free web page hit counter 4 Cara Membuat Rantai Motor Lebih Awet - RiderGalau.com
Kolom Pencarian Menu Utama

Rantai pada sepeda motor termasuk komponen yang sangat berpengaruh pada kualitas putaran roda belakang. Jika terdapat kerusakan, efeknya pasti sangat terasa sekali.

Cara-Membuat-Rantai-Motor-Lebih-Awet

Maka dari itu penting sekali untuk agan rutin memeriksa dan merawat rantai dengan baik dan benar. Tidak sedikit pemilik motor yang salah kaprah ketika melakukan perawatan, malah menimbulkan kerusakan yang tidak inginkan.

Kesalahan yang pertama dan paling sering dilakukan adalah melumasi rantai motor dengan oli bekas. Pada oli bekas terdapat serpihan kecil hasil dari gesekan antar komponen di dalam mesin.

Serpihan dari oli bekas ini dapat memeperpendek usia pakai rantai motor, karena lebih cepat aus.

Kemudian yang kedua, jika tidak ada oli khusus rantai, agan dapat menggunakan oli baru dengan syarat punya tingkat standar kekentalan SAE 80-90.

Dalam hal perawatan, agan bisa membersihkan rantai motor secara teratur menggunakan detergen, sebelum melumasinya dengan oli rantai yang baru. Jangan dibiasakan langsung melumasi rantai dengan oli baru tanpa membersihkannya terlebih dahulu.

Terakhir, cek rutin kekencangan rantai motor. Lakukan penyetelan yang sesuai, jangan terlalu kendor ataupun terlalu kencang.

READ  8 Ciri Rantai Motor Yang Harus Diganti atau Rusak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *