Kolom Pencarian Menu Utama

Zaman sekarang penggunaan rem cakram atau disc brake lebih banyak dipasangkan di motor-motor baru, hal ini mengakibatkan pemakaian rem tromol sudah mulai ditinggalkan. Kedua jenis rem ini sebenarnya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan akan kita bahas secara singkat dalam artikel ini.

cakram vs tromol

Sistem rem merupakan bagian dari motor atau mobil yang sangat penting untuk keselamatan berkendara. Di era ini teknologi pengereman terus berkembang, dari rem jenis tromol sampai rem cakram dan fitur rem abs.

Menurut apa yang saya lihat sih untuk sekarang ini kebanyakan orang melihat 2 jenis rem ini hanya dari segi tampilan saja. Yah padahal keduanya mempunyai keunggulan masing-masing yang bisa kita pertimbangkan, sesuai dengan medan yang sering kita lalui.

— advertisement —

Rem Tromol

– Keunggulan rem tromol
Rem tromol digunakan untuk kendaraan yang memerlukan kerja ekstra dalam pengereman contoh : kendaraan operasional seperti bis, truk, minibus, dsb. Rem. Jadi rem tromol dapat digunakan pada beban angkut yang berat (heavy duty) dengan bekerja secara maksimal.

Bisa dibuktikan sendiri, kendaraan-kendaraan berat masih menggunakan rem tromol, selain itu juga rem tromol tidak gampang kemasukan debu dan kotoran karena tertutup berbeda dengan rem cakram.

Kelebihan dari rem tromol jika dibandingkan dengan rem cakram adalah karena sifatnya yang tertutup sehingga tidak mudah disusupi kotoran ataupun debu. Dan juga kinerja pengeraman pada rem tromol lebih lembut dan penampang pengereman dapat dibuat lebih lebar untuk memaksimalkan pengereman.

— advertisement —

Penggunaan rem cakram di motor-motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar baru disebabkan semakin tinggi kecepatan sepeda motor maka seharusnya sepeda motor tersebut sudah menggunakan sistem rem cakram. Sedangkan motor berkapasitas kecil, penggunaan rem tromol masih bisa dilakukan.

– Kekurangan rem tromol
Kekurangan dari rem tromol adalah Karena tidak seluruhnya kampas rem menempel ke tromol roda yang mengakibatkan daya pengereman pada rem tromol cuma 70% saja. Dan kekurangan lainnya adalah rem gampang terkena panas karena perangkat rem model tertutup dan jeleknya lagi apabila menerjang banjir rem tidak akan pakem lagi karena perangakat rem di penuhi air.

Rem Cakram

– Kelebihan rem cakram
Kelebihan dari rem cakram (disk brake) adalah daya pengereman dapat mencapai 100%, karena seluruh pad bergesekan langsung dengan cakram sehingga pengereman dapat maksimal. Keunggulan yang kedua adalah pendinginan rem lebih baik karena menganut sistem pengereman terbuka dan untuk memperbaiki pendinginan kadang kala cakram di buat berongga atau berlubang.

– Kekurangan rem cakram
Kekurangan dari rem cakram adalah Karena menganut sistem terbuka seringkali kaliper di tumpuki kotoran yang lama kelamaan akan mengeras dan dapat membuat tergoresnya cakram.

— advertisement —

2 Komentar

  • Slow_down berkata:

    rem cakram itu sangat pakem. tapi jika diaplikasikan pada rem belakang, dan pemakaian dijalan menurun panjang.
    minyak panas bisa membuat melar master rem.
    dan itu mengerikan.

    bagaimana jika dipadukan dengan panas mesin motor matic yg menjalar ke discbrake!

    berbeda dengan rem cakram depan. itu sangat perlu, karna mekanismenya tidak menggunakan kabel tarik, dan terhembus angin dari depan.

  • Hariyono berkata:

    Yang bagus ,variasi depan cakram belakang tromol kayak honda verza

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *