Tips, Tips Motor by Admin

Tips Mengganti Air Radiator Motor yang Baik dan Aman

–advertisement–

Radiator merupakan salah satu komponen yang harus kita rawat dengan baik. Keberadaannya ini berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin agar tetap pada kondisi yang baik agar tidak terjadi masalah seperti over heating.

Radiator motor Matic

Agan bisa melakukan pengecekan dengan cara rutin melihat kondisi tabung reservoir radiator, jadi tak usah bongkar-bongkar dulu radiator.

Cukup lihat apakah air radiator cadangan yang ada pada reservoir sudah dibawah ukuran lower atau tidak. Jika airnya kurang, maka yang perlu agan lakukan adalah mengisi kembali reservoir, disarankan sih untuk menguras air radiator melalui radiatornya langsung.

–advertisement–

Kalau agan merasa motor agan kipas radiatornya sering menyala, itu juga pertanda pendinginan kurang maksimal, atau mungkin ada komponen radiator lainnya yang rusak seperti Pompa Air Radiator.

Kapan harus mengganti air radiator motor ?
Untuk melakukan penggantian maksimal itu tiap 9000-10000 km sekali, usahakan jangan lebih dari itu. Jika tidak, motor agan berkemungkinan overheat atau panas berlebih yang bisa merusak komponen dalam mesin.

Pendinginan yang kurang maksimal juga bisa mengakibatkan penurunan kinerja mesin.

Cara mengganti air radiator motor
Disini saya tidak akan menjelaskan tahapannya secara detail. Untuk mengganti air radiator disarankan dimulai dari menguras air yang ada pada radiator terlebih dahulu, baru lanjutkan mengisi air radiator cadangan yang ada pada reservoir radiator.

–advertisement–

Soal bongkar-membongkar agan pasti bisa melakukannya secara langsung, asalkan ada kunci-kuncinya :D.

Bolehkah mengganti air radiator dengan merk yang berbeda ?
Karena situasi masing-masing orang itu berbeda, misalkan motornya Yamaha tapi di toko terdekat kebetulan produk air radiator yang tersedia merupakan produk kepunyaan Honda, Bolehkah kita menggunakan air coolant yang berbeda merk?

Hal tersebut sah-sah saja, asalkan cairan tersebut mempunyai sepesifikasi yang memang diperuntukan mendinginkan mesin.

 

Related with “

Tips Mengganti Air Radiator Motor yang Baik dan Aman

Asuransi Kecelakaan Jasa Raharja dari STNK Kendaraan

Tiap kali kita bayar pajak STNK kendaraan, secara otomatis kita juga membayar asuransi kecelakaan yang diambil dari total pembayaran pajak…

Tips Cara Memilih Ukuran Ban Yang Cocok Sesuai Dengan Lebar Velg

Buat yang suka oprak oprek ukuran ban dan velg perlu mengetahui ukuran-ukuran ban yang tepat sesuai dengan lebar velg. Enak…

Cara membedakan knalpot R9 palsu atau asli

Nama dari knalpot merk ini memang sudah familiar di telinga kebanyakan biker, knalpot R9 sudah mempunyai nama besar sebagai penyedia…

5 Kelebihan Ban Yang Diisi Angin Nitrogen

Penggunaan nitorgen kini sudah marak, dan tidak selangka dahulu. Penggunaan nitrogen pada ban biasanya di implementasikan pada ban peswat, mobil/motor…