Manfaat Fitur Idling Stop System (ISS) atau Start Stop System (SSS), Kelemahannya ?

Saat ini ada banyak model motor yang ada di Indonesia dilengkapi dengan fitur ISS (Idling Stop System) kepunyaan Honda atau fitur serupa kepunyaan yamaha yaitu Start Stop System (SSS). Kalau dari Honda contohnya diterapkan pada Honda Beat, dan yamaha contohnya pada Mio M3.

Fitur ini di klaim dapat mengefektifkan penggunaan bahan bakar, dengan memotong/menghentikan penggunaan BBM dalam keadaan yang tidak diperlukan. Contohnya jka kita dalam keadaan berhenti seperti saat di lampu merah, secara tidak langsung ketika kita menunggu lampu menjadi hijau tersebut mesin akan tetap menyala.

Cara kerja dan keadaan seperti apa fitur ini bekerja ?

Cara Kerja Idling Stop system (ISS)

Cara Kerja Idling Stop system (ISS) Honda

Walaupun berbeda penyebutan nama dari Honda ataupun Yamaha, kedua fitur ini punya cara kerja yang sama, sebagai strategi pemasaran, biasanya ada perbedaan pada seberapa lama waktu berhenti yang akan digunakan oleh fitur ini, ringkasannya seperti ini :

1.Cara Kerja Idling Stop System (ISS)

  • Tekan tombol Idling Stop pada posisi “Idling Stop”
  • Putaran mesin standar 1700 rpm +/- 100
  • Temperatur mesin melebihi 60 derajat celcius
  • Motor telah mencapai kecepatan melebihi 10 kilometer/jam
  • Handle gas (throttle) dalam posisi tertutup penuh
  • Motor dalam kondisi berhenti setidaknya 3 detik( punya yamaha diberitakan selama 5 detik), maka lampu indikator akan otomatis berkedip, dan mesin akan mati secara otomatis

2. Cara kerja Start Stop System (SSS)

  • Tombol SSS pada posisi ON
  • Kecepatan motor sudah pernah lebih dari 10 km/jam
  • Suhu mesin minimal 50 derajat Celcius.
  • Lalu untuk mengaktifkan SSS dilihat dari indikator SSS yang sudah menyala, SSS akan aktif saat pengendara berhenti 5 detik, yang sesuai dengan kondisi di Indonesia, handle gas (throttle) tertutup penuh.
  • Mesin pun akan mati secara otomatis.
  • Saat mesin mati, indikator SSS berkedip. Sedangkan Quick Start akan bekerja ketika buka gas motor lagi.

Sebenarnya sama-sama saja yah kan om ? 😀

Benarkah fitur ini bisa buat aki tekor ?

Karena fitur ini cara kerjanya adalah mematikan dan menghidupkan secara otomatis (dengan syarat-syarat keadaan seperti diatas), timbul kekhawatiran mengenai imbasnya pada aki motor. Apakah benar usia aki bisa berkurang karena fitur ini ?

Seringnya start and stop pada mesin motor akan mempengaruhi juga arus listrik yang keluar, yang berarti akan semakin banyak juga waktu pengisian (arus listrik), kalau aki nya kurang kuat maka dikhawatirkan bakalan kurang tahan lama.

Namun agan tak perlu khawatir, biasanya pabrikan motor juga sudah memperhitungkan kebutuhan/kekuatan arus listrik Aki yang dibutuhkan, agar fitur ISS Honda ataupun SSS Yamaha berfungsi dengan baik, serta aki tetap tahan lama. Semua bakalan baik-baik saja gan :D,  selama penggunaan skuter matic nya masih sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Seperti itu pembahasan yang bisa saya sampaikan,semoga dapat bermanfaat.

pencarian :
idling stop, fungsi idling stop, fungsi idling, kelemahan idling stop system, kegunaan idling stop, manfaat idling stop, apa fungsi idling stop, idling, fungsi tombol edling di s, fungsi idling pada motor