir mobil
Tanda selanjutnya yang bisa agan rasakan dan perhatikan adalah posisi dari roda mobil dan posisi setir mobil agan sudah tidak bisa saling mengikuti.

— advertisement —

Jika setir pada mobil agan dibelokkan ke posisi kanan atau kiri dan roda mobil agan tidak mengikuti berarti sudah saatnya untuk dispooring. 

Pengikisan pada roda mobil mengalami perbedaan
Biasanya karena roda lebih condong pada satu sisi maka pengikisan pada roda tersebut akan menjadi berbeda, Entah pada bagian kanan atau sebaliknya.

Mulai dari pengertian spooring, pengertian dari balancing dan juga tanda-tanda mobil harus di spooring dan balancing sudah dijelaskan pada artikel ini.

Maka ketika agan ingin mendapatkan informasi terkait dengan spooring dan juga balancing, artikel ini sudah bisa menjadi acuan agan semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *