Kolom Pencarian Menu Utama

Komponen pembuangan atau yang seringkali kita kenal sebagai tempat pembuangan gas bernama knalpot, tugasnya tentu saja untuk meredam suara hasil pembakaran pada ruang bakar. Rusaknya atau terjadi kebocoran pada knalpot ini dapat menyebabkan suara bising ditambah tenaga motor yang menyusut.

Cara mengenali knalpot motor yang bocor

Penyebab Knalpot Bocor

Bocornya knalpot dapat dikarenakan beberapa hal. Pertama yaitu karat. Sisi knalpot yang berkarat hasil dari kotoran bercampur air kotor yang menempel terlampau lama pada knalpot hingga menyebabkan korosi. Bila dibiarkan begitu saja, tidak cuma bocor, kemungkinan knalpot dapat berlubang.

— advertisement —

Penyebab yang lain yaitu ada sistem kondensasi. Keadaan luar serta dalam knalpot yang mempunyai temperatur tidak sama dapat menyebabkan timbulnya karat pada system pembuangan ini. Terlebih pada daerah dengan kandungan garam yang tinggi, seperti pantai.

Diluar itu, air yang mengendap dalam komponen pembuangan dapat juga menyebabkan karat. Umumnya air dapat mengendap bila motor kerap jalan dalam kecepatan rendah atau kerap lakukan idling (stationer).

Sering bongkar pasang knalpot juga bisa menjadi saah satu penyebab knalpot bocor, kebanyakan dikarenakan paking knalpot yang rusak dan juga bisa dikarenakan baut pengunci knalpot yang kendor.

— advertisement —

Cara Mengetahui Knalpot Motor Bocor

Yang pertama dapat dilakukan cara mendengar suara menembak dari knalpot, ini berlangsung ketika throttle gas ditutup. Jika belum juga yakin, masihlah ada cara lain.

Cara kedua adalah dengan menutup lubang knalpot ketika memanaskan mesin, jika ada nada berdesis, berarti ada kebocoran pada knalpot. Suara berdesis itu datang dari sekitar ruang blok silinder dan leher knalpot.

— advertisement —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *