Kolom Pencarian Menu Utama

Merawat kendaraan roda empat memang memerlukan penanganan secara khusus. Mulai dari selalu menjaga kebersihan bodi kendaraan, interior sampai performa mesin lewat pengecekan secara berkala. Hal ini bertujuan agar mobil Agan tetap terlihat rapi, bersih dan kondisi mesin mobil tetap prima saat bermanuver.

Tips Membersihkan Mesin Mobil Sendiri

Untuk kebersihan mobil sendiri, kebanyakan pengguna hanya memperhatikan kebersihan interior dan eksterior mobil saja, justru yang paling penting dan harus mendapatkan perhatian khusus ialah mesin mobil. Apabila mesin mobil tetap terjaga kebersihannya, mesin mobil Agan pun tidak akan mudah rusak dan tetap awet.

Kenapa Mesin Mobil Harus Mendapatkan Perhatian Khusus?

Berikut ada beberapa alasan kenapa mesin mobil penting sekali untuk mendapat perhatian khusus pemiliknya, diantaranya :

— advertisement —
  1. Bisa mencegah keausan yang terjadi di beberapa komponen mesin mobil yang terbuka, mulai dari dinamo, ACG, belt AC, power steering, dan komponen-komponen lainnya.
  2. Mencegah terhambatnya panas keluar dari mesin akibat akumulasi kotoran, seperti debu dalam komponen mesin, tetesan oli, AC, radiator mesin, dan lain sebagainya.
  3. Bisa menjaga konektor listrik mobil agar tetap bekerja secara maksimal.
  4. Bisa meringankan kinerja pada kipas radiator mesin sekaligus pendingin udara.

Ini Dia Cara Membersihkan Mobil Dengan Benar

Karena penting sekali memperhatikan kebersihan mesin mobil, Agan perlu melakukan perawatan mesin kendaraan Agan dengan cara berikut ini :

Panaskan Mesin 
Jangan pernah membersihkan mesin kendaraan Agan dalam kondisi mesin dingin atau kendaraan Agan sudah lama tak digunakan. Hal ini dikarenakan, kotoran atau debu yang menempel di mesin mobil yang dingin akan sulit dibersihkan.

Baca Juga : Bahaya, Penyebab dan Cara Mencegah Jamur Di Body Mobil

— advertisement —

Maka dari itu, panaskan terlebih dahulu mesin mobil kurang lebih 15 menit lamanya lalu diamkan sebentar. Kemudian barulah Agan membersihkan mesinnya, Hal tersebut dapat mempermudah Agan membersihkan kotoran membandel di bagian mesin mobil.

Persiapkan Alat Pembersih Mobil
Ada dua jenis pembersih mobil yang wajib Agan persiapkan, yaitu engine clean dan engine dressing. Engine Clean ialah pembersih mesin kendaraan yang bisa digunakan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada mesin kendaraan Agan, sedangkan Engine Dressing sendiri ialah sejenis pembersih yang bisa dipakai untuk mengembalikan kilat warna komponen mesin mobil.

Bungkus Komponen Mesin yang Berdaya Listrik
Sebelum Agan membersihkan mesin kendaraan, sebaiknya bungkus terlebih dahulu komponen mesin pada mobil yang berdaya listrik. Agan bisa membungkusnya memakai alumunium foil maupun  pembungkus lainnya. Hal ini bertujuan agar komponen mesin tersebut tetap aman, sehingga tidak menimbulkan korsleting listrik.

Bersihkan Bagian Mesin yang Gampang Dijangkau
Jika sudah mempersiapkan peralatan di atas, Agan bisa mulai membersihkan mesin mobil. Caranya bersihkan dari yang gampang dijangkau lebih dahulu, mulai dari bawah kap mobil.

— advertisement —

Agan bisa menyemprot bagian tersebut menggunakan air bertekanan sedang. Sebaiknya pakai sabun colek atau krim untuk membersihkan bawah kap mesin kendaraan. Tujuannya ialah agar kotoran pada oli mesin dapat terangkat atau hilang.

Akan tetapi, hal yang perlu Agan perhatikan ialah jangan tunggu sabun mongering, karena hal tersebut bisa meninggalkan bekas di mesin mobil Agan. Kemudian keringkan memakai kain agar air tidak menetes ke mesin mobil.

Cuci Ruang Mesin Mobil
Cuci ruang pada mesin mobil Agan dengan menyemprotkan air ke ruang mesin, pastikan tekanan air tak terlalu tinggi. Kemudian bersihkan belakang mesin, lanjutkan sampai ke bagian depan memakai spons pembersih atau kuas.

Bersihkan AC dan Radiator Mesin
Saat hendak membersihkan AC dan radiator mesin mobil, Agan sebaiknya membuka grill depan terlebih dulu, karena proses pencucian pada bagian ini cukup menyulitkan. Akan tetapi, pastikan Agan berhati-hati, karena sistem pengikat grill depan mobil biasanya rawan patah. 

Bersihkan Mobil Dengan Engine Degreaser
Jika Agan membersihkan kendaraan memakai engine degreaser, maka cobalah menyemprotkannya ke bagian mesin mobil yang terdapat noda kemudian diamkan hingga 10 menit. Kemudian pakai kuas guna menyapukan ke semua permukaan mesin kendaraan.

Bersihkan Kerak Oli
Jika mesin mobil Agan terdapat kerak oli yang sulit dihilangkan, sebaiknya pakai pembersih khusus untuk kerak oli di pasaran.

Tahap Pembilasan
Untuk tahap pembilasan mesin mobil ini, pakai selang air atau spray yang airnya tidak terlalu deras supaya air tidak bisa menyebar ke komponen lainnya. Kemudian lap mesin ke bagian yang terkena noda. 

Itulah 9 tahapan membersihkan mesin mobil dengan benar, agar kondisi mesin tetap terawat dan lebih awet!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *