Kolom Pencarian Menu Utama

Di zaman sekarang ini penggunaan rem tromol untuk roda depan motor sepertinya sudah tidak digunakan lagi. Sistem rem yang digunakan beralih ke jenis rem cakram yang dianggap lebih pakem dan punya tampilan yang lebih bagus.

Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Cakram Motor Macet atau Seret

Tetapi lambat laun komponen pada sistem pengereman jenis cakram ini juga akan mengalami kerusakan. Salah satunya adalah rem cakram macet, ringannya biasanya jadi seret. 

Rem yang seret bisa menambah beban mesin, karena putaran roda terhambat. Kaliper rem beserta cakram remnya bisa jadi panas karena terlalu sering bergesekan. Jadi kampas rem selalu menempel ke cakram rem. Paling fatalnya rem cakram bisa macet mengunci cakram secara penuh, dan itu sangat membahayakan sekali.

— advertisement —

Maka dari itu kita perlu mengetahui penyebab terjadinya rem cakram motor seret bahkan sampai macet. Perlu dilakukan berbagai pencegahan secara berkala agar sistem rem cakram tetap dalam keadaan yang prima. Demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Penyebab Rem Macet atau Seret

Piston rem kotor
Komponen ini sangat rawan timbul karat apabila jarang kita bersihkan. Piston rem bergerak menekan kampas rem ketika handle rem ditekan, dan kembali lagi ketika handle rem dilepaskan.

Pergerakan ini bisa terhambat apabila ada kotoran yang menumpuk.  sehingga master rem sulit bergerak dan kembali ke posisi semula. Hal lain yang bisa timbul karena kotoran yang menumpuk adalah timbulnya korosi atau karat. 

— advertisement —

Bukan hanya piton tidak kembali ke posisi semula, sebalik kemampuan pengereman piston juga bisa terhambat apabila ada kotoran atau karat. Karena piston rem tidak terdorong ketika handle rem ditekan.

Kampas rem tidak sesuai spesifikasi bawaan motor
Kampas rem ini terdiri dari beberapa jenis, ada yang bertekstur keras dan ada pula yang lebih lunak. Umumnya sepeda motor mengunakan kampas rem yang lebih keras, tujuannya bukan hanya agar awet saja tetapi juga lebih minim debu.

Cara Mengatasi Rem Macet atau Seret

Bongkar part kaliper rem
Untuk mengatasi permasalahan ini agan harus membongkar semua part yang ada pada kaliper rem. Mulai dari melepas kaliper dari pegangannya, kampas remnya, link kaliper, sampai dengan mengeluarkan piston rem didalamnya.

Bersihkan dengan campuran air sabun cuci piring
Bersihkan semua komponen dengan campuran air dan sabun cuci untuk membersihkan kotoran. Agan juga bisa menghampelas bagian silinder rem dan piston rem apabila timbul karat.

— advertisement —

Hamplas bagian yang berkarat
Pastikan menggunakan hamplas halus agar tidak ada baret pada permukaannya. Pasang kembali semua part rem cakram dan lumasi piston dan link kaliper menggunakan grease atau gemuk.