Kolom Pencarian Menu Utama

Pencurian atau pengambilan barang atau kendaraan seperti motor dan mobil marak terjadi di Indonesia ini. Bagi anda pemilik kendaraan motor ataupun mobil alangkah baiknya untuk berhati-hati dan tetap waspada. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya pencurian mobil atau kendaraan motor ini. Khususnya bagi anda pemilik kendaraan mobil anda bisa mengaplikasikan tips agar mobil aman dari maling berikut ini.

Agar Mobil Aman Dari Maling

Parkirkan mobil di lokasi yang aman

Sebenarnya pencurian mobil bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi anda bisa meminimalisir terjadi pencurian itu dengan beberapa cara. Cara pertama yaitu meletakkan atau memarkirkan mobil anda di lokasi yang aman. Bagaimana lokasi yang aman itu?. 

Ciri lokasi yang aman yaitu lokasi yang terlihat oleh kamera CCTV jika di lokasi terdapat kamera CCTV. Jadi dengan adanya kamera CCTV bila terjadi suatu hal di mobil anda, akan ada bukti dan cepat diketahui siapa pelakunya. Oleh karenanya tempat yang aman untuk memarkirkan mobil adalah tempat yang terlihat di kamera CCTV.

— advertisement —

Baca Juga :

Kedua, tempat yang aman ialah parkiran yang berdekatan dengan pusat keramaian. Hal ini bisa anda lakukan apabila ternyata di sekitar tempat parkir tidak ada kamera CCTV. Dengan memarkirkan mobil di tempat keramaian diharapkan apabila ada seseorang atau suatu kelompok yang berniat untuk mencuri mobil anda, akan cepat diketahui oleh khalayak ramai sehingga pencuri itu mengurungkan niatnya untuk melakukan pencurian. 

Ketiga hindari memarkirkan mobil di tempat yang gelap. Ada baiknya anda memarkirkan di area yang cukup di sinari cahaya entah cahaya matahari ataupun cahaya lampu dan minimal terlihat dari lokasi anda berada sehingga Anda bisa memantau keberadaan mobil anda. Ketika trik ini dapat berlaku di tempat parkir mana saja entah itu di parkiran pusat perbelanjaan atau parkiran lainnya.

— advertisement —

Dengan mencabut kabel busi

tips agar mobil aman dari maling yang kedua ialah dengan mencabut kabel busi di mesin mobil. Busi adalah salah satu komponen pengapian yang sangat mempengaruhi kinerja mesin mobil. Jika komponen ini rusak ataupun hilang maka mobil tidak akan bisa berjalan atau dengan kata lain mogok. Jadi trik ini bisa anda gunakan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya pencurian mobil.

Jadi apabila suatu saat ternyata mobil anda ingin dicuri oleh oknum-oknum tertentu. Pencuri itu tidak akan bisa menjalankan mobil anda karena businya telah dicabut sehingga mobil tak dapat berjalan. Apabila pencuri ingin menjalankan mobil tersebut maka memerlukan waktu yang cukup lama.  Karena pencuri tersebut harus mendorong kap mobil terlebih dahulu dan ketika proses pembukaan kap ini bisa saja alarm yang anda pasang di mobil akan berbunyi. Dan hal ini akan menggagalkan aksi pencurian.

Pindahkan alarm standar mobil anda

Beberapa mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan alarm pabrikkan. Kelebihannya dari alarm pabrikan ini tentu saja sebagai alat perlindungan untuk mencegah atau memperlambat aksi pencurian. Walaupun begitu alarm ini tetap memiliki kekurangan yaitu letaknya mudah diketahui sehingga pencuri bisa saja merusak alarm tersebut. Maka untuk menghindari hal tersebut ada baiknya anda memindahkan alarm mobil ini ke tempat yang tidak diketahui oleh oknum pencuri. 

Pastikan di dalam mobil tidak ada satupun barang berharga

Jadi setelah anda memarkirkan mobil anda di tempat yang aman, sebelum anda turun dari mobil pastikanlah beberapa hal berikut ini. Pertama pastikan kunci mobil anda sudah tercabut. Kedua, pastikan bahwa tidak ada barang yang tertinggal di dalam mobil. Pastikan juga tidak ada surat ataupun hal-hal berharga lainnya yang tersimpan di dalam mobil baik di jok, di dashboard, ataupun di kursi penumpang. 

— advertisement —

Jika anda sudah yakin tidak ada satupun barang yang tertinggal, maka setelahnya tutup kaca mobil anda dengan rapat, jangan sedikitpun memberi celah di kendaraan Anda. Setelah itu kunci semua pintu mobil begitupun dengan pintu depan.

Lakukan trik dengan memasukan gigi persneling dan tarik rem tangan

Tips yang terakhir adalah melakukan trik memasukan didi persneling dan tarik rem tangan. Jika mobil anda diparkirkan dengan bagian depan menghadap ke luar maka aturlah persneling mundur, lalu tarik rem tangan. Hal ini dilakukan agar mobil anda tidak akan bisa ditarik keluar. Persneling adalah roda gigi dan hidrolik yang memiliki fungsi untuk mempengaruhi pergerakan, kecepatan, dan daya putar roda. 

Nah di atas merupakan beberapa tips agar mobil aman dari maling. Semoga dengan beberapa tips diatas dapat membantu anda terhindar dari kejadian buruk tersebut. Satu hal yang perlu anda ingat adalah tetap waspada dan berhati-hati dimanapun dan kapanpun itu karena tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *