Kolom Pencarian Menu Utama

Motor Anda pernah alami ngeberebet atau kempos waktu tancap gas? Masalah sepeti ini berhubungan dengan sistem bahan bakar yang bermasalah. Gampangnya, proses pembakaran tidak normal, kadang lancar kadang tidak. Saat di gas atau RPM tinggi akan terjadi suara brebet karena pembakaran yang tersendat-sendat.

Cara mengatasi motor brebet

Solusi untuk mengatasi motor brebet

Busi Kotor atau Rusak

Apabila busi anda tidak layak pakai. bukan hanya itu, juga bisa dikarenakan busi berkerak. Hal ini juga yang mengakibatkan motor ngeberebet atau mendadak kerap mati.

— advertisement —

Kemudian adanya kerak dan kotoran pada busi bia membuat percikan yang dihasilkan jadi kecil sehingga menimbulkan brebet. Untuk mengetahui besar kecilnya percikan api bisa mengeceknya dengan cara melepas busi dari mesin, kemudian tempelkan ulir busi ke blok silinder dalam keadaan busi tertancap pada kabel busi. Kemudian posisikan kunci kontak di posisi ON dan nyalakan mesin, nanti akan keluar percikan dari elektroda busi.

Jika percikan api kecil anda bisa mencoba membersihkan elektroda dari kerak dan kotoran. Jika hal tersebut sudah dilakukan namun percikan masih kecil, maka busi harus diganti dengan yang baru.

Kotoran pada saluran bahan bakar

— advertisement —

Karena motor brebet ini berkaitan dengan pemrosesan bahan bakar yang tersendat, kemungkinan terjadinya masalah ini ada pada saluran bahan bakar. Mulai dari tangki bensin sampai dengan injektor.

Coba cek apakah tangki motor anda ada kotoran yang mengendap, kotoran ini bisa ada dikarenakan penggunaan bahan bakar yang kurang bagus, bisa saja anda gunakan pertama tetapi jika anda beli dari pengecer, bisa saja bahan bakar tercampur dengan kotoran yang ada pada wadah yang digunakan pengecer.

Kotoran ini akan menyumbat saluran bahan bakar, seperti membuat fuel pump tersendat-sendat (motor injeksi). Atau membuat sumbatan pada komponen yang ada pada karburator.

Air tercampur dengan bahan bakar

— advertisement —

Selain bahan bakar yang kotor, biang keladi lainnya bisa juga adanya air yang tercampur pada bahan bakar. Karena air yang bukan merupakan bahan untuk pembakaran dalam mesin, bisa menimbulkan proses pembakaran yang tidak stabil. Karena air di dalam mesin tidak bisa terbakar oleh percikan api busi.

Filter Udara Kotor

Bahan lain yang dibutuhkan untuk terjadinya pembakaran dalam mesin adalah adanya udara yang mengalir ke dalam ruang bakar. Udara yang tersendat dikarenakan filter udara yang mampet karena kotoran bisa membuat sebuah hambatan terjadi.

Ketika RPM tinggi piston secara terpakasa akan meneydot aliran bensin karena sebuah kevakuman. Kejadian ini bisa membuat motor anda tersendat-sendat. Untuk mengatasi masalah ini cukup dengan membersihkan filter udara secara rutin.

Inejektor Kotor

Injektor yang kotor bisa membuat penyaluran bahan bakar ke ruang bakar tersenda-sendat. Kotornya BBM biasnya dikarenan bahan bakar yang kita gunakan kurang bermutu, makanya bisa menyumbat injektor, karena kotoran yang menumpuk pada penyemprot BBM.

Kemudian dapat pula dikerjakan dengan melakukan pembersihan pada bagian injektor namun hal ini dikerjakan andaikan jarak tempuh atau KM motor Anda telah kira-kira lebih dari 1. 000.

Langkah lainnya yaitu dapat juga kita atasi dengan isi BBM yang mempunyai kandungan oktan tinggi. Seperti Di isi Pertamax berkali-kali hingga ruang bakarnya bersih sendiri dapat juga kemudian mencampur atau dikombinasikan pertamax dengan premium agar mencapai oktan yang lebih baik. Terkahir anda juga bisa mencampur bahan bakar dengan carbon cleaner.

Kotoran pada karburator

Main jet yang tersumbat kotoran bisa menghambat penyaluran bensin ke ruang bakar, main jet ini merupakan ujung dari karburator sebagai tempat keluarnya bahan bakar pada saluran intake.

— advertisement —

Untuk mengatasi kotoran yang menumpuk di karburator, cukup dengan membersihkan komponen yang ada pada karburator menggunakan bensin. Anda bisa melakukannya sendiri atau praktisnya menggunakan tenaga ahli di bengkel. Baca juga cara mengetahui kiprok yang rusak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *