Tips, Tips Motor by Admin

Rem Tromol VS Rem Cakram, Kelebihan dan kekurangannya

–advertisement–

Zaman sekarang penggunaan rem cakram atau disc brake lebih banyak dipasangkan di motor-motor baru, hal ini mengakibatkan pemakaian rem tromol mulai ditinggalkan. Kedua jenis rem ini masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, dan akan kita bahas dalamartikel ini.cakram vs tromol

Menurut apa yang saya lihat sih untuk sekarang ini kebanyakan orang melihat 2 jenis rem ini hanya dari segi tampilan saja. Yah padahal keduanya mempunyai keunggulan masing-masing yang bisa kita pertimbangkan.

Rem Tromol

– Keunggulan rem tromol
Rem tromol digunakan untuk kendaraan yang memerlukan kerja ekstra dalam pengereman contoh : kendaraan operasional seperti bis, truk, minibus, dsb. Rem. Jadi rem tromol dapat digunakan pada beban angkut yang berat (heavy duty) dengan bekerja secara maksimal.

Bisa dibuktikan sendiri, kendaraan-kendaraan berat masih menggunakan rem tromol, selain itu juga rem tromol tidak gampang kemasukan debu dan kotoran karena tertutup berbeda dengan rem cakram.

–advertisement–

Kelebihan dari rem tromol jika dibandingkan dengan rem cakram adalah karena sifatnya yang tertutup sehingga tidak mudah disusupi kotoran ataupun debu. Dan juga kinerja pengeraman pada rem tromol lebih lembut dan penampang pengereman dapat dibuat lebih lebar untuk memaksimalkan pengereman.

Penggunaan rem cakram di motor-motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar baru disebabkan semakin tinggi kecepatan sepeda motor maka seharusnya sepeda motor tersebut sudah menggunakan sistem rem cakram. Sedangkan motor berkapasitas kecil, penggunaan rem tromol masih bisa dilakukan.

– Kekurangan rem tromol
Kekurangan dari rem tromol adalah Karena tidak seluruhnya kampas rem menempel ke tromol roda yang mengakibatkan daya pengereman pada rem tromol cuma 70% saja. Dan kekurangan lainnya adalah rem gampang terkena panas karena perangkat rem model tertutup dan jeleknya lagi apabila menerjang banjir rem tidak akan pakem lagi karena perangakat rem di penuhi air.

 

Rem Cakram

– Kelebihan rem cakram
Kelebihan dari rem cakram (disk brake) adalah daya pengereman dapat mencapai 100%, karena seluruh pad bergesekan langsung dengan cakram sehingga pengereman dapat maksimal. Keunggulan yang kedua adalah pendinginan rem lebih baik karena menganut sistem pengereman terbuka dan untuk memperbaiki pendinginan kadang kala cakram di buat berongga atau berlubang.

– Kekurangan rem cakram
Kekurangan dari rem cakram adalah Karena menganut sistem terbuka seringkali kaliper di tumpuki kotoran yang lama kelamaan akan mengeras dan dapat membuat tergoresnya cakram.

–advertisement–

pencarian :
kelebihan dan kekurangan rem tromol, kelebihan rem tromol, rem cakram vs tromol, tromol vs cakram, Rem tromol, keuntungan rem tromol, kekurangan rem tromol, rem tromol vs cakram, cakram vs tromol, kelebihan dan kekurangan rem tromol dan rem cakram pada mobil
Related with “

Rem Tromol VS Rem Cakram, Kelebihan dan kekurangannya

4 Tips dan cara menjaga kondisi velg motor tetap baik

Velg motor juga merupakan bagian yang harus kita rawat dengan baik, tentu saja tanpa pelk, motor kita tidak akan bisa…

Cara Menggunakan Paddock Stand dan Cara Melepaskannya Sendiri

Bagi pengguna motor 250cc seperti yamaha R25, Ninja 250 fi atau motor tanpa standar tengah seperti yamaha R15  biasanya mengalami…

Apa Itu Throttle By Wire ? Cara kerja, Kelebihan dan kekurangannya ?

Bisa agan bayangkan bagaimana jika kita melakukan permainan tarik tambang tanpa menggunakan tali sebagai medianya :D. Hal ini juga terjadi…

Mengenal Cakram Rem jenis floating, Apa bedanya dengan cakram biasa?

Ada banyak cara memaksimalkan pengereman, salah satunya dengan menggunakan cakram/disc jenis floating yang tentu saja berbeda dengan jenis cakram konvensional. Piringan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *