Kolom Pencarian Menu Utama

Jika daerah yang sering anda lewati basah karena sedang musim hujan, pastinya tidak akan membuat anda tidak membawa motor untuk beraktifitas setiap hari. Hanya saja ada yg perlu agan perhitungkan dalam pemilihan ban yang tepat untuk digunakan ketika musim hujan.

balapan saat hujan

Bahaya sekali jika kita lagi enak-enaknya bermanuver di jalanan basah, eh tau taunya ndolosorrr, rugi kan tadinya pengen selamat sampai tujuan malah kena sial. Makanya kita perlu memi;ih ban motor untuk khusus hujan.

Jika kita asal menggunakan ban, bisa saja tergelincir karena daya cengkram ban kurang efektif. Ada banyak jenis ban, ada ban kering, ban basah, dan ban basah dan kering. Lalu bagaimana cara memilih ban yang baik saat musim hujan?

— advertisement —

Jangan gunakan ban dengan tapak kecil
Banyak yang menggunakan ban dengan tapak kecil karena dianggap lebih irit konsumsi bahan bakar. Karena tapak ban yang lebar dianggap lebih memberatkan mesin, karena lebih banyak permukaan ban yang bergesekan dengan permukaan aspal.

Walaupun ban tapak kecil lebih lincah, namun mempunyai kerentanan tergelincir, apalagi jika permukaan jalan dalam keadaan basah. Oleh karena itu gunakanlah ban dengan ukuran tapak sedang, karena selain tidak boros, daya cengkramnya juga lebih baik ketimbang ban tapak kecil.

Tekanan angin ban yang tepat
Hal ini juga berpengaruh gan, jika tekanan angin pada ban terlalu banyak maka titik tumpunya akan semakin kecil, jadi daya cengkramnya kurang. Kalaupun terlalu kurang tekanan daya cengkramnya lebih baik, agan juga mesti memperhitungkan ban agan bakalan cepat haus karena tapak ban terlalu banyak menekan jalanan, jadi sesuaikan tekanan angin pada ban dengan baik,

— advertisement —

Pilih tipe ban basah
Saat anda ke toko ban ada baiknya tanya-tanya dulu kepada montirnya untuk memilihkan ban dengan tipe basah, jika dilihat negara kita yang tropis pastinya akan sering hujan. Ban tipe basah bisa juga dipakai dalam keadaan jalanan yang kering karena masih memiliki tingkat grip yang tinggi di lintasan kering. Ban ini cocok untuk motor harian yang digunakan di segala lintasan.

Sebaliknya, ban jenis kering memiliki daya cengkeram yang kurang di saat melibas genangan air di waktu hujan. Akibatnya, motor rawan terpeleset atau tergelincir. Terlebih bila pengendara melakukan pengereman dengan tiba-tiba.

Memang, ban jenis ban basah juga memiliki kekurangan yaitu kurang mencengkeram di lintasan kering. Namun, bila dibanding ban kering keunggulan ban basah masih lebih tinggi.

Motif Ban Searah
Pilihlah motif pada ban yang baik untuk melintasi berbagai karakter jalanan, baik basah maupun kering. Motif ukiran yang searah sangat disarankan bagi agan yang suka menggunakan motor untuk kegiatan sehari-hari.

— advertisement —

Motif ukiran ban memang bermcam-macam. Namun, umumnya pabrikan mengukir ban produk mereka searah yaitu miring atau menyamping dengan sudut 45 derajat dari depan ke belakang.

Hal itu dimaksudkan agar ban mampu menyingkirkan air ke samping dan permukaan ban tetap mampu mencengkeram permukaan jalan. Dengan demikian, motor tetap stabil dan pengendara tidak kehilangan kendali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *