Kolom Pencarian Menu Utama

Agan semua pasti mempunyai kendaraan bermotor untuk menunjang pekerjjaan sehari-hari. Kebiasaan yang sering dilakukan adalah seringkali mengabaikan beberapa hal penting berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan berkendara, hanya tahu pakai saja.

kapan harus ganti ban

Agar kendaraan bermotor dapat mengantar anda dengan aman dans selamat juga terhindar dari kecelakaan dan kejadian yang tidak diinginkan dalam kegiatan sehari-hari, maka agan semua harus mulai memperhatikan faktor keselamatan. Hal ini terutama berkaitan dengan komponen dari kendaraan yang agan  gunakan setiap hari. 

Alasan Harus Merawat Ban Dengan Baik

— advertisement —

Salah satu komponen yang vital namun sering diabaikan adalah ban. Ban harus tetap diperhatikan agar tetap dapat menunjukkan performa prima dan menghindarkan agan dari hal-hal yang tidak diinginkan selama berkendara. Ban adalah bagian dari kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan. Gesekan dar jalan dan bergeraknya ban saat kendaraan bergerak dapat membuat ban lebih cepat rusak. 

Kondisi ban yang sudah aus akan sangat membahayakan bagi pengendara. Tidak hanya keausan ban, hal buruk lain juga bisa terjadi pada ban dan dapat mengancam keselamatan pengendara. Maka dari itu agan semua harus mengetahui kapan harus ganti ban. Agan tidak boleh malas mengecek kondisi dan mengganti ban jika waktunya telah tiba. Ini semua demi keamanan dan kenyamanan pengalaman berkendara agan semua. 

Kalo agan perhatikan, di samping ban akan ada tanda segitiga atau Tread Wear Indicators, agan bisa menggunakan tanda ii untuk mengetahui kapan harus ganti ban. Jika permukaan ban agan telah menyentuh ujung dari tanda segitiga tersebut, maka agan harus segera mengganti ban dengan yang baru. Agan juga bisa menggunakan cara lain untuk mengukur. Gunakan koin untuk mengukur kembangan atau pattern. Jika kembanagan sudah tidak dalam lagi maka ban sudah aus dan harus segera diganti.

— advertisement —

Secara umum usia ban motor yang digunakan sehari-hari adalah sekitar satu setengah tahun untuk ban depan dan sepuluh bulan untuk ban belakang. Selain itu ban dalam juga penting untuk diperhatikan. Ban dalam yang sudah bocor hingga tiga kali sudah harus diganti. Umur ban dalam yang tidak pernah bocor adalah sekitar 1 tahun.

Kapan harus ganti ban?

Jika agan masih bingung kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban agan, berikut adalah beberapa indikator yang bisa agan gunakan untuk patokan kapan harus ganti ban.

1. Ban kempes dengan sendirinya

Cek ban kendaraan agan, apakah agan menemukan sobek atau retak di sisi-sisi ban? Jika agan menemukan ciri tersebut bisa jadi itu adalah penyebab ban akan kempes dengan sendirinya. Retak dan sobek pada sisi ban tidaklah bisa ditambal. Maka ketika ini terjadi agan harus segera mengganti ban kendaraan agan.

2. Terdapat benjolan pada ban

Kondisi jalan yang mengakibatkan benturan keras pada ban serta ban yang kurang angin dapat mengakibatkan kerusakan pada struktur ban. Kerusakan struktur dapat berupa benjolan pada ban kendaraan agan. Jika agan menemukan benjolan pada ban, segera ganti ban agan karena ban bisa meletus kapan saja.

— advertisement —

3. Getaran berlebihan pada stang

Agan pasti mengenali kendaraan agan dengan baik, termasuk merasakan keganjilan pada kendaraan. Jika agan merasa ada  vibrasi yang berlebih pada stang kendaraan agan bisa jadi penyebabnya adalah shockbreaker yang tidak berfungsi dengan semestinya atau juga bisa karena ban yang tak seimbang. 

4. Kembangan atau pattern yang aus

Indikator terakhir dan mungkin paling jelas kapan harus ganti ban adalah kembangan pada ban. Agan bisa mengecek TWI dari ban agan. TWI berbentuk segitiga yang menandakan seberapa halus kembangan ban agan. Ketika keausan banagan sudah mencapai batas, maka agan harus segera mengganti ban sebelum dan menjadi botak dan membahayakan agan.

Agan tidak boleh malas dalam mengecek keadaan ban setiap saat untuk mengetahui kapan harus ganti ban. Tidak perlu menunggu adanya kecelakaan bukan? Yang terbaik adalah mencegah dan terus berhati-hati agar terhindar dari hal buruk selama berkendara. Jangan sampai agan menyesal hanya karena malas mengecek kondisi ban agan. Kendaraan juga perlu untuk dicek dan dirawat dari waktu ke waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *