Kolom Pencarian Menu Utama

Pemerintah kembali merombak sistem Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan bermotor roda empat. Pemerintah bakal mengaplikasikan Pajak Penjualan Atas Barang Elegan (PPnBM) pada Pajak Mobil Low Cost Green Car (LCGC) pada tahun 2021. Dimana PPnBM mobil LCGC sebelumnya itu 0 % bakal jadi 3 %.

Mobil LCGC bakalan kena pajak sebesar 3%

Perihal tersebut karena skema PPnBM yang baru tidak lagi atas dasar kemampuan mesin akan tetapi pada emisi CO2 yang dibuat. Dalam skema saat ini besaran pengenaan PPnBM untuk mobil atas dasar kapasitas cc. Kian besar cc-nya jadi kian besar pengenaan pajaknya.

Sementara dalam pergantian skema yang diusulkan Kementerian Keuangan, prinsip pengenaan PPnBM atas dasar emisi CO2. Kian rendah emisinya jadi bakal kian rendah pula pajak yang dikenakan. LCGC sendiri masuk dalam kelompok Kendaraan Bermotor Irit Daya serta Harga Ekonomis (KBH2). Dalam ketentuan yang berlaku saat ini mobil jenis KBH2 tidak terkena PPnBM. Akan tetapi bila harmonisasi PPnBM diresmikan, mobil kelompok itu bakal terserang pajak sebab memiliki kandungan emisi CO2.

— advertisement —

Sementara untuk mobil listrik, pola ini tidak berlaku. pergantian pola tersebut bakal memanjakan industri mobil listrik di tanah air dengan membebaskan PPnBM karena tidak mempunyai emisi CO2.

Tentang harga mobil LCGC di Tanah air hari ini, mulai Angka pada kisaran Rp 100 juta-an sampai Rp 150 juta. Meskipun sebenarnya atas dasar Ketentuan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 mengenai Peningkatan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Irit Daya dan Harga Ekonomis, harga paling tinggi mobil LCGC ialah sekitar Rp 95 juta.

Perihal hal tersebut berlangsung sebab ada rekonsilasi pada bagian teknologi dan juga sistem keamanan. Ketika ini pemerintah cuma bakal menghapuskan pajak PPnBM cuma untuk kendaraan listrik yang merujuk pada emisi tidak akan pada kapasitas mesin. Langkah ini menjadi bagian dari tujuan pemerintah sampai dengan 20 % populasi mobil listrik di Tanah air.

— advertisement —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *