Kolom Pencarian Menu Utama

Semua tangki Bensin motor pasti punya batas usia tertentu untuk mempunyai karat. Walaupun begitu, terdapat berbagai alasan kenapa tangki motor bensin berkarat lebih cepat dari normalnya. Terjadinya korosi ini ternyata bisa menyebabkan motor kesayangan agan susah hidup. Pastinya sangat tidak menyenangkan sekali kalau motor untuk kebutuhan transportasi sehari-hari susah banget hidupnya.

Tangki Bensin Motor Berkarat

Mesin motor susah hidup ini bisa jadi dikarenakan tangki bensin yang kotor penuh karat dan kerak besi, sehingga menyumbat saluran-saluran aliran bensin ke ruang bakar. Lama kelamaan karat ini akan menumpuk pada saringan bensin dan parahnya masuk ke sistem pembakaran, apabila kita abaikan begitu saja.

Penyebab Tangki Bensin Motor Berkarat

Alasan pertama ialah kurangnya pengisian bahan bakar atau keseringan ngisi bensin dalam jumlah yang sedikit. Misalkan saja motor agan punya kapasitas bensin sebanyak 13 liter, tetapi lebih sering mengisi BBM sekitar 1 literan saja. Hal ini bisa menyebabkan bagian atas tangki menjadi kering, keadaan kering seperti inilah yang bisa mempercepat karat ini muncul.

— advertisement —

Alasan kedua adalah adanya air yang masuk ke tangki melalui celah-celah kecil pada tutup tangki, atau bisa saja mengalir melalui kunci motor ketika membuka penutup tangki. Ketika mencuci motor ada baiknya tidak menggunakan aliran air yang keras pada bagian tangki, terutama dekat lubang pengisian.

Cara Menghilangkan Karat pada Tangki Bensin

– Menggunakan Cuka

  1. Lepaskan tangki dari motor, kemudian lakukan pengurasan sampai tidak ada bensin yang tersisa didalamnya.
  2. Setelah itu isi penuh tangki dengan air cuka.
  3. Diamkan selama seharian saja.
  4. Setelah itu buang ari cuka dan bersihkan dengan bensin sambil mengocok-ngocoknya.
  5. Bersihkan kembali dengan kain Lap
  6. Tunggu sampai kering baru lakukan pemasangan pada motor dan isi kembali dengan BBM

– Menggunakan Cairan HCL

  • Sama seperti cuka, agan juga bisa menggunakan cairan HCL untuk merontokan Karat didalam tangki bensin.
  • Cukup masukkan kedalamnya dan tunggu kurang lebih 5 jam
  • Kemudian lihat hasilnya.
  • Buang kotoran karat dan bersihkan dengan Bensin.
  • Bersihkan kembali dengan kain Lap
  • Tunggu sampai kering baru pasang lagi.

– Menggunakan Hamplas

Jika ada karat yang membandel, salah satu cara yang ampuh adalah mengunakan hamplas ini. Cara ini lebih efektif jika tangki bensin sudah dibsersihkan terlebih dahulu menggunakan Cuka atau HCL. Lakukan penghamplasan, bersihkan kembali dengan bensin dan lap dengan kain, kemudian keringkan kembali.

Cara mencegah karat kembali lebih cepat

Agar lebih maksimal, agan bisa melakukan pencegahan kembalinya karat lebih cepat menggunakan cairan yang bernama Epodur. Cairan ini punya sifat anti karat yang aman diaplikasikan pada tangki dan dapat mencegah terjadinya korosi.

— advertisement —

Cukup masukan ke dalam tangki bensin. Kemudian, kocok tangki bensin agar cairan melapisi semua bagian yang ada didalam tangki secara merata.

Buang cairan yang sudah dipakai, jangan sampai ada cairan Epodur yang mendap. Cairan ini nantinya mengering sendirinya, tingal kita tunggu sampai kering dan pasang kembali pada motor.