Kolom Pencarian Menu Utama

Selalu ada yang ingin kita ganti kalau kita merasa bosan dengan motor kesayangan kita. Mulai dari ganti ban lebar, sampai dengan mencopot knalpot standar dengan knalpot racing. Pertanyaannya apakah ada efek samping pakai knalpot racing?

Efek Samping Motor Pakai Knalpot Racing

Biarpun bising,knalpot racing ini mempunyai banyak peminatnya, terutama generasi milenial sekarang. Makanya tak aneh kalau yang memakai knalpot racing itu kebanyakan anak OSIS. Faktanya lebih banyak dampak negatifnya ketimbang positifnya, kalau hanya untuk berkendara aktifitas sehari-hari.

Sebenarnya knalpot yang bising ini tidak akan menimbulkan efek samping pada mesin, apabila tidak dipasangkan pada mesin yang masih standar. Mesin akan cepat panas tidak seperti biasanya, karena membutuhkan campuran bahan bakar yang lebih banyak pula. Agar tidak cepat panas agan perlu mengubah jeroan mesin agar menghasilkan campuran bahan bakar yang sama besarnya.

— advertisement —

Baca Juga :

Agan harus lakukan beberapa modifikasi sektor mesin bila ingin gunakan knalpot racing. Upgrade dikerjakan pada porting polish, celah klep di ubah setelannya, & spuyer diperbesar. Dengan demikian tenaga yang dibuat motor semakin lebih baik, & yang tentu penggunaan bahan bakar juga jadi lebih boros.

Berikut ini adalah efek samping mengunakan knalpot racing yang perlu agan ketahui :

— advertisement —

Boros BBM dan Mesin Cepat Panas

Seperti yang saya sebutkan tadi, penggunaan knalpot racing berimbas pada kebutuhan campuran bahan bakar yang besar. Efek sampingya juga mesin akan jadi lebih cepat panas, ditambah kebiasaan menarik-narik gas supaya lebih bising, menjadi alasan lain mesin panas.

Alon-alon Tapi Klakon, Mesin Akan Rusak

Bisa agan bayangkan knalpot racing ini memaksakan mesin standar untuk mengeluaran tenaga yang besar diluar kemampuannya. Lambat-laun komponen mesin bisa lebih cepat aus.

Menghasilkan Gas Emisi yang Lebih Beracun

Jenis kknalpot ini tidak mempunyai alat penyaring gas buang yang disebut dengan catalytic converter. Gas ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan gangguan pernapasan seperti asma dan ganguan paru-paru lainnya.

Mengganggu Orang Lain

Dampak sosial yang timbul karena menggunakan knalpot racing ini adalah menggangu ketenangan orang lain. Kalau yang bawa motor dengan knalpot racing pasti merasa hepi-sepi saja karena merasa keren hanya karena knalpot brong. Padahal faktanya orang lain tidak pernah menikmati suara yang dihasilkannya, yang ada anda akan dibenci banyak orang dari tempat yang biasa agan lalui.

— advertisement —

Itluah beberapa hal yang perlu agan pertimbangkan sebelum menggunakan knalpot racing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *