Kolom Pencarian Menu Utama

Kompresi pada motor ini adalah kejadian dimana tekanan di ruang bakar terjadi karena adanya gerakan piston dari bawah ke atas ketika katup tertutup.

Motor Hilang kompresi

Kompresi terjadi ketika katup isap terbuka dan piston bergerak ke bawah karena putaran engkol, bersamaan itu piston menghisap gas campuran udara dengan bahan bakar.

— advertisement —

Kemudian ketika piston naik ke atas dan atup isap kembali menutup, terjadilah pemampatan yang tinggi di dalam ruang bakar mesin. Tingkat kompresi yang tinggi membuat bahan bakar minyak mudah terbakar dan menghasilkan tenaga yang besar.

Olehkarena itu tingkat kompresi di dalam mesin motor sangat mempengaruhi tenaga yang bisa dihasilkan. Apalagi jika motor hilang kompresi, pembakaran tidak akan terjadi dengan sempurna, sehingga menimbulkan berbagai kendala seperti :

Ciri-ciri Motor Hilang Kompresi

— advertisement —
  1. Ketika motor di kick starter (selah) tidak akan ada tenaga sama sekali, kalaupun ada tenaga ketika di selah biasanya suka menendang balik ke atas.
  2. Ketika motor di kick starter (selah) terasa ngelos seperti tidak ada tekanan, ditambah saat di cek pengapiannya ternyata normal-normal saja.
  3. Motor tiba-tiba mogok, tetapi pengapian masih bagus dan ketersediaan bahan bakar mencukupi.

Hilangnya kompresi pada sepeda motor bisa disebabkan beberapa hal, seperti Ring piston sudah aus, sehingga tekanan untuk memampatkan campuran bahan bakar sudah berkurang.

Jika hal ini terjadi anda bisa mengatasinya dengan cara membuka busi, kemudian teteskan sedikit oli yang masih bagus ke dalam lubang busi. Selanjutnya coba kick starter sambil menutup lubang busi dengan jari, coba lakukan minimal sebanyak 5 kali kick starter.

Setelah kick starter dirasa kembali memiliki tekanan, pasang kembali busi dan coba jalankan motor seperti biasa. Jika ada sedikit asap keluar, hal itu terjadi karena oli yang kit amasukkan tadi, jadi tak usah khawatir ya, nanti akan hilang sendirinya.

— advertisement —
ciri ciri motor hila, ciri ciri motor hilang kompresi